invisible hit counter

Tumbuh Kembang Janin 33 Minggu dalam Kandungan

Tumbuh Kembang Janin 33 Minggu dalam KandunganMengamati dan merasakan tumbuh kembang janin 33 minggu pastinya merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, terutama di trimester ketiga ini dimana Anda hanya berjarak beberapa minggu dari pertemuan pertama dengan si buah hati. Memasuki minggu ke-33, janin Anda sudah seberat kira-kira 2000 gram dengan panjang kira-kira 43 sentimeter, serta berat badannya mungkin bertambah sekitar 200 gram setiap minggunya. Bagian-bagian tubuhnya sudah terlihat proporsional, dan tulangnya mulai mengeras. Meskipun demikian, tulang-tulang di kepalanya (ubun-ubun) belum menyambung satu sama lain, untuk memudahkannya melewati jalan lahir waktu persalinan nanti. Rata-rata ubun-ubun bayi akan menutup sempurna di usianya yang ke-18 hingga 24 bulan.

Pertumbuhan Fisik Janin 33 Minggu yang Mencolok

Pada usia ini, otak dan sistem saraf janin sudah berkembang dengan sempurna. Kulit janin sudah tidak lagi keriput seperti ketika masih di trimester kedua. Hal ini karena janin 33 minggu telah memiliki cukup jaringan lemak putih di bawah kulitnya. Jaringan lemak putih ini juga yang membuat warna kulit janin dalam kandungan tidak semerah sebelumnya (setelah bayi dilahirkan, warna kulitnya masih mungkin untuk berubah selama beberapa bulan ke depan).

Perkembangan Fungsi Tubuh Janin 33 Minggu

Perkembangan setiap janin berbeda-beda. Artikel ini hanya memberi gambaran umum akan apa yang biasanya dialami janin pada kurun waktu tertentu. Di usianya yang memasuki 33 minggu, janin Anda akan bertingkah laku seperti layaknya bayi yang sudah lahir ke dunia: memejamkan mata saat tidur dan membuka mata saat terjaga. Pada usia kehamilan yang memasuki trimester ketiga, dinding rahim pun semakin tipis, dan ada lebih banyak cahaya yang bisa masuk menembus rahim Anda. Hal ini akan membantu janin Anda untuk makin mahir membedakan siang dan malam.

Hal yang juga merupakan perkembangan pesat bagi janin 33 minggu adalah sistem imunnya yang mulai berkembang. Janin Anda mendapatkan antibodi dari Anda, ibunya, yang sangat berguna begitu ia dilahirkan nanti dan harus melawan berbagai kuman penyakit. Itulah sebabnya pada bayi yang lahir prematur, sistem imunnya belum sepenuhnya matang, sehingga perawatan yang ekstra harus dilakukan (seperti menempatkannya dalam lingkungan yang steril) agar infeksi tidak menyerangnya.

Terkait sistem reproduksi, jika janin Anda laki-laki, testisnya akan terus menjalani proses penurunan menuju skrotum. Kadang satu atau kedua testis belum turun sempurna hingga saatnya kelahiran. Hal ini sering dijumpai pada bayi yang lahir prematur. Akan tetapi, rata-rata testis sudah akan turun sempurna ketika bayi Anda menginjak usia 6 bulan.

Memantau Pergerakan Janin 33 Minggu

Kebanyakan janin pada usia ini sudah berada pada posisi kepala di bawah, meskipun sebagian lainnya masih terus berganti-ganti posisi. Dengan janin yang bertumbuh makin besar dalam rahim Anda, ruang dalam rahim akan lebih banyak terpakai untuk janin daripada air ketuban. Inilah salah satu hal yang menyebabkan gerakan janin pada minggu-minggu terakhir kehamilan terasa lebih tajam daripada sebelumnya.

Janin Anda seharusnya makin aktif bergerak pada minggu-minggu terakhir kehamilan. Setiap janin memiliki pola dan ritme pergerakan yang berbeda-beda. Selama Anda tidak merasakan ada perubahan yang berarti dari pergerakan janin 33 minggu Anda, besar kemungkinan bahwa janin Anda baik-baik saja.

Untuk lebih amannya, tenaga kesehatan akan merekomendasikan bahwa setelah usia kehamilan 28 minggu, sebaiknya Anda memantau pergerakan janin setidaknya satu atau dua kali dalam sehari. Cara yang paling umum digunakan untuk memantau pergerakan janin adalah, pertama-tama pilihlah waktu-waktu dimana janin Anda cenderung paling aktif (idealnya pada waktu yang sama tiap harinya).

Kemudian, duduklah dengan tenang atau berbaring miring untuk mengurangi distraksi dari lingkungan di sekitar Anda. Setelah itu amati berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk merasakan 10 kali gerakan janin (tendangan, sentakan, gerakan apa saja bisa dihitung).

Anda idealnya dapat merasakan 10 kali gerakan janin dalam waktu dua jam, meskipun mungkin pada kenyataannya tidak butuh waktu selama itu (Anda mungkin merasakan 10 kali gerakan janin dalam waktu 10 menit saja). Pada akhir satu jam pertama, jika jumlah gerakan janin tidak mencapai 10 kali, cobalah makan snack ringan atau minum jus. Kemudian berbaringlah dan mulailah kembali menghitung. Akan tetapi, jika dalam dua jam pertama itu Anda tidak juga merasakan 10 kali gerakan, berhentilah menghitung dan hubungi dokter kandungan atau bidan.

Apabila Anda mengamati ada penurunan keaktifan janin 33 minggu Anda (yang dapat diketahui dengan cara menghitung gerakan janin seperti yang dijelaskan di atas), segera kontak dokter kandungan atau bidan Anda. Penurunan gerakan janin merupakan tanda adanya masalah, dan Anda mungkin membutuhkan nonstress test untuk memeriksa kesejahteraan janin Anda.

Keluhan-Keluhan yang Sering Timbul di Akhir Masa Kehamilan

Hal yang perlu diperhatikan adalah, terkadang air ketuban merembes sebelum persalinan dimulai. Jika Anda berpikir bahwa di usia janin 33 minggu ini air ketuban sudah keluar, apalagi jika berwarna kehijauan atau berbau tidak sedap (air ketuban jernih dan tidak berbau), segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat. Hingga Anda diperiksa oleh dokter atau bidan, jangan gunakan tampon, melakukan hubungan badan, atau memasukkan apapun ke dalam jalan lahir yang bisa membuat Anda terpapar bakteri.

Di luar itu, insomnia, sesak nafas, nyeri perut, dan kuku jari yang menjadi rapuh adalah beberapa keluhan yang mungkin Anda alami pada saat ini.

  • Insomnia

Insomnia pada trimester ketiga dialami oleh tiga dari empat wanita hamil (yang mungkin disebabkan oleh kecemasan menjelang persalinan dan persiapan yang harus dilakukan untuk menyambut datangnya bayi). Pada usia janin 33 minggu Anda membutuhkan banyak istirahat, sehingga insomnia menjadi hal penting yang harus diatasi.

Cobalah mandi air hangat dan mungkin minum segelas susu hangat sebelum tidur (hindari susu cokelat dan minuman berkafein lainnya). Hindari aktivitas berat, serta makan besar terlalu dekat dengan waktu tidur. Cobalah juga membaca buku yang ringan atau mendengarkan musik yang lembut untuk memancing kantuk Anda.

  • Sesak nafas

Rahim yang makin membesar pada usia janin 33 minggu akan mendesak organ dalam lainnya, termasuk paru-paru. Untuk mengatasinya, cobalah berdiri setegak mungkin sehingga paru-paru Anda memiliki lebih banyak udara sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam bernafas.

  • Kuku rapuh

Hormon kehamilan membuat kuku Anda tumbuh cepat (sebagaimana rambut Anda). Namun kuku Anda juga menjadi lebih rapuh dari sebelumnya. Untuk mengatasinya, perbanyak asupan bahan makanan yang banyak mengandung biotin dalam diet Anda, seperti pisang, alpukat, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

  • Nyeri perut

Jika Anda merasakan nyeri pada perut seperti ditusuk jarum, bisa jadi Anda mengalami apa yang disebut dengan round ligament pain. Nyeri ini seringnya timbul begitu saja ketika ibu hamil mengubah posisi tubuh, berguling dari satu sisi ke sisi lain, atau tiba-tiba berdiri dari posisi duduk. Ibu hamil yang melakukan aktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu lama (seperti berjalan atau melakukan pekerjaan yang memaksanya untuk berdiri dalam waktu yang lama) juga berpotensi mengalami nyeri perut ini.

Nyeri ini mungkin mengganggu, akan tetapi jika timbul hanya sesekali dan tidak disertai dengan demam, menggigil, atau pendarahan, Anda tidak perlu khawatir. Biasanya nyeri ini akan menghilang begitu Anda beristirahat sejenak dari aktivitas Anda.

Demikian artikel mengenai tumbuh kembang janin 33 minggu berikut keluhan-keluhan yang mungkin Anda rasakan menjelang waktu persalinan yang semakin dekat dan cara mengatasinya. Selamat menikmati masa-masa akhir kehamilan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *