invisible hit counter

Timbul Flek Coklat sebelum Haid, Berbahaya ataukah Normal?

Timbul Flek Coklat sebelum Haid, Berbahaya ataukah Normal?Bagi sebagian besar wanita mengalami flek coklat sebelum haid merupakan hal biasa yang selalu mewarnai siklus bulanan ini, akan tetapi apakah hal ini normal terjadi pada wanita? Keluarnya flek coklat sebelum haid memang bisa bermacam-macam penyebabnya, baik merupakan respon normal tubuh terhadap perubahan terutama kondisi hormonal di dalam tubuh wanita hingga tanda bahwa terjadi sesuatu dengan alat reproduksi Anda.

Flek yang keluar sebelum haid biasanya terjadi selama 1-2 hari, warna flek yang keluar juga bisa merah seperti darah atau merah muda dan flek coklat yang sering terjadi. Berita baik bagi Anda yang sering mengalami keluhan flek coklat sebelum haid karena keluhan ini tidak selalu berarti buruk dan dapat dijadikan pertanda sistem reproduksi seorang wanita yang normal, mengapa demikian? Untuk itu mari kita simak penjelasan mengenai apa saja daftar penyebab timbulnya flek coklat sebelum haid dalam artikel berikut ini!

Daftar Penyebab Flek Coklat sebelum Haid yang Perlu Diketahui

Keluarnya flek coklat sebelum haid sering dijadikan salah satu tanda Premenstrual syndrome (PMS) yakni kumpulan gejala yang timbul pada wanita sebelum menstruasi. Keluarnya flek atau bercak sebelum haid ini bukan satu-satunya gejala yang timbul pada keadaan PMS karena selain itu ada juga nyeri kepala, mual dan demam. Untuk lebih jelas mari kita simak pembahasannya berikut ini!

1. Tanda terjadi ovulasi.

Penyebab pertama seorang wanita mengalami flek coklat sebelum haid adalah tanda ovulasi. Ovulasi sendiri adalah sebuah proses dimana ovum (sel telur) dikeluarkan oleh indung telur seorang wanita dan merupakan awal dari rangkaian proses menstruasi. Setelah ovulasi terjadi dan sel telur seorang wanita dikeluarkan ia akan bertahan 3-5 hari di dalam saluran tuba yang menghubungkan indung telur dengan rahim untuk dibuahi oleh sperma.

Setelah proses ovulasi terjadi indung telur wanita menjalani proses yang disebut fase luteal dalam istilah medis, dimana terjadi peningkatan sejumlah hormon guna mempersiapkan kehamilan (salah satunya adalah penebalan dinding rahim) oleh sisa sel telur yakni corpus luteum. Saat inilah dimana seorang wanita akan merasakan keluar flek berwarna coklat, keluhan ini biasanya terjadi 8-10 hari sebelum menstruasi. Jika tidak terjadi pembuahan pada sel telur oleh sperma maka sel telur akan mati namun penebalan rahim dan fase luteal pada indung telur wanita akan tetap berlangsung selama 14 hari, dan pada hari ke-15 akan berhenti sehingga lapisan dalam dinding rahim akan luruh dan menjadi darah menstruasi.

2. Kadar hormon progesteron yang rendah.

Selanjutnya penyebab keluarnya flek coklat sebelum haid pada wanita dan masih berhubungan dengan kondisi hormonal adalah rendahnya kadar hormon progesteron dalam tubuh wanita. Progesteron adalah salah satu hormon yang berperan dalam fase luteal indung telur yang sudah kami sebutkan di atas dan rendahnya hormon ini bisa menyebabkan Anda mengalami spotting atau bercak sebelum mengalami menstruasi.

3. Pertanda hamil.

Salah satu alasan mengapa seorang wanita mengalami flek coklat sebelum haid adalah kehamilan. Biasanya tanda kehamilan yang dirasakan adalah amenorrhea atau tidak mengalami menstruasi namun sebelum berhenti mengalami siklus bulanan ini seorang wanita dapat mengalami keluar bercak atau flek coklat dari jalan lahir. Sejumlah teori juga menyatakan bahwa flek yang keluar merupakan tanda bahwa telah terjadi penanaman hasil konsepsi atau pembuahan pada dinding rahim wanita yang telah hamil.

Proses ini disebut implantasi dalam dunia kedokteran dan jika flek coklat ini pertanda kehamilan maka ia hanya akan timbul sekali sebelum Anda mengalami periode berhenti menstruasi. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi wanita yang telah menikah dan sedang menunggu kehadiran sang buah hati, namun untuk memastikan kabar gembira ini Anda perlu melakukan pemeriksaan kehamilan pada dokter atau bidan.

4. Penggunaan alat kontrasepsi.

Apakah Anda dan pasangan mengikuti program keluarga berencana (KB) dan sedang menggunakan alat kontrasepsi? Jika benar, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir karena flek coklat sebelum haid bisa terjadi karena penggunaan alat KB terutama yang mengandung hormon, yaitu KB suntik dan pil KB.

Mungkin dokter atau bidan yang memberi edukasi mengenai program KB sudah memberitahu Anda bahwa sebagian besar alat KB yang mengandung hormon akan berpengaruh pada kondisi dinding rahim dan berujung pada timbulnya bercak dari jalan lahir serta merupakan salah satu efek samping penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Bercak atau flek yang timbul sering terjadi ketika Anda baru memulai atau menghentikan penggunaan kontrasepsi hormonal.

5. Ketidakseimbangan hormon.

Masih berhubungan dengan kondisi hormon dalam tubuh wanita, beberapa penyakit dari organ lain diluar sistem reproduksi wanita dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal seperti penyakit kelenjar tiroid. Perlu Anda ketahui jika penyakit tiroid adalah penyebab timbulnya flek coklat sebelum haid maka Anda pasti akan mengalami keluhan lain seperti keringat berlebih, jantung berdebar-debar, mata yang terlihat melotot dengan nafsu makan yang tinggi namun berat badan tidak kunjung bertambah.

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah Anda mengalami penyakit ini atau tidak, selain itu Anda juga perlu memperhatikan penggunaan obat-obatan tertentu terutama pengencer darah seperti aspirin.

6. Penyakit genital wanita.

Beberapa penyakit genital dan sistem reproduksi wanita juga bisa menjadi penyebab timbulnya bercak coklat sebelum haid loh! Penyakit seperti infeksi genitalia wanita dan infeksi dinding panggul wanita (Pelvic Inflammatory Disease) sering menimbulkan flek coklat yang keluar dari jalan lahir seorang wanita bahkan hingga perdarahan. Hal ini tentu saja bukan merupakan hal yang baik bagi wanita, untuk itu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

7. Penyakit serius sistem reproduksi wanita.

Penyebab timbulnya flek coklat sebelum haid yang terakhir akan kami bahas adalah kanker, seperti pada kanker mulut rahim (kanker serviks) dan juga kanker dinding rahim. Keganasan pada organ reproduksi ini tentu tidak hanya menimbulkan bercak, melainkan adanya perdarahan dan juga penurunan berat badan yang berarti namun tanpa alasan yang jelas.

Demikianlah sejumlah alasan timbulnya flek coklat sebelum haid yang bisa kami bagikan pada para pembaca sekalian. Seperti yang sudah kita sama-sama lihat bahwa penyebab keluhan ini cukup beragam mulai dari hal yang normal terjadi hingga tanda dari penyakit sistem reproduksi seorang wanita. Untuk itu sebagai wanita Anda perlu memperhatikan apakah keluhan ini makin parah atau tidak, seberapa sering timbulnya, apakah keluhan flek coklat ini disertai keluhan lain dan apakah warna flek yang timbul berubah atau tidak. Setelah itu cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter dan ceritakan semua hal tadi pada dokter yang memeriksa Anda, karena poin-poin ini bisa membantu dokter menetapkan diagnosis yang tepat. Akhir kata semoga artikel ini berguna bagi kita semua dan Anda senantiasa sehat wal afiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *