invisible hit counter

Waspadai Penyebab Kepala Sering Pusing Berikut Ini

Waspadai Penyebab Kepala Sering Pusing Berikut IniAnda mungkin bertanya-tanya apa saja yang menjadi penyebab kepala sering pusing. Semua orang pasti pernah mengalami gangguan sakit kepala atau pusing, hanya saja yang membedakan adalah tingkat intensitas maupun frekuensinya. Ada yang mengalami pusing kepala hanya sesekali saja tetapi ada juga orang yang mengalami pusing kepala dengan frekuensi yang sering. Jika pusing kepala sering menghampiri Anda, tentunya hal ini merupakan hal yang sangat mengganggu kenyamanan. Walaupun kelihatannya sepele, namun jika Anda mengalami kepala sering pusing maka tentunya produktifitas kerja dapat menurun dan dapat mempengaruhi tingkat kualitas hidup seseorang. Anda juga perlu waspada, sebab pada beberapa kasus pusing juga dapat menjadi pertanda adanya suatu penyakit dalam tubuh Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentang pusing yang sedang Anda alami, yaitu tentang kapan pusing tersebut mulai muncul, seberapa sering frekuensinya, seberapa besar intensitasnya, adakah gejala lain yang menyertainya, efek lain yang ditimbulkan, serta riwayat menderita penyakit tertentu. Pusing yang dirasakan oleh tiap orang mungkin berbeda-beda sensasi yang dirasakannya, misalnya pusing yang disertai dengan mata berkunang-kunang, rasa nyut-nyutan, rasa berputar, rasa seperti ingin jatuh (nggliyer), dan sebagainya. Daerah kepala yang merasakan nyeri dapat berada di sebelah kanan, kiri, depan, atas (ubun-ubun), kepala belakang, bahkan di seluruh kepala. Jenis apapun yang dirasakan, yang pasti menderita pusing kepala adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua orang.

Beberapa Penyebab Kepala Sering Pusing yang Umum Terjadi

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang menderita pusing. Faktor penyebab tersebut bisa merupakan hal yang ringan tetapi dapat juga akibat pemicu yang berat. Berbagai penyebab kepala sering pusing adalah sebagai berikut:

  1. Istirahat yang kurang

Istirahat yang kurang dapat menjadi penyebab kepala sering pusing, sebab energi dan pikiran Anda banyak terkuras sehingga dapat menyebabkan pusing. Tubuh kita tentunya akan mengalami kelelahan dan mengalami berbagai gangguan jika dipaksa bekerja secara terus-menerus, sehingga perlu disediakan waktu untuk beristirahat agar tubuh kembali segar dan dapat bekerja secara optimal lagi. Miliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan hindari begadang agar Anda terhindar dari sakit kepala.

  1. Jarang berolahraga

Kepala sering pusing dapat diakibatkan karena Anda jarang berolahraga. Sebagaimana kita ketahui bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengoptimalkan kinerja jantung. Sehingga dengan jarang berolahraga maka aliran darah ke seluruh tubuh terutama yang menuju ke otak menjadi kurang lancar dan menyebabkan sering pusing. Situasi ini dapat diperparah dengan aktifitas Anda sehari-hari yang jarang menggunakan gerak badan/fisik, misalnya terlalu lama duduk di depan komputer, selalu menggunakan kendaraan ketika keluar rumah sehingga malas berjalan kaki, atau banyak menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan di tempat tidur.

Oleh karena itu untuk menghindari sering pusing kepala, lakukanlah olahraga secara teratur, seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, senam, berenang, dan sebagainya. Hal yang harus diingat adalah pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda dan jangan terlalu memforsir tenaga secara berlebihan, sebab melakukan olahraga yang terlalu berat/berlebihan justru dapat memicu timbulnya sakit kepala.

  1. Makanan/minuman yang tidak sehat

Jenis makanan/minuman tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata juga dapat menjadi penyebab kepala sering pusing. Jenis makanan tersebut antara lain makanan berlemak tinggi, makanan yang terlalu asam, terlalu asin, dan makanan yang mengandung MSG/penyedap rasa. Sedangkan minuman yang dapat memicu pusing antara lain minuman yang mengandung alkohol, minuman bersoda, dan minuman yang mengandung kaffein.

  1. Posisi/gerakan tubuh yang salah

Posisi/gerakan tubuh yang salah merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab kepala sering pusing. Posisi yang salah tersebut dapat terjadi ketika tidur, misalnya leher yang tertekuk, posisi kepala tidak pas dengan bantal, tubuh yang banyak bergerak ketika tidur, dan sebagainya. Sementara itu gerakan-gerakan tertentu juga dapat memicu timbulnya pusing, antara lain gerakan mendadak ketika bangkit dari duduk yang terlalu lama, tergesa-gesa ketika bangun dari tidur, berdiri terlalu lama di tempat yang panas, dan lain-lain.

  1. Kolesterol tinggi

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, bisa jadi disebabkan karena kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi. Sebab salah satu gejala yang ditimbulkan akibat kolesterol tinggi yaitu kepala sering mengalami pusing. Hal ini diakibatkan karena peredaran darah yang tidak lancar akibat terhambat oleh kolesterol dalam pembuluh darah. Oleh karena itu Anda dapat memeriksakan kolesterol Anda di laboratorium apakah dalam batas yang normal atau tidak. Jika Anda mempunyai kadar kolestrol yang tinggi, maka kurangi makanan yang mengandung lemak jahat dan harus rajin berolahraga.

  1. Cuaca ekstrim

Penyebab kepala sering pusing yang berikutnya yaitu karena cuaca yang ektrim. Adanya faktor cuaca ektrim dapat mempengaruhi zat kimia di otak sehingga memicu timbulnya kepala pusing. Kategori cuaca ekstrim tersebut yaitu suhu yang terlalu panas, terlalu dingin, atau kelembaban dan tekanan udara yang tinggi. Kondisi ini biasanya terjadi jika Anda belum bisa beradaptasi di lingkungan yang baru, mengunjungi suatu wilayah dengan kondisi lingkungan yang jauh berbeda dengan tempat asal, atau terjadinya perubahan cuaca yang sangat ekstrim di suatu daerah.

  1. Terlambat makan dan dehidrasi

Selain dapat menyebabkan penyakit maag, terlambat makan juga dapat menjadi penyebab kepala sering pusing, sebab terlambat makan dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan energi dan memicu timbulnya hipoglikemi (kekurangan gula dalam darah) sehingga dapat memicu timbulnya kepala pusing. Selain terlambat makan, kekurangan cairan atau dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing, sebab kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu dan aliran darah menjadi tidak lancar.

  1. Stres dan pengaruh hormon

Kepala sering pusing juga dapat ditimbulkan akibat terlalu banyak beban pikiran atau stres. Pusing yang ditimbulkan karena stres biasanya akan sulit dihilangkan walaupun telah minum obat pereda sakit kepala. Sehingga untuk menghilangkan pusing akibat stres yaitu dengan cara mengatasi stres itu sendiri. Selain faktor stres, perubahan kadar hormon juga dapat menyebabkan sakit kepala, yang dapat terjadi pada wanita ketika hamil atau ketika datang bulan/menstruasi.

  1. Menderita penyakit tertentu

Jika Anda mengalami sering pusing, bisa jadi Anda sedang menderita suatu penyakit. Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab sering sakit kepala antara lain hipertensi/darah tinggi, hipotensi/darah rendah, anemia/kurang darah, sakit gigi, sakit mata, gangguan pada saluran THT (Telinga Hidung Tenggorokan), dan berbagai infeksi penyakit yang menimbulkan demam seperti Demam Berdarah Dengue, malaria, cikungunya, influenza, ISPA, dan sebagainya. Kepala pusing juga dapat ditimbulkan akibat adanya penyakit berbahaya seperti tumor/kanker, penyakit jantung, gagal ginjal, maupun stroke.

Setelah mengetahui penyebab kepala sering pusing seperti yang telah dipaparkan di atas, Anda dapat melakukan langkah pencegahan sekaligus penanggulangan terhadap pusing yang Anda derita. Langkah tersebut antara lain dengan melakukan olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat dengan gizi seimbang, selalu memperhatikan posisi tubuh ketika tidur maupun saat beraktivitas, makan secara teratur, dan banyak minum air putih. Selain itu Anda juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup dan ciptakan pikiran selalu nyaman agar terhindar dari stres. Jika Anda mengalami pusing yang tak kunjung sembuh, maka konsultasikan ke dokter karena bisa jadi Anda sedang menderita suatu penyakit. Dengan deteksi secara dini, maka penyakit yang menyebabkan Anda sering menderita pusing kepala dapat ditanggulangi secara benar dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *