invisible hit counter

Tips dan Cara Cepat Tinggi yang Dapat Anda Lakukan!

Banyak orang mencari cara cepat tinggi dan formula untuk menambah tinggi badan yang alami dan aman. Sebagian orang ingin menambah tinggi badan karena profesi yang hendak mereka geluti menuntut agar memiliki tinggi badan yang lebih. Sebagian lainnya ingin menambah tinggi badan semata untuk meningkatkan rasa percaya diri dan agar mereka memiliki daya tarik yang lebih di mata lawan jenis. Memang, tinggi badan seseorang dapat mempengaruhi persepsi orang tersebut terhadap dirinya sendiri. Orang yang tidak begitu tinggi biasanya sensitif terhadap segala sesuatu yang berkenaan dengan tinggi badannya, dan menjadi kurang percaya diri karenanya.

Tinggi badan seseorang sebenarnya sangat ditentukan oleh gen yang diturunkan dari kedua orangtua. Memang, memiliki orangtua yang pendek tidak lantas serta-merta memvonis Anda juga akan bertubuh pendek. Sama halnya dengan memiliki orangtua yang tinggi tidak menjamin Anda juga akan bertubuh tinggi. Namun, apabila kedua orangtua Anda bertubuh pendek, besar kemungkinan Anda juga akan bertubuh pendek, demikian pula sebaliknya.

Ketahuilah Cara Cepat Tinggi Melalui Beberapa Tips Berikut!

Meskipun faktor genetik berperan besar dalam menentukan tinggi badan Anda, jangan buru-buru berkecil hati. Ingatlah bahwa beberapa aspek pada tubuh manusia tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik, melainkan juga faktor dari luar (seperti misalnya nutrisi, olahraga, dan lingkungan). Dalam tubuh manusia terdapat hormon pertumbuhan yang mengatur tinggi badan. Beberapa cara cepat tinggi di bawah ini dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kerja hormon pertumbuhan tersebut agar tinggi badan Anda meningkat.

  • Makan makanan bergizi

Jika Anda ingin menambah tinggi badan maka mulai sekarang Anda harus memperhatikan asupan makanan Anda sehari-hari. Agar hormon pertumbuhan bekerja dengan optimal, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, kalsium, karbohidrat, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan harian tubuh Anda. Untuk memastikan Anda mengkonsumsi cukup asupan makanan, aturlah pola makan mengikuti jam-jam yang sama tiap harinya. Idealnya, Anda seharusnya makan tiga kali dalam sehari dengan porsi yang tidak begitu banyak, diselingi camilan sehat di antaranya.

Protein, kalsium, niasin, vitamin D, dan zat besi sangat Anda butuhkan sebagai cara cepat tinggi dari sisi pemenuhan nutrisi. Protein sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan. Usahakan dua menu makanan Anda dalam satu harinya mengandung protein, yang dapat diperoleh dari daging, telur, keju, kedelai, maupun kacang-kacangan lainnya. Kalsium banyak terdapat dalam susu, produk susu, dan sayuran berdaun hijau. Kalsium tidak hanya berperan dalam pertumbuhan tulang (pertumbuhan tulang yang optimal akan secara otomatis meningkatkan tinggi badan) namun juga mencegah pengeroposan tulang.

Vitamin D antara lain terdapat pada ikan dan jamur. Vitamin D sangat penting, khususnya pada anak-anak, karena selain mendukung pertumbuhan tulang dan otot juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal begitu anak-anak menginjak fase pubertas. Jika Anda tidak begitu suka ikan, Anda dapat mengkonsumsi minyak ikan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang adekuat. Senada dengan vitamin D, zat besi pun berperan penting dalam pertumbuhan. Kerang, kacang tanah, telur, dan asparagus adalah contoh makanan yang mengandung zat besi tinggi.

  • Olahraga

Apabila sudah melewati usia tertentu, biasanya kemungkinan seseorang untuk bertambah tinggi makin kecil. Akan tetapi olahraga tetap dapat dilakukan untuk membantu seseorang bertambah tinggi melewati batas tersebut. Ada banyak pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan sebagai cara cepat tinggi, misalnya berenang, bersepeda, lompat tali, lari, atau yoga. Prinsip olahraga tersebut dalam menambah tinggi badan adalah melalui mekanisme peregangan otot pada setiap gerakan yang dihasilkan dan stimulasi pada hormon pertumbuhan.

Berenang, misalnya. Olahraga berenang telah lama dipercaya mampu menambah tinggi badan karena terjadi peregangan otot tangan dan kaki yang membuatnya bertambah panjang sehingga dapat menambah tinggi badan. Demikian juga dengan olahraga lari, lompat tali, maupun bersepeda. Jika Anda memilih olahraga bersepeda, sedikit naikkan sadel Anda supaya memicu otot kaki agar bertambah panjang untuk dapat mencapai kayuhan.

  • Cukup tidur

Penambahan tinggi badan yang pesat akan terjadi pada masa remaja dan praremaja. Itulah sebabnya pada dua kelompok usia tersebut waktu tidur yang mencukupi sangat penting, setidaknya 8 jam dalam sehari. Pada waktu tidur, hormon pertumbuhan akan diproduksi secara alami oleh tubuh. Tidur yang berkualitas akan membantu tubuh memproduksi hormon pertumbuhan dengan maksimal. Untuk itu, apabila Anda mencari cara cepat tinggi, Anda harus memperbaiki kualitas tidur Anda.

Buatlah jadwal kapan Anda harus tidur dan bangun tiap harinya. Ciptakan lingkungan kamar tidur yang bersih, nyaman, dan tidak berisik. Matikan lampu atau gunakan lampu yang temaram. Jauhkan alat elektronik seperti televisi atau telepon genggam yang dapat mendistraksi Anda. Hindari makan berat terlalu dekat dengan waktu tidur (beri jeda setidaknya 3-4 jam). Jika Anda masih juga sulit tidur, cobalah mandi air hangat atau minum secangkir teh chamomile panas sebelum tidur.

  • Mandi sinar matahari

Vitamin D selain dapat diperoleh secara alami dari makanan, juga dari sinar matahari. Vitamin D tidak hanya memegang kunci dalam peningkatan tinggi badan. Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin D, tidak hanya ia beresiko memiliki tubuh yang pendek, namun juga tulang yang lemah. Untuk itu, tidak heran jika mandi sinar matahari selama 20-30 menit banyak dianjurkan para ahli sebagai cara cepat tinggi dan untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk menghindari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya, ‘berjemur’lah pada pagi dan sore hari.

  • Hindari kopi dan rokok

Apakah kopi dapat secara langsung menghambat pertumbuhan Anda? Mungkin tidak. Akan tetapi, kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu kualitas tidur. Padahal, seperti yang telah disebutkan, tidur berkualitas sangat penting untuk membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang cukup untuk menambah tinggi badan. Hindari kopi apabila Anda ingin meningkatkan tinggi badan Anda.

Di sisi lain, efek rokok terhadap tinggi badan belum dapat dijelaskan secara pasti. Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh Columbia University’s Internet Health Resource, perokok atau individu yang terpapar asap rokok memiliki tinggi badan yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok atau yang jarang terpapar asap rokok.

  • Memelihara postur tubuh yang baik

Makan makanan bergizi, tidur cukup, olahraga, dan berbagai cara cepat tinggi lainnya akan menjadi tidak berarti apabila Anda masih memiliki kebiasaan berjalan membungkuk. Ini adalah postur tubuh yang kurang baik dan harus dihindari. Postur tubuh yang baik adalah apabila kepala dan leher berada pada satu garis lurus (tegak).

Postur tubuh yang baik dapat merilekskan otot, mengurangi beban yang tak perlu pada otot dan tulang, dan membuat tulang belakang Anda lebih lurus sehingga terkesan dapat ‘menambah’ tinggi badan Anda. Untuk itu, mulai sekarang ingatlah untuk selalu berjalan dengan tubuh tegak. Apabila duduk, pertahankan bahu Anda tetap lurus dan naikkan sedikit dagu Anda. Cara ini tidak hanya dapat membuat Anda tampak lebih tinggi, namun juga dapat membuat sikap Anda tampak lebih anggun dan elegan.

Lepas dari beberapa cara cepat tinggi yang telah disebutkan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, apalagi jika rata-rata anggota keluarga Anda memiliki tinggi badan yang lebih. Beberapa kondisi medis seperti kekurangan hormon pertumbuhan atau penyakit autoimun dapat menghambat pertumbuhan seseorang. Jika Anda merasa telah mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik, tidur cukup, rutin berolahraga, dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi badan namun tidak berhasil, jangan ragu-ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter Anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *