invisible hit counter

Tips Sederhana Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung memang merupakan salah satu keluhan yang banyak ditemui pada bayi dan tentu saja sebagai orang tua terutama ibu anda perlu mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi ini. Gejala kembung yang menimpa bayi dan anak-anak sering kali disertai dengan gejala lain berupa sendawa, sering buang angin dan membuat sang bayi menjadi rewel dan sering menangis karena rasa sakit perut yang dialaminya.

Kondisi perut kembung pada bayi memang diduga disebabkan oleh kondisi gas yang meningkat di dalam saluran cernanya. Gas berlebih ini bisa masuk saat menyusui atau jika sang bayi minum dengan menggunakan dot maupun saat sedang menangis, selain itu bisa disebabkan oleh kondisi sistem pencernaannya yang belum sempurna dalam mencerna suatu jenis makanan atau gejala kembung ini bisa saja menjadi tanda dari penyakit yang melanda sistem pencernaannya. Di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apa saja cara mengatasi kembung pada bayi yang tepat untuk dilakukan di rumah.

Apa Saja Tips Sederhana Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi?

Perut kembung pada bayi jika terjadi pada usia kurang dari 4 bulan memang merupakan hal yang wajar karena belum sempurnanya kerja sistem pencernaan yang mereka miliki. Akan tetapi jika keluhan ini tidak kunjung berhenti dan terlalu sering terjadi pada sang buah hati, kita sebagai orang perlu melakukan cara mengatasi perut kembung pada bayi yang sederhana seperti dibawah ini guna mengurangi keluhan tersebut.

  • Berikan air hangat

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang akan kita bahas pertama kali adalah dengan memberikan air hangat. Dengan memberi rasa hangat pada perut sang bayi akan memberikan rasa nyaman bagi mereka dan bisa membuat rasa kembung menjadi berkurang. Akan tetapi penting bagi ibu untuk memperhatikan kebersihan dari air yang digunakan untuk minum ini. Selain dengan memberikan minum air hangat, ibu juga bisa memandikan sang bayi dengan air hangat agar anak merasa makin nyaman dan rewelnya bisa berkurang.

  • Menggosok perut bayi

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat rewel sang bayi akibat perut kembung berkurang adalah dengan menggosok-gosok perutnya. Sama seperti dengan menggunakan air hangat di atas, hal ini bertujuan untuk memberi rasa hangat pada tubuh mereka. Dengan menggunakan minyak seperti minyak telon anda dapat menggosok dengan lembut perut dan juga punggung bayi guna mengurangi keluhan kembung ini.

  • Menepuk lembut punggung bayi

Cara yang juga sudah banyak diketahui membantu mengurangi keluhan kembung yang dirasakan bayi adalah dengan menepuk lembut punggung bayi. Tujuan kita menepuk lembut ini adalah membuat sang bayi bersendawa dan mengeluarkan gas yang berlebih dari dalam saluran cernanya. Berikan tepukan lembut pada punggung bayi sambil menggendongnya, dan lakukan tindakan tersebut selama 1 hingga 2 menit sampai bayi anda bersendawa.

  • Cek posisi bayi anda saat menyusui

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang akan kita bahas selanjutnya adalah dengan mengecek kembali posisi anda saat menyusui sang bayi. Posisi yang benar saat menyusui ini penting guna mencegah banyak gas, yang masuk ke dalam saluran cerna sang bayi saat ia berusaha menyedot ASI.

Posisi yang benar saat menyusui adalah dengan menggendong bayi hingga seluruh tubuhnya menghadap ke tubuh ibu kemudian posisikan hidung dan dagu bayi menghadap payudara ibu. Setelah itu dengan tangan ibu tahan kepala, leher dan juga punggung sang bayi dan saat sang buah hati sudah siap untuk menyusu usahakan agar bagian puting dan areola (bagian hitam di sekitar puting susu) masuk seluruhnya ke mulut sang bayi. Hal terakhir tadi merupakan kunci penting guna mencegah tidak ada lagi gas yang masuk ke dalam saluran pencernaan bayi.

  • Cek ukuran dot bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi berikut ini sebenarnya memiliki peran yang sama seperti pada posisi bayi saat menyusui. Jika bayi anda sering menggunakan dot untuk minum susu maka anda perlu memperhatikan dengan seksama apakah ukuran dot yang ia gunakan pas atau tidak. Dengan menggunakan ukuran dot yang pas dengan ukuran mulut sang bayi, maka kemungkinan kemasukan gas berlebih ke dalam saluran pencernaannya akan berkurang.

  • Hentikan pemberian susu formula

Berikutnya cara mengatasi perut kembung pada bayi yang juga sering kali luput dari perhatian ibu adalah penggunaan susu formula. Seperti kita ketahui bersama, bahwa seorang bayi diharuskan mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya dan baru bisa diberikan makanan penambah ASI setelah usia tersebut. Hanya saja saat ini karena berbagai alasan, seorang ibu sering tidak bisa memberikan ASI eksklusif tersebut dan harus menggantinya dengan susu formula.

Pemberian susu formula pada seorang bayi dimana saluran cerna mereka belum bisa mencerna setiap makanan dengan baik akan menyebabkan kegagalan dalam proses pencernaan itu sendiri. Selanjutnya proses pencernaan yang tidak lancar ini akan menyebabkan kuman tertentu di dalam saluran cerna, memproduksi gas dan menimbulkan perut kembung.

Untuk itu, perhatikanlah apakah sang buah hati merasa kembung setelah ia mengkonsumsi susu formula atau tidak. Jika ya, maka sebaiknya anda menghentikan dulu pemakaian susu formula tersebut dan segera periksakan sang buah hati ke dokter guna mendapatkan diagnosis yang tepat dan juga terapi lebih lanjut. Hal ini disebabkan oleh perut kembung karena penggunaan susu formula dapat menyebabkan anak anda juga mengalami diare.

Setelah melihat apa saja cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa kita lakukan di rumah dan bagaimana cara mencegah agar sang buah hati tidak mengalami perut kembung ini, sebagai orang tua kita memang dituntut untuk lebih mewaspadai hal-hal kecil yang berhubungan dengan kesehatan sang bayi.

Mulai dari kebersihan makanan dan alat makan yang digunakan untuk memberi makan sang buah hati, pilihan dan jenis makanan yang baik bagi tumbuh kembangnya bahkan hingga proses pengolahan makanan-makanan tersebut. Jika anak anda mengalami kembung perut dan setelah anda melakukan tips sederhana cara mengatasi kembung pada bayi di atas namun tidak ada perbaikan, jangan panik! Segera periksakan anak anda ke dokter atau tenaga kesehatan terdekat guna mendapat penanganan yang tepat.

Hal ini mengingat bayi dan anak-anak sangat sering mengalami perburukan kondisi yang terjadi dalam waktu cepat, maka jangan tunggu waktu lama untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka ke dokter. Demikianlah sedikit tips sederhana untuk mengatasi perut kembung pada bayi anda. Sebagai orang tua, anak memang merupakan titipan dari Tuhan yang harus kita cintai dan kita jaga sepenuh hati kita. Semoga anak anda sehat selalu dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *