invisible bg invisible ico

10 Manfaat Kurma Muda yang Jarang Diketahui Orang

10 Manfaat Kurma Muda yang Jarang Diketahui OrangKurma muda disebut juga dengan istilah kurma ruthob. Kurma ini masih berwarna hijau, merah atau kuning. Kurma muda memiliki ciri-ciri seperti ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan yang sudah matang, pada bagian dalamnya terdapat warna putih seperti kelapa, kulit dan dagingnya lebih keras serta memiliki rasa yang tak semanis saat kondisinya sudah matang. Dengan kandungan nutrisinya yang beragam, tak heran jika manfaat kurma muda juga sangat banyak.

Kurma muda ini didapatkan dalam kondisi yang masih segar dan tidak dikeringkan. Oleh karena itu, kurma ini jarang dijual di pasaran. Untuk mendapatkannya biasanya harus dipesan khusus dari daerah timur tengah, atau jika ada saudara yang berangkat ke tanah suci bisa dipesan secara khusus.

Di dalam kurma muda terkandung banyak sekali mineral, diantaranya tembaga, kalsium, belerang, klorida, zat besi dan sebagainya. Berbagai vitamin seperti vitamin A, C, K, protein, minyak, gula, asam nicotenic, hormon biostin dan sebagainya. Dengan kandungan yang cukup banyak ini, maka khasiat kurma muda juga cukup banyak, baik untuk pria maupun wanita.

Manfaat Kurma Muda untuk Berbagai Hal

Buah kurma muda dengan harga yang lebih mahal dibandingkan yang sudah masak memiliki banyak sekali manfaat, diantara khasiat kurma  muda adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesuburan

Para pakar merekomendasikan seorang wanita yang sedang program hamil untuk mengkonsumsi kurma muda dan kurma kering. Keduanya dipercaya memiliki nutrisi yang cukup untuk menstimulasi kerja organ-organ reproduksi lebih aktif dan menghasilkan sel telur yang subur. Hormon biostin yang ada di dalam kurma muda membantu gerak peristaltik dalam pembuluh darah dan rahim.

Bagi wanita disarankan untuk mengkonsumsi kurma muda yang berwarna kuning atau hijau. Di dalam kurma ini terkandung unsur Fe dan Ca yang tinggi untuk menyuburkan rahim. Selain itu, komponen yang ada dalam kurma juga mampu merangsang produksi hormon bitosin untuk meningkatkan kesuburan.

  • Menjaga kehamilan dan memperlancar persalinan

Kurma muda kaya akan unsur Kalium yang dapat mencegah terjadinya pendarahan. Kalium membantu mengentalkan darah sehingga menjaga kondisi kehamilan yang rentan dengan pendarahan. Pada saat melahirkan, unsur kalium juga dibutuhkan agar tubuh wanita tidak terlalu banyak kehilangan darah yang akan berakibat fatal mengancam keselamatan jiwa ibu. Oleh karena itu, selain untuk terapi hamil, wanita hamil pun disarankan mengkonsumsi kurma muda.

  • Melancarkan produksi ASI

Setelah membantu proses persalinan, kurma hijau ternyata juga membantu meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Hormon oksitosin yang terkandung dalam kurma muda berperan penting dalam merangsang produksi ASI yang lebih besar pada ibu menyusui. Tak perlu repot makan daun katu setiap hari, cukup dengan rajin mengkonsumsi kurma muda sangat membantu produksi ASI yang lebih banyak.

  • Menjaga kesehatan mata

Kurma muda kaya dengan vitamin A yang dibutuhkan untuk menutrisi kesehatan mata. Oleh karena itu, mengkonsumsi kurma ini juga membantu menyehatkan kondisi mata. Bagi ibu hamil hingga melahirkan yang biasanya sering bermasalah dengan penglihatan, kurma muda ini juga cocok dijadikan sebagai makanan rutin untuk mendapatkan kondisi mata yang lebih baik pasca melahirkan. Dengan nutrisi vitamin A yang cukup akan membuat mata menjadi lebih sehat.

  • Mencegah kanker mulut dan paru-paru

Di dalam buah kurma muda terkandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. senyawa ini merupakan pengikat radikal bebas yang dapat memicu munculnya sel kanker. Sel kanker mulut dan paru-paru yang mungkin bisa muncul akan dibantu lebih sedikit muncul dengan mengkonsumsi kurma muda secara rutin.

Jenis antioksidan yang ditemukan dalam kurma adalah beta D-gluca. Senyawa ini secara aktif mampu mengikat sel kanker serta meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dari serangan sel mematikan tersebut. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine oleh Dr Arshad H Rahmani dari Qassim University, bahwa senyawa ini mampu mencegah mutasi sel-sel kanker berbahaya yang mematikan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi kurma muda akan membantu tubuh terhindar dari kanker.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Kurma ternyata juga baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki keluhan hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi di dalam kurma mampu menekan kadar natrium yang tinggi dalam darah sebagai penyebab tingginya tensi darah.

Oleh karena itu mengkonsumsi kurma bagi mereka yang memiliki tensi yang tinggi sangat dianjurkan. Apalagi dalam kondisi hamil, biasanya para wanita rentan memiliki tensi yang tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi kurma akan membantu tubuh mendapatkan tensi darah yang lebih normal.

  • Mencegah terjadinya stroke

Kondisi darah yang tidak lancar disebabkan kandungan natrium yang tinggi akan dapat memicu penyempitan pembuluh darah yang berujung pada stroke. Dengan rutin mengkonsumsi kurma muda akan membantu peredaran darah lebih lancar dan menghindari terjadinya stroke. Dengan tensi yang stabil akan membuat tubuh lebih sehat dan segar.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kurma juga dapat membantu wanita yang ingin mendapatkan kulit yang lebih halus dan lembut. Kurma mengandung banyak mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Bahkan juga bisa Anda jadikan sebagai lulur secara langsung untuk kulit. Khusus kurma muda bisa Anda makan untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang lebih banyak lagi.

  • Meningkatkan daya ingat

Kurma dengan segala nutrisinya, terutama kurma muda juga bagus dikonsumsi oleh anak-anak untuk mendapatkan ingatan yang lebih baik. Komponen dalam kurma menjadi nutrisi yang sangat bagus untuk otak sehingga mendapatkan ingatan yang lebih baik. Campuran kurma dan pegagan misalnya menjadi salah satu bahan alami yang dianjurkan untuk menutrisi otak.

  • Meningkatkan kinerja jantung

Dengan tensi darah yang stabil akan dapat membantu kinerja jantung bisa berjalan lebih baik, terutama bagi mereka yang selama ini mengalami tensi yang sering tinggi. Dengan mengkonsumsi kurma muda akan membantu memperbaiki kinerja jantung agar lebih stabil dan terjaga.

Menikmati kurma muda bisa dengan mengkonsumsinya secara langsung atau pun diolah menjadi jus. Harganya akan lebih mahal dibandingkan yang masih kering karena khasiatnya juga lebih banyak. Melihat kandungan dan khasiat kurma  muda, tak benar jika kurma ini hanya dikhususkan untuk ibu dan wanita yang ingin hamil saja, namun bisa dan bagus dikonsumsi oleh semua orang.

Manfaat kurma muda selain untuk kesehatan juga cukup nikmat dijadikan sebagai minuman jus segar yang lezat. Blender kurma muda seperti buah para umumnya. Campur dengan sedikit madu dan tambahkan es batu. Rasanya akan segar dan nikmat seperti jus buah pada umumnya. Jika Anda bosan mengkonsumsi kurma secara langsung, maka bisa memvariasikan cara mengkonsumsinya dengan dibuat bahan jus tersebut. Konsumsi kurma muda sekarang dan dapatkan khasiat yang sangat banyak dari komponen yang terkandung dalam kurma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *