invisible bg invisible ico

11 Manfaat Rebusan Daun Sirsak dalam Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

11 Manfaat Rebusan Daun Sirsak dalam Mengatasi Berbagai Macam PenyakitDi dunia kesehatan, manfaat rebusan daun sirsak memang sangat terkenal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh. Hal ini karena daun sirsak memiliki kandungan senyawa acetogenin yang berfungsi untuk membunuh racun dalam tubuh dengan cara menghambat masuknya racun yang berasal dari berbagai makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia. Bahkan menurut penelitian, senyawa tersebut juga dapat mencegah munculnya penyakit kanker.

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa daun sirsak memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Lantas manfaat apa saja yang dapat diberikan dari rebusan daun sirsak? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini:

  • Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat rebusan daun sirsak yang paling terkenal adalah sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati kanker. Bahkan kandungan acetogenin yang ada dalam daun sirsak dipercaya dapat mengobati kanker lebih cepat apabila dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi.

Senyawa acetogenin tersebut mampu menghambat tumbuhnya sel kanker lebih kuat sekitar 10.000 kali apabila dibandingkan dengan adriamycin pada pengobatan kemoterapi. Selain itu, menurut penelitian, acetogenin sekaligus dapat menjaga tubuh dari serangan kanker dan tumor yang resisten terhadap adriamycin yang ada pada pengobatan kemoterapi.

  • Mengobati Asam Urat

Manfaat rebusan daun sirsak yang selanjutnya adalah mengatasi penyakit asam urat. Seperti yang kita tahu, asam urat merupakan penyakit yang dapat diderita oleh siapa saja, baik yang mudah maupun yang tua. Cara kerja senyawa daun sirsak untuk mengatasi asam urat pun sama dengan mengatasi sel kanker.

Meskipun kandungan acetogenin pada daun sirsak sangat dominan, namun terdapat kandungan lain yang juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat seperti asam gentisic, annocatalin, caclourin, asam linoleat, dan annomuricin. (baca juga: ketahui khasiat air rebusan daun sirsak yang luar biasa)

  • Mengobati Kista Ovarium

Kista merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua kaum hawa. Pasalnya, penyakit yang satu ini akan menyerang ovarium dan tentunya berdampak pada sulitnya mendapatkan keturunan. Parahnya, apabila penyakit ini tak segera diatasi, maka kista akan berkembang sebagai kanker yang sangat mematikan. Di sinilah manfaat rebusan daun sirsak memiliki peran penting sebagai obat alami untuk mengobati kista dan mencegah munculnya tumor jinak dan sel kanker pada ovarium.

  • Mengobati Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol, tak ada salahnya mencoba manfaat rebusan daun sirsak untuk mengatasi penyakit tersebut. Seperti yang kita tahu penyakit kolesterol muncul akibat banyaknya lemak jahat yang berada di dalam tubuh. Kandungan senyawa yang terdapat dalam rebusan daun sirsak tersebut dapat membantu mengikat lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang Anda konsumsi.

  • Obat Alami Diabetes

Kandungan senyawa yang ada di dalam daun sirsak menurut penelitian juga telah terbukti sangat ampuh untuk menstabilkan jumlah kadar gula dalam darah. Jumlah kadar gula darah yang terlalu tinggi tentu akan memicu munculnya berbagai penyakit yang berbahaya untuk kesehatan.

Di sinilah daun sirsak berperan penting sebagai bahan alami untuk mengatasi diabetes. Hal ini karena daun sirsak juga memiliki beragam kandungan anti oksidan di dalamnya yang ampuh menstabilkan jumlah kadar gula darah sehingga risiko terkena diabetes dapat dikurangi. Selain itu, bagi penderita diabetes, apabila mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur, maka perlahan namun pasti penyakit diabetes tersebut pun dapat disembuhkan.

  • Mengobati Penyakit Paru-Paru

Masih berhubungan dengan kandungan anti oksidan yang dimiliki oleh daun sirsak, bahan alami yang satu ini pun dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi dan mengatasi penyakit paru-paru, baik penyakit paru-paru basah maupun kering.

  • Mengobati Rematik

Daun sirsak juga dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi radang, yang juga mampu mengobati penyakit rematik. Untuk cara yang satu ini, Anda tak perlu merebus daun sirsak tersebut namun hanya perlu dioleskan pada bagian yang terasa sakit. Caranya, tumbuh daun sirsak dan haluskan tumbukan tersebut pada tubuh. Lakukan cara ini selama 2 hari sekali, di pagi dan sore hari secara rutin hingga nyeri rematik yang Anda alami berkurang. (baca juga: kegunaan daun sirsak bagi tubuh dan kulit)

  • Mengatasi Keputihan

Keputihan memang menjadi salah satu kondisi wajar yang dialami oleh wanita. Hanya saja, ketika keputihan tersebut menyebabkan rasa gatal berlebih, memiliki bau menyengat, hingga mengubah warna lendir menjadi keruh kehijauan, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai penyakit yang harus segera diobati.

Penyebab utama penyakit ini adalah karena adanya infeksi bakteri yang menyerang daerah pribadi perempuan tersebut. Sebagai warga Indonesia yang tinggal di daerah tropis, bakteri penyebab keputihan pun akan lebih mudah tumbuh sehingga wanita Indonesia rentan terserang keputihan.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan manfaat rebusan daun sirsak dalam mengatasi penyakit ini. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, tambahkan pula madu dan kunyit pada rebusan daun sirsak. Selain itu, tetap jaga kondisi kebersihan tubuh serta hindari aneka makanan cepat saji.

  • Mencegah Tumbuhnya Tumor

Dalam dunia medis, munculnya tumor disebabkan karena sel tubuh mengalami regenerasi atau perkembangan yang tak wajar. Sel-sel tersebut akan berkembang sebelum sel lain mati. Hal inilah yang kemudian menyebabkan benjolan yang berujung menjadi tumor dalam tubuh. Pada umumnya, langkah yang dapat diambil untuk mengatasi tumor tersebut adalah dengan operasi.

Apabila kondisi tumor belum parah, maka Anda dapat menggunakan obat-obatan alami seperti daun sirsak yang sudah terbukti dapat mencegah munculnya sel-sel tumor. Namun apabila sel tumor tersebut sudah terbentuk, baik tumor jinak maupun tumor ganas, maka pengobatan paling tepat adalah dengan operasi.

  • Menghambat Munculnya Parasit dalam Tubuh Anak

Pada orang dewasa, parasit mungkin bukan menjadi hal yang perlu diwaspadai karena orang dewasa memiliki sistem kekebalan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan anak-anak. Sebaliknya, parasit tersebut akan sangat rentan menjangkit anak-anak, terutama ketika anak suka bermain di tempat-tempat kotor.

Di sinilah rebusan daun sirsak memiliki peran yang cukup penting untuk menghambat timbulnya parasit dalam tubuh anak. Daun sirsak yang sangat kaya akan kandungan senyawa baik akan membantu mematikan parasit berupa cacing pada tubuh anak-anak Anda. Caranya, berikan rebusan daun sirsak pada anak setidaknya selama 3 kali dalam seminggu.

  • Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Manfaat rebusan daun sirsak yang terakhir adalah untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Hal ini karena daun sirsak juga dipercaya dapat memperkuat kondisi kesuburan rahim pada wanita dan juga meningkatkan jumlah produksi sperma pada pria.

Cara Mudah Membuat Rebusan Daun Sirsak

Setelah mengetahui manfaat rebusan daun sirsak, maka Anda juga harus paham tentang bagaimana cara untuk membuat rebusan daun sirsak tersebut. Caranya adalah Anda hanya perlu mengambil sekitar 10 – 12 lembar daun sirsak yang dicampur dengan 600 ml air. Rebus hingga tersisa sekitar 200 ml air saja. Rebusan tersebut dapat diminum dalam keadaan panas ataupun dingin. Untuk hasil terbaik, Anda dapat mengonsumsi rebusan daun sirsak di pagi hari hingga kondisi tubuh merasa lebih baikan.

Memilih Daun Sirsak yang Baik sebagai Obat Alami Kesehatan

Menurut berbagai penelitian, tak semua daun sirsak memiliki kandungan yang sempurna sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit di atas. Adapun daun sirsak yang paling baik adalah daun yang tak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Bagaimana cara mengetahuinya? Daun sirsak yang sudah matang memiliki bentuk yang lebar dengan warna hijau tua. Sedangkan untuk daun sirsak yang masih muda, warnanya hijau muda dan ukurannya cenderung masih kecil. Adapun daun sirsak yang terlalu tua, bentuknya lebar namun warnanya hijau gelap.

Hal ini karena daun yang terlalu tua kandungan senyawa bioaktif di dalamnya sudah tidak berfungsi lagi. Sebaliknya, pada daun sirsak yang terlalu muda, maka kandungan bioaktifnya masih belum maksimal. Oleh karena itu, Anda juga harus cermat dalam memilih daun sirsak yang sesuai dan pas untuk dijadikan obat alami kesehatan tubuh.

Demikian sedikit ulasan tentang manfaat rebusan daun sirsak untuk tubuh. Meskipun untuk proses konsumsinya membutuhkan waktu yang lama, namun khasiatnya yang sangat beragam akan membuat kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *