invisible hit counter

Tips Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu

Previous 1 2
  1. Sistem Fundus Uteri

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu selanjutnya adalah dengan cara fundus uteri atau puncak rahim. Anda bisa melakukannya dengan cara meraba bagian rahim terutama pada bagian yang terasa menonjol di bagian perut. Cara menghitungnya bisa Anda lakukan mulai dari tulang kemaluan. Jika kiranya jarak tulang kemaluan sampai puncak rahim atau fundus uterinya sekitar 28 cm, bisa diperkirakan usia kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke-28. Sedangkan pada minggu ke-36 jaraknya akan bertambah menjadi 36 cm. Apabila berat badan Anda normal, Anda bisa hitung jarak tersebut dengan cara meletakkan dua jari mulai dari tulang kemaluan sampai fundus Uteri. Teorinya adalah, setiap dua jari Anda menandakan 2 minggu usia kehamilan Anda.

  1. Deteksi Gerakan Janin

Selain dua cara sebelumnya, ada juga cara yang sangat mudah dilakukan tetapi mungkin keakuratannya tidak bisa dipastikan 100%. Anda bisa mengetahui usia kehamilan Anda dengan cara merasakan gerakan janin yang ada di dalam perut Anda. Jika janin sudah mulai bergerak-gerak dalam perut dan Anda sudah isa merasakannya, diperkirakan kehamilan Anda sudah memasuki minggu 18 sampai minggu ke-20. Namun usia 18-20 minggu tersebut diperuntukkan bagi Anda yang baru pertama kali hamil. Sedangkan untuk wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil, jika tanda-tanda tersebut terjadi berarti usia kehamilannya sudah memasuki minggu ke-16 – ke-18.

  1. Kalkulator Masa Subur

Cara yang terakhir adalah dengan cara yang disebut dengan kalkulator masa subur. Cara ini juga bisa menjadi cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT. Cara ini dibuat khusus untuk menghitung berapa usia kehamilan Anda. Cara ini mungkin adalah cara yang sudah cukup modern dan bisa Anda lakukan secara instan tanpa harus melakukan penghitungan yang rumit. Kalkulator masa subur biasanya bisa Anda lakukan dengan aplikasi. Anda tinggal menggerakkan mouse memutar lingkaran sesuai dengan kondisi kehamilan saat itu. Dari situ Anda akan mendapatkan data mengenai usia kehamilan, kondisi janin, sekaligus tanggal lahir anak Anda. Akan tetapi yang perlu Anda ingat dengan cara menghitung usia kehamilan dalam minggu ini adalah cara ini hanya akan memberikan gambaran secara umum saja. Akan tetapi untuk lebih akuratnya mungkin Anda bisa gunakan cara menghitung kehamilan secara manual.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu dengan Metode Modern

Nah, selain dengan beberapa cara mudah dan juga manual dalam penghitungan usia kehamilan dan juga tanggal perkiraan lahir, ada juga metode medis yang sudah modern yang memungkinkan Anda mengetahui usia kehamilan dan juga tanggal kelahiran lebih akurat. Keakuratannya bahkan mencapai angka 95 persen. Cara ini dikenal dengan Ultrasonografi atau USG. Melalui USG Anda bisa menghitung usia kehamilan, kapan lahir, sekaligus bisa melihat gambar janin Anda dalam grafis 3 dimensi. Cara menggunakan USG ini bisa dilakukan jika usia hamil Anda sudah memasuki antara 4-6 minggu kehamilan. Pemeriksaan USG sendiri ada dua jenisnya, yaitu USG transvaginal dan juga USGtransabdominal. Apa perbedaan keduanya? Transvaginal adalah pemeriksaan yang dilakukan melalui jalan lahir, sedangkan transabdominal adalah melalui dinding perut. Dan biasanya dokter lebih menyarankan pemeriksaan USG transvaginal untuk mengetahui kondisi kehamilan saaat itu juga.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara menghitung usia kehamilan dalam minggu, baik cara menghitung usia kehamilan secara manual atau secara modern yang bisa dilakukan dengan USG. Semoga sedikit artikel ini dapat memberi penjelasan mengenai cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan membantu Anda merawat kehamilan sesuai usia kehamilan. Terima kasih.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *