invisible bg invisible ico

12 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin

12 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan JaninManfaat air kelapa muda untuk ibu hamil memang sangat beragam, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan metabolisme tubuh. Air kelapa muda memang dikenal memiliki segudang manfaat. Tak hanya banyaknya manfaat pada air kelapa muda, rasanya yang segar pun dapat mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Berbicara mengenai air kelapa muda, berikut adalah manfaatnya untuk ibu yang sedang hamil.

12 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Sebelum mengulas tentang manfaat dari air kelapa muda untuk ibu hamil, anda harus mengetahui ada dua jenis air kelapa, yakni air kelapa hijau dan air kelapa biasa. Perbedaannya adalah air kelapa hijau berasal dari buah kelapa yang masih muda dengan sabut di dalamnya yang masih berwarna agak merah jambu kecokelatan saat dikupas. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

  • Mengembalikan Cairan Tubuh

Seperti dijelaskan sebelumnya, air kelapa muda berkhasiat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Kandungan elektrolit tinggi di dalamnya dapat membantu tubuh mendapatkan asupan cairan harian yang cukup.

Bagi ibu hamil, biasanya mereka sering merasakan dehidrasi karena kondisi tubuhnya yang sedang mengandung. Apabila dehidrasi tak segera diatasi, maka ibu akan mengalami kelelahan, kram, sakit kepala, dan demam. Dengan kandungan elektrolit alami pada air kelapa muda, maka masalah dehidrasi dan kejang otot atau kram dapat segera diatasi.

  • Membantu Proses Pencernaan

Khasiat air kelapa muda bagi ibu hamil selanjutnya adalah membantu proses pencernaan. Biasanya ibu hamil akan mengalami gangguan pada proses pencernaan mereka seperti lambat mencerna makanan, diare, dan sembelit. Dengan fungsi pencernaan yang terjaga, maka kondisi ibu hamil akan tetap dalam keadaan prima.

Tak hanya itu, semua zat racun yang masuk dalam tubuh dapat dibersihkan melalui urine. Hal ini karena selain elektrolit, air kelapa muda juga memiliki sifat diuretik alami yang mampu mensterilkan segala racun berbahaya dalam tubuh.

Kandungan lain yang juga terdapat pada air kelapa muda adalah asam laurat. Asam laurat adalah jenis asam yang berkhasiat membantu melawan berbagai penyakit yang mencoba masuk ke dalam sistem kekebalan tubuh. Ibu yang sedang hamil memiliki ketahanan tubuh yang rentan terserang penyakit. Untuk itu, mengonsumsi air kelapa muda sangat baik bagi ibu hamil.

  • Meningkatkan Kolesterol Baik

Air kelapa muda juga sudah terbukti mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Dengan khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil tersebut, maka gangguan penyakit karena kolesterol dapat dicegah. Pasalnya ibu hamil cenderung memiliki risiko terserang kadar kolesterol tinggi, terlebih apabila makanan yang dikonsumsi tidak diperhatikan.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi saat berbahaya untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Untuk itu, solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi air kelapa muda untuk menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena terdapat kandungan potassium dalam air kelapa muda.

  • Memberikan Sumber Energi

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang lainnya adalah sebagai sumber utama energi harian. Seperti yang kita tahu, ibu hamil lebih mudah merasakan lelah karena perubahan proses tubuh saat sedang mengandung. Dengan mengonsumsi air kelapa muda yang kaya glukosa, maka aktifitas harian dapat dilakukan dengan lancar.

Dalam memanfaatkan air kelapa muda sebagai sumber energi harian, cukup konsumsi satu gelas air kelapa muda setiap hari. Namun apabila ibu hamil sulit mendapatkan air kelapa muda, maka konsumsilah saat tubuh mengalami kelelahan. Rasa segar air kelapa muda akan dengan mudah mengembalikan stamina tubuh. (baca juga: makanan untuk ibu hamil terimester pertama)

  • Asupan Vitamin C dan B

Kandungan vitamin C pada air kelapa muda juga cukup tinggi. Ibu yang sedang mengandung membutuhkan asupan vitamin harian yang memadai, salah satunya vitamin C. Hal ini karena vitamin C dapat memberikan manfaat seperti mencegah berbagai macam penyakit, menambah daya tahan tubuh, dan menjadi zat anti oksidan alami. Inilah salah satu manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil yang harus diketahui.

Tak hanya vitamin C, air kelapa muda juga memiliki kandungan vitamin B. Adapun manfaat dari vitamin B untuk ib hamil adalah jaringan tubuh yang rusak dapat diganti dengan cepat.

  • Obat Penuaan

Setiap ibu hamil tentu ingin tetap tampil menarik meskipun sedang mengandung. Rasa lelah dan stress yang terkadang dialami oleh ibu hamil menjadi salah satu penyebab tubuh atau wajah cepat nampak tua. Untuk itulah, air kelapa muda bermanfaat bagi ibu hamil dalam hal memperbarui sel-sel dalam tubuh.

Dengan manfaat seperti itu, maka air kelapa muda juga dapat digunakan untuk mengurangi dan mencegah munculnya stretch mark pada perut. Pasalnya stretch mark merupakan masalah yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Ada kandungan berkhasiat lain dari air kelapa muda yang harus diketahui. Kandungan yang dimaksud adalah magnesium dan kalium. Kalium dan magnesium memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu selama masa kehamilan. Dengan kondisi jantung yang tetap terjaga, maka setiap risiko yang dapat muncul baik untuk si ibu atau janin karena kondisi jantung tak stabil dapat diatasi.

  • Mencegah Penyumbatan Darah

Khasiat dari air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat mencegah masalah penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah tak terlepas dari tingginya kandungan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk melawan kolesterol jahat ini, air kelapa muda berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Tak hanya baik untuk ibu hamil saja, khasiat ini juga penting bagi siapa saja.

  • Mengatasi Berat Badan Tubuh Berlebih

Salah satu hal yang ditakuti oleh ibu hamil adalah berat badan berlebih. Mungkin menjadi hal yang wajar apabila ibu mengalami kenaikan berat badan. Dengan konsumsi air kelapa muda yang terbukti rendah kalori dan lemak, maka tubuh akan tetap dapat mempertahankan kondisi idealnya.

  • Kesehatan Janin

Tak hanya berkhasiat untuk ibu hamil saja, air kelapa muda juga dapat menjaga kesehatan janin yang sedang dikandung. Hal ini karena terdapat nutrisi tinggi dalam air kelapa sehingga janin pun akan tetap dalam keadaan sehat. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan produksi air ketuban dalam perut ibu hamil. Dengan begitu, maka kesehatan janin akan tetap terjaga.

  • Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional merupakan jenis dari diabetes melitus yang akan menyerang pada masa kehamilan hingga melahirkan. Penyakit ini memang secara langsung menyerang ibu hamil, namun apabila tak dicegah dan diberikan penanganan tepat, tentu kondisi kesehatan janin juga akan terancam. Air kelapa muda juga menjadi salah satu buah yang dapat menurunkan resiko diabetes sehingga sangat baik untuk ibu hamil dan janin.

Itulah beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil. Setelah mengetahui khasiat menakjubkan dari air kelapa, maka disarankan untuk setiap ibu hamil menjadikan air kelapa sebagai minuman sehat harian. Namun apabila anda sulit mendapatkan kelapa muda, cukup minum air kelapa muda sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu hingga melahirkan. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *