invisible hit counter

Tips Cara Menambah Nafsu Makan yang Bisa Anda Coba

Tips Cara Menambah Nafsu Makan yang Bisa Anda CobaCara menambah nafsu makan seringkali menjadi topik kesehatan yang ramai dibicarakan. Ya, ternyata memang tidak sedikit orang yang mempunyai nafsu makan yang sedikit dan kurang. Bahayanya bila hal ini terus berlanjut maka akan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tubuh butuh banyak nutrisi yang mana ini secara mayoritas didapatkan lewat makanan. Memang kita bisa mengonsumsi suplemen, namun sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan terus-menerus, hanya saat dibutuhkan saja, seperti saat kelelahan yang luar biasa atau dalam masa penyembuhan setelah sakit.

Terdapat banyak alasan dibalik menghilangnya atau menurunnya nafsu makan. Kurangnya nafsu makan dapat merupakan efek samping dari obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Nafsu makan juga biasanya akan menghilang saat seseorang mengalami depresi atau juga saat mempunyai kecemasan yang tinggi. Tidak jarang juga kehilangan nafsu makan disebabkan oleh penyakit medis yang sedang mampir di tubuh Anda. Atau bisa juga sekedar karena bosan dengan banyak menu makanan yang selama ini Anda konsumsi. Namun tidak memandang penyebabnya, cara menambah nafsu makan sangat dibutuhkan di orang-orang ini untuk membantu mereka mendapatkan berat badan yang ideal kembali.

Berbagai Cara Menambah Nafsu Makan yang Bisa Anda Coba

Makan adalah kebutuhan tubuh yang pokok. Mengonsumsi makan terlalu sedikit atau di bawah jumlah kebutuhan tubuh akan menyebabkan kekebalan tubuh rendah, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, dan lain sebagainya. Memenuhi kebutuhan makan sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh akan meningkatkan produktivitas, karena metabolisme tubuh akan lancar dan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Inilah beberapa cara menambah nafsu makan yang bisa Anda coba.

  • Makan Sesuai Jadwal

Salah satu cara menambah nafsu makan yang efektif adalah dengan memaksa diri Anda untuk makan sesuai jadwal yang ditentukan. Meski pada awalnya terasa berat dan sulit, berjuanglah dan paksakan diri Anda untuk mentaati jadwal yang telah Anda buat tersebut. Bila Anda sudah terbiasa dengan jam makan tersebut, Anda akan mulai merasa lapar dan munculnya keinginan untuk makan pada jam-jam makan Anda. Paksakan diri Anda dan jangan menyerah.

  • Hindari Minum Sebelum Makan

Mengisi perut dengan air minum sebelum makan adalah ide buruk bagi mereka yang ingin menambah nafsu makan. Air minum yang diminum sebelum makan akan membuat perut lebih kenyang sehingga akan sangat menurunkan nafsu makan. Janganlah minum apapun minimal 1,5 jam sebelum waktu makan berat Anda yang berikutnya. Niscaya menghindari asupan minuman sebelum makan dapat menjadi cara menambah nafsu makan yang efektif.

  • Olahraga

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang rutin bukan hanya harus dilakukan oleh mereka yang berusaha menurunkan berat badan, namun juga pada orang yang mencari cara menambah nafsu makan. Olahraga terbukti dapat meregulasi hasrat atau nafsu makan seseorang dalam kadar yang optimal, yang artinya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Lakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, jogging atau berenang. Selain membantu meregulasi nafsu makan dan membuat orang merasa lebih lapar karena beraktivitas, olahraga juga dapat membantu menghapus stress psikologis yang biasanya membuat orang tidak nafsu makan.

  • Multivitamin dan Zinc

Keadaan kurang vitamin dan mineral Zinc dapat memberikan gejala menurunnya nafsu makan. Vitamin yang dimaksud terutama berbagai macam vitamin B. Cobalah melibatkan makanan dengan kandungan berbagai macam Vitamin B dalam diet Anda. Bila perlu, Anda juga dapat bekonsultasi ke dokter mengenai suplementasi zinc. Kekurangan zinc dalam tubuh pun dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Bila dokter Anda setuju, konsumsilah zinc agar membantu merangsang dan meningkatkan nafsu makan Anda.

Di halaman 2 masih ada banyak lagi cara menambah nafsu makan yang bisa Anda coba.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *