invisible bg invisible ico

6 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Menggunakan Obat-Obatan

6 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Menggunakan Obat-ObatanBagi penderita penyakit asam urat, mengetahui tentang cara menyembuhkan asam urat pasti sangat membantu. Pasalnya penyakit yang satu ini sangat menyiksa karena memunculkan rasa nyeri pada bagian jempol kaki. Selain itu, asam urat biasanya disertai dengan gejala pembengkakan pada bagian kaki.

Adapun penyebab penyakit asam urat adalah karena terjadi pengkristalan natrium pada bagian urat dalam ataupun bagian luar persendian. Sekedar informasi, penyakit ini hanya merupakan satu dari sekian jenis penyakit yang paling sering menyerang persendian manusia. Lantas bagaimana cara menyembuhkan penyakit asam urat? Bagi Anda yang penasaran, sebaiknya simak ulasan berikut hingga akhir.

Penyebab dan Faktor Munculnya Penyakit Asam Urat

Pada umumnya, gejala pertama yang timbul akibat asam urat akan dirasakan oleh penderita selama 3 hingga 10 hari. Puncak rasa sakit tersebut akan kembali lagi pada hari ke 6 hingga 24 pasca kambuhnya asam urat. Setelah itu, rasa tersebut akan hilang. Bahkan penderita tak merasakan sakit apapun di bagian persendian mereka. Meski demikian, Anda harus tetap waspada mengingat penyakit asam urat dapat kambuh kapan saja tanpa adanya gejala yang pasti.

Mengenai penyebabnya, asam urat disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Seperti yang telah dijelaskan di atas, asam urat masuk dalam kategori limbah bekas pemecahan purin dari sel-sel tubuh. Dari prosesnya, asam tersebut akan dibuang oleh ginjal. Namun jika jumlah limbah pemecahan asam terlalu banyak, maka dampaknya adalah pengkristalan asam di bagian sendi. Semakin lama, semakin banyak asam yang menumpuk dan mengalami proses kristalisasi tanpa disadari. Setidaknya terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang terserang asam urat. Di antaranya adalah:

  1. Obesitas atau kelebihan berat badan
  2. Jenis kelamin dan usia. Biasanya lebih sering menyerang lansia dan mereka yang berjenis kelamin pria. Meski demikian, bukan berarti mereka yang masih muda dapat terbebas dari penyakit ini
  3. Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi seperti hati, otak, jantung, ginjal, kaldu, dan sebagainya
  4. Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  5. Memiliki riwayat penyakit diabetes dan hipertensi atau tekanana darah tinggi
  6. Gangguan pada ginjal yang menyebabkan terganggunya proses pembuangan asam urat dari tubuh
  7. Memiliki riwayat keluarga yang terserang asam urat

Melihat dari beberapa faktor di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat serta memiliki riwayat penyakit berbahaya lain, baik itu dari keluarga atau diri mereka sendiri.

Cara Menyembuhkan Asam Urat dengan Bahan Tradisional

Sekedar informasi, mengobati asam urat tak melulu harus dengan obat-obatan dari dokter. Anda pun dapat memanfaatkan obat dari bahan alami untuk mengatasi penyakit ini. Adapun cara menyembuhkan asam urat dengan bahan tradisional yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi Makanan Bersifat Basa

Cara pertama yakni dengan memperbanyak konsumsi makanan bersifat basa seperti buah, biji, sayur, dan lain sebagainya. Hal ini karena makanan bersifat basa memiliki peran yang sangat besar untuk menurunkan asam urat dalam tubuh.

Apabila melihat penjelasan di atas, pada dasarnya asam urat diproses oleh ginjal yang nantinya akan dibuang dari tubuh. Di sinilah makanan bersifat basa berperan penting karena dapat membantu ginjal dalam melarutkan semua kandungan asam urat. Setelah itu, semua limbah asam urat tersebut dikeluarkan dalam bentuk urine.

  • Konsumsi Buah Cerry

Cara menyembuhkan asam urat yang kedua yakni dengan mengonsumsi buah cerry. Seperti yang kita tahu, buah cerry memiliki kandungan senyawa asam yang cukup tinggi. Kandungan asam tersebut dapat mengimbangi dan menetralisir kadar asam urat dalam darah serta urine. Tak hanya itu saja, buah cerry juga memiliki kandungan nutrisi dan kalium yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada bagian persendian penderita asam urat.

Menurut sebuah penelitian di Harvard University, beragam kandungan dalam buah cerry memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan inflamasi berguna mencegah munculnya peradangan sedangkan kandungan antioksidan dapat mencegah dampak buruk dari radikal bebas.

  • Mengonsumsi Buah Lemon

Selain buah cerry, buah lemon juga dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Buah yang satu ini terkenal memiliki rasa yang sangat masam yang berguna untuk mengobati asam urat. Selain itu, kandungan asam yang terdapat di dalam buah lemon dapat merangsang tubuh dalam memproduksi kalsium karbonat yang berguna untuk menetralisir kadar asam urat dalam darah. (baca juga: ini dia tanaman obat asam urat yang ampuh dan berkhasiat)

  • Aneka Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C

Cara menyembuhkan asam urat yang berikutnya yakni dengan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi. Sekedar informasi, vitamin C terbukti sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri pada persendian penderita asam urat yang biasanya muncul secara tiba-tiba.

Adapun contoh buah dengan kandungan vitamin C tinggi yang dapat dimanfaatkan adalah jeruk dan jambu. Oleh karena itu, apabila Anda menderita penyakit asam urat, perbanyak konsumsi jus jambu atau jus jeruk setiap hari. Konsumsi rutin buah dengan kandungan vitamin C tinggi tersebut perlahan akan menyembuhkan penyakit asam urat.

  • Banyak Konsumsi Air Putih

Bagi setiap orang, memenuhi kebutuhan air putih harian untuk tubuh merupakan hal yang tak boleh diabaikan. Hal ini karena tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup agar dapat menjalankan semua sistem tubuh secara maksimal.

Selain itu, ternyata air putih juga dapat membantu proses penyembuhan asam urat. Anda hanya perlu mengonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas perhari secara rutin. Dengan begitu, maka kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh tak akan terlalu pekat. Di samping itu, fungsi ginjal sebagai organ pengolah asam urat dapat berkerja dengan baik.

  • Menggunakan Daun Salam

Cara menyembuhkan asam urat dengan bahan alami dapat dilakukan menggunakan daun salam. Pada umumnya, daun salam digunakan sebagai bahan pelengkap masakan di rumah. Daun yang satu ini juga memiliki rasa serta aroma yang khas. Selain berguna untuk bahan makanan, ternyata daun salam juga bermanfaat menyembuhkan asam urat karena memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan kadar asam urat secara efektif.

Caranya, ambil sekitar 10 lembar daun salam. Setelah itu bersihkan daun dengan air bersih dan rebus menggunakan 400 ml air. Biarkan rebusan air tersebut mendidih hingga tinggal 200 ml air saja. Saring air rebusan daun salam dan minumlah secara teratur sebanyak dua hari sekali. Lakukan cara ini selama 1 bulan dan liat hasilnya.

Itulah sedikit informasi terkait cara menyembuhkan asam urat dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang dapat Anda lakukan. Selain menggunakan cara di atas, Anda juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Hindari gaya hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, konsumsi makanan berlemak, dan sebagainya. Dengan penerapan gaya hidup sehat, tak hanya penyakit asam urat saja yang dapat dicegah, namun berbagai penyakit berbahaya lainnya. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *