invisible bg invisible ico

4 Penyebab Bercak Merah pada Kulit namun Tidak Gatal

4 Penyebab Bercak Merah pada Kulit Tidak GatalTak sedikit orang yang mengalami bercak merah pada kulit tidak gatal. Padahal umumnya, bercak merah yang muncul di kulit akan dibarengi dengan rasa gatal yang teramat sangat. Adapun bercak merah yang muncul tanpa adanya rasa gatal biasanya muncul pada bagian tubuh tertentu saja seperti tangan, wajah, dan kaki. Namun hal ini tak menutup kemungkinan bahwa bercak merah tersebut dapat muncul di bagian tubuh yang lainnya karena penyebabnya pun berbeda-beda.

Untuk menangani bercak merah pada kulit tidak gatal pun beragam mulai dari menggunakan cara tradisional hingga obat-obatan dari dokter. Bagi Anda yang penasaran dengan penyakit ini, berikut adalah beberapa penyebab serta cara mengobati bercak merah pada kulit yang tidak disertai gatal.

1. Flu Singapura

Penyakit penyebab bercak merah yang pertama adalah Flu Singapura. Penyakit yang satu ini ditandai dengan munculnya bintik merah pada area kaki, tangan, dan mulut. Pada beberapa kasus, bintik yang muncul karena Flu Singapura juga terjadi pada bagian lutut dan lipatan paha.

Siklus terjadinya penyakit ini adalah muncul bintik merah yang kemudian diikuti dengan munculnya air pada bintik tersebut. Gejala yang dialami oleh penderita Flu Singapura adalah sakit tenggorokan, demam tinggi, dan rasa panas. Dalam fase parah, Flu Singapura yang muncul di daerah mulut akan menyebabkan luka seperti melepuh di bagian pipi, gusi, dan lidah.

Penyakit yang satu ini biasanya lebih rentan menyerang anak-anak karena daya tahan tubuh mereka yang masih lemah. Saat terserang virus ini, anak akan kesulitan makan karena rasa panas pada bagian mulut, sering muntah, dan batuk.

Adapun penyebab munculnya bercak merah pada kulit tidak gatal adalah serangan virus Enterovirus A. Virus yang satu ini menyerang melalui mulut baik dari benda kotor yang terkontaminasi virus atau cairan air liur yang terlempar di udara ketika seseorang batuk.

Cara menyembuhkannya juga terbilang cukup mudah. Cukup berikan air putih, tidak panas dan tidak dingin, sebanyak 2 – 3 liter perhari. Konsumsi air putih dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan serta bercak merah yang ditimbulkan oleh Flu Singapura. Sedangkan untuk mencegahnya, sebisa mungkin rajin bersihkan tempat-tempat kotor dan selalu cuci tangan sebelum makan. (Baca juga: Macam-Macam Penyakit Kulit, Penyebab, Hingga Penanganannya)

2. Penyakit Campak

Penyakit kedua yang menyebabkan bercak merah pada kulit tidak gatal adalah campak. Seperti halnya penyakit Flu Singapura, campak juga lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Tandanya muncul bintik merah agak keputihan di seluruh tubuh, terutama pada bagian belakang telinga dan perut.

Gejala munculnya campak di antaranya adalah penderita mengalami demam tinggi disertai turunnya nafsu makan, pilek, batuk, dan diare. Tak hanya itu, suhu tubuh akan meningkat drastis. Pada gejala campak ringan, penderita harus banyak minum air putih dan beristirahat.

Lantas bagaimana cara menghilangkan bercak merah pada kulit tidak gatal karena campak? Caranya cukup mudah. Cukup kompres bagian tubuh yang terserang banyak bercak merah. Selain itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin. Selama menderita campak, sebisa mungkin jangan mandi menggunakan air dingin agar campak tidak menyebar ke seluruh tubuh. Cukup bersihkan tubuh dengan lap beserta air hangat setiap hari. (Baca juga: Obat Jamur Kulit Tradisional dari Bahan Alami)

3. ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)

ITP merupakan penyakit yang terjadi karena kelainan autoimun dalam tubuh. Penyakit yang satu ini akan memunculkan bercak merah namun tidak dibarengi dengan rasa gatal. Bahkan sebagian besar penderita ITP tidak merasakan gejala yang signifikan sebelum terserang.

Pada anak-anak, ITP terjadi setelah terinfeksi virus dan dapat pulih sepenuhnya baik tanpa pengobatan atau menggunakan penanganan medis. Sedangkan untuk orang dewasa, ITP akan berlangsung dalam jangka panjang dan dapat disembuhkan dengan penanganan dokter saja.

Faktor utama yang memengaruhi penyakit ITP adalah jumlah trombosit yang terlalu rendah serta usia seseorang yang sudah terlalu tua. Apabila bercak merah pada kulit tidak gatal diikuti dengan pendarahan, maka harus segera dibawa ke dokter karena kondisinya kronis. Sedangkan saat bercak tersebut tidak berdarah, maka akan sembuh dengan sendirinya.

Adapun cara menyembuhkan ITP dapat dilakukan melihat usia serta parah atau tidaknya penyakit ini. Untuk ITP kronis, satu-satunya cara menyembuhkan adalah harus dibawa ke dokter. Penyakit ITP kronis pada anak akan sembuh dalam jangka waktu 6 bulan hingga beberapa tahun. Sedangkan ITP ringan, tidak dibutuhkan penanganan khusus. Hanya saja penderita harus banyak mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit atau sel darah merah dalam tubuh.

4. Penyakit Lupus

Lupus menjadi salah satu penyebab munculnya bercak merah pada kulit tidak gatal. Penyakit yang satu ini terjadi karena inflamasi atau peradangan kronis oleh imun. Dalam hal ini, imun atau sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan, sel, dan organ tubuh penderitanya sendiri. Pada kondisi parah, tak hanya menyerang kulit, lupus juga akan menyebabkan masalah pada ginjal, paru-paru, hingga sumsum tulang belakang.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan tentang penyebab seseorang terserang lupus. Namun diduga lupus lebih sering menyerang wanita dibandingkan dengan pria. Kemungkinan besar lupus adalah karena faktor genetik. Adapun beberapa jenis lupus adalah sebagai berikut:

  • Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Lupus jenis ini terjadi secara menyeluruh pada bagian tubuh. Dinamakan lupus sistemik karena terjadi para semua organ, baik organ dalam ataupun organ luar seperti kulit. Ciri-ciri seseorang terserang SLE adalah munculnya bercak merah pada bagian wajah dan tangan. Ruam merah tersebut tidak gatal namun menyebabkan rasa nyeri terutama saat terkena sinar matahari.

  • Cutaneous Lupus Erythematosus (CLE)

Merupakan jenis lupus yang berdiri sendiri dan biasanya hanya menyerang kulit saja. Pada kondisi normal, ruam yang muncul karena CLE dapat hilang dengan sendirinya. Namun untuk mendapatkan pengobatan tepat, jangan ragu memeriksakan kondisi ke dokter.

  • Lupus Akibat Obat-Obatan

Pada jenis lupus yang satu ini, disebabkan karena obat-obatan yang digunakan mengandung procainamide, metilpoda, dan D-penicillamine. Kandungan tersebut biasanya ditemui  pada obat jerawat dan obat penetralisir keracunan.

Pada penderita lupus karena obat-obatan biasanya akan sembuh apabila berhenti konsumsi obat penyebab lupus tersebut. Hal ini karena sistem kekebalan setiap orang berbeda-beda. Dengan kata lain, lupus ini seperti menjadi gejala alergi pada obat tertentu. (Baca juga: Berbagai Obat Gatal Alergi pada Kulit yang Terbukti Efektif)

Hingga saat ini, cara penanganan lupus yang paling sulit adalah SLE. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa tepat serta langkah pengobatan seperti apa yang harus dilalui.

Itulah beberapa penyakit yang menyebabkan bercak merah pada kulit tidak gatal serta cara menanganinya. Sebagai saran, apabila yang terserang penyakit-penyakit di atas adalah anak-anak, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *