invisible hit counter invisible bg invisible ico

4 Jenis Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

4 Jenis Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus DisiapkanBagi para orang tua tentu sangat senang saat mencari dan memilih perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan, akan tetapi apakah semua barang yang sudah anda beli dibutuhkan oleh si kecil? Sebagai pasangan yang akan memiliki anak kita tentu ingin menyiapkan semua kebutuhan mereka dengan baik, namun tidak jarang akhirnya kita membeli barang-barang yang belum mereka butuhkan bahkan tidak begitu dibutuhkan oleh sang buah hati. Hal ini sering terjadi pada pasangan orang tua yang baru pertama kali memiliki anak dalam memilih perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan.

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan terdiri dari beberapa hal yang secara garis besar sama seperti kita orang dewasa pada umumnya, contoh sederhananya adalah makanan dan pakaian. Tidak hanya makanan dan pakaian bayi juga membutuhkan tempat tidur yang nyaman, untuk itu mari kita simak apa saja 4 jenis perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan guna menyambut kehadiran sang buah hati!

4 Jenis Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Disiapkan!

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan memang secara garis besar mirip dengan perlengkapan orang dewasa, hanya saja berbeda dengan kita pemilihan perlengkapan mereka harus dilakukan dengan teliti karena bayi pada umumnya belum terbiasa dengan barang-barang yang kita gunakan. Untuk lebih jelas, mari kita simak penjelasan singkat berikut ini!

1. Pakaian bayi

Pakaian bayi merupakan hal yang paling sering diperhatikan orang tua dan menjadi salah satu daftar dalam perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Hal ini tentu saja benar, anda pasti akan tertarik jika melihat begitu banyak dan beragamnya baju bayi dan anak-anak jaman sekarang. Baju bayi juga sekarang hadir dengan begitu banyak model yang sangat lucu, sehingga terkadang sebagai orang tua kita terkecoh dengan model pakaiannya dan lupa untuk memperhatikan fungsi serta kenyamanan anak.

Pertama-tama anda perlu menyiapkan 1 tas khusus untuk pakaian bayi, untuk isinya anda perlu membeli baju berbahan lembut dan hangat yang kancingnya berada di depan sehingga anda tidak terlalu kerepotan saat harus mengganti baju anak. Siapkanlah 4-5 pasang jenis pakaian ini, selain itu anda perlu memperhatikan pemilihan pakaian pada malam hari selain harus hangat, berbahan halus anda juga perlu mencari pakaian yang elastis dan usahakan agar baju yang anda pilih ini terpisah yakni baju atasan dan juga celana. Mengapa demikian? Pemilihan baju seperti ini lebih praktis digunakan oleh bayi anda dan memudahkan anda jika harus mengganti popok mereka pada malam hari.

Selanjutnya anda juga perlu menambahkan 3 atau 4 pasang kaos kaki ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan, mengingat bayi sangat rentan terhadap suhu dingin. Anda juga perlu menyiapkan handuk yang berbahan halus kira-kira 3-4 buah, sweater dan topi jika anda ingin membawa bayi anda bepergian.

2. Makanan bayi

Selanjutnya perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan berhubungan dengan makanan sang buah hati. Anda tidak perlu khawatir, dalam 6 bulan pertama kehidupan seorang bayi hanya membutuhkan ASI (Air Susu Ibu) sebagai makanan utamanya. Sebagai ibu yang siaga anda juga harus menyiapkan diri untuk hal ini, jika anda ingin bepergian bersama sang buah hati gunakanlah baju yang mudah dibuka pada bagian payudara untuk memberi ASI kepada anak bahkan saat ini sudah disediakan baju khusus bagi ibu menyusui loh! Anda bisa mencarinya di toko-toko yang menjual baju wanita hamil atau perlengkapan bayi.

Jika anda terpaksa meninggalkan anak anda karena pekerjaan dan harus memerah serta menyimpan ASI untuk si kecil, maka penggunaan botol susu (dot) saat pemberian ASI kurang dianjurkan karena akan mengganggu sang buah hati saat akan menyusu langsung dari payudara ibu dan memicu timbul lecet pada payudara ibu. Gunakanlah sendok untuk memberi minum ASI yang telah disimpan dalam botol khusus penyimpanan ASI, selain itu anda perlu menyiapkan kain alas dada (tatak iler) saat memberi susu kepada sang bayi.

3. Popok bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan dan cukup penting adalah popok bayi. Ibu tidak perlu khawatir karena saat ini sudah sangat banyak produk popok bayi yang dijual, ibu cukup memperhatikan kebersihan popok yang digunakan oleh sang bayi karena dalam sehari bayi bisa menghabiskan 10 popok atau lebih. Perhatikan juga apakah ada tanda-tanda alergi terhadap popok yakni timbul ruam kemerahan pada pantat bayi, jika ada maka hentikan penggunaan merek popok itu dan periksakan bayi anda ke dokter.

Selain popok, anda juga perlu menyiapkan tissue basah khusus untuk membersihkan pantat bayi saat mengganti popok mereka dan juga alas untuk membaringkan bayi saat mengganti popok mereka. Jika anda akan bepergian dengan si kecil, maka anda juga membutuhkan plastik untuk menampung dan membuang bekas popok setelah menggantinya dengan yang baru.

4. Perlengkapan mandi

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan terakhir yang akan kami bagikan adalah perlengkapan mandi bayi baru lahir. Sebelum berpikir untuk menyiapkan dan membeli perlengkapan bayi ini, anda perlu bertanya kepada dokter anak kapan waktu yang tepat untuk mulai memandikan mereka karena bagi beberapa dokter memandikan bayi baru lahir dianjurkan saat sisa tali pusat sudah terlepas dari tubuh bayi dan pusar mereka sudah dalam kondisi sembuh dari proses pelepasan tali pusat itu.  Jika dokter anak anda sudah mengijinkan anda untuk mulai memandikan bayi, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah tempat mandi bayi (baby bathtub).

Selain itu anda perlu menyiapkan sabun khusus bayi dan sampo bayi yang tidak pedih di mata si kecil, bahkan kedua produk sampo dan sabun saat ini banyak yang dijual dalam satu kemasan sehingga lebih praktis. Anda juga perlu menyiapkan handuk, sisir khusus rambut bayi dan gunting kuku untuk kuku bayi yang sangat cepat tumbuhnya. Bagaimana jika dokter belum mengijinkan anda untuk memandikan bayi? Jika hal ini terjadi, maka anda bisa menggunakan waslap atau kain halus dan air hangat untuk membersihkan badan bayi setiap harinya.

Demikianlah 4 jenis perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan untuk menyambut kehadiran sang buah hati. Selain pakaian, makanan, popok dan perlengkapan mandi bayi baru lahir, penting juga bagi ibu untuk menyiapkan tas khusus untuk perlengkapan obat-obatan sederhana bayi. Anda bisa menyiapkan obat seperti parasetamol sirup dengan pipet khusus untuk menghitung kadar obatnya, termometer, minyak-minyak untuk menghangatkan tubuh bayi anda dan perlengkapan lain seperti bedak bayi. Akhir kata semoga artikel mengenai perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan ini berguna bagi anda orang tua yang segera akan bertemu dengan malaikat kecilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *