invisible hit counter

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Anda Ketahui

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Anda KetahuiBanyak masyarakat yang masih belum mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi. Padahal kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi yang berbahaya hingga dapat merenggut nyawa. Sayangnya lagi, keadaan kolesterol tinggi banyak sekali terjadi pada masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Sehingga mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi merupakan suatu pengetahuan yang perlu Anda ketahui.

Kolesterol merupakan suatu kata yang menakutkan banyak orang. Padahal tidak semua kolesterol itu buruk. Secara keseluruhan, kolesterol yang rendah merupakan hal yang baik kecuali jenis kolesterol HDL yang justru harus tinggi. Kolesterol sebenarnya diperlukan untuk regenerasi sel tubuh, namun keadaan yang terlalu tinggi dapat membuat kita berisiko terkena banyak penyakit. Maka tanda-tanda kolesterol tinggi sebaiknya Anda ketahui.

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Berbahaya

Menilik bahaya kolesterol, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengapa kolesterol tinggi itu buruk. Kadar kolesterol dalam darah tidak selalu berkorelasi dengan berat badan atau komposisi lemak di bawah kulit. Ada orang dengan berat badan berlebih yang memiliki komposisi kolesterol darah yang baik dan tak jarang juga orang dengan berat badan ideal yang kadar kolesterol dalam darahnya buruk.

Sebenarnya, kata kuncinya adalah ‘dalam darah’. Ya, kolesterol dalam darahlah yang berbahaya. Mengapa? Karena kolesterol, yang adalah lemak, yang berada di dalam darah dapat menimbun dan melapisi dinding pembuluh darah. Bila penumpukan kolesterol semakin tinggi, maka rongga pembuluh darah semakin sempit. Keadaan ini berbahaya karena dapat menyebabkan organ tubuh kehilangan atau kekurangan asupan darah yang membawa oksigen dan nutrisi.

Berikut adalah tanda-tanda kolesterol tinggi dalam darah :

  • Awalnya tidak bergejala

Meski populer di tengah masyarakat bahwa tanda-tanda kolesterol tinggi dalam darah adalah terasa pegal di pundak atau tengkuk, namun pernyataan tersebut tidak selalu benar. Dari sudut pandang ilmu kedokteran, kolesterol tinggi tidak akan menyebabkan pundak atau tengkuk pegal bila keadaan kolesterol tinggi masih di tahap awal. Namun justru hal ini perlu sangat diwaspadai. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pula orang yang merasa dirinya sehat padahal kadar kolesterol dalam darahnya tinggi. Dan biasanya baru ketahuan mempunyai kolesterol tinggi ketika tanda-tanda yang berbahaya sudah muncul

  • Periksa kadar kolesterol darah di laboratorium

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang paling pasti adalah bila hasil tes kolesterol di laboratorium menunjukkan angka yang tinggi. Karena pada awalnya tidak bergejala, maka hal paling bijak yang dapat dilakukan adalah untuk memeriksakan kadar kolesterol ke laboratorium bila sudah menginjak usia 20 tahun. Bila mungkin ulangi dalam 2 tahun sekali. Angka kadar kolesterol yang tinggi dapat menjadi tanda bahaya dan waspada sebelum organ tubuh Anda terserang oleh penyakit yang lebih berat seperti misalnya serangan jantung.

  • Nyeri dada

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang berbahaya adalah bila terasa nyeri dada. Ini merupakan salah satu gejala penyakit jantung. Penyakit jantung yang dapat timbul karena kolesterol tinggi ialah serangan jantung dan gejala serangan jantung. Yang dimaksud dengan gejala penyakit jantung ialah keadaan dimana jantung kekurangan oksigen dari darah sehingga terasa nyeri namun sel jantung masih hidup. Sedangkan serangan jantung sendiri ialah keadaan dimana jantung tidak mendapat oksigen sehingga sel jantung mati.

Nyeri dada yang khas pada penyakit jantung ialah nyeri yang dirasakan di dada kiri, atau di ulu hati, terasa seperti tertindih atau tertekan benda berat, dapat menjalar ke lengan, pundak dan rahang kiri serta disertai keluarnya banyak keringat dingin.

  • Kaki cepat pegal, kesemutan dan mati rasa ketika aktivitas

Ini merupakan tanda-tanda kolesterol tinggi bila organ otot dan saraf di kaki kekurangan asupan nutrisi dari darah. Gejala yang dirasakan ialah cepat merasa pegal, kesemutan atau mati rasa di kaki setelah beraktivitas seperti berjalan atau berlari. Khasnya, perasaan tersebut akan menghilang dan membaik bila kaki diistirahatkan. Bila parah, kaki akan cepat terasa pegal, kesemutan dan mati rasa padahal aktivitas yang dilakukan termasuk ringan. Bahkan pada stadium akhir, kaki akan merasakan sensasi tidak nyaman tersebut ketika beristirahat dan dapat terasa dingin terus menerus.

  • Stroke dan gejala stroke

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang berbahaya lainnya ialah bila sudah terjadi stroke atau gejala stroke. Penyakit stroke merupakan suatu penyakit yang disebabkan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga otak kekurangan oksigen. Gejala dari stroke sendiri ialah tidak dapat menggerakkan tangan atau kaki di satu sisi (misalnya kanan saja), bicara rero, tidak dapat menggerakan muka, merasa kesemutan atau mati rasa di satu sisi, bahkan dapat membuat orang yang menderitanya tidak dapat berbicara sama sekali.

Kiat Serta Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Dapat Anda Lakukan

Tanda-tanda kolesterol tinggi terutama yang sangat membahayakan memang menakutkan. Sayangnya banyak juga masyarakat yang takut memeriksakan kadar kolesterol dalam darahnya karena khawatir tidak dapat hidup dengan nyaman dan enak lagi. Memang melakukan cara menurunkan kolesterol tinggi merupakan perubahan gaya hidup yang harus dilakukans seumur hidup. Namun tetap saja mencegah leboh baik daripada mengobati. Apalagi mengobati penyakit yang terjadi karena kolesterol tinggi.

Berikut beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi :

  • Menjaga pola makan. Tidak perlu pantang makanan, hanya cukup mengurangi makanan dengan lemak tinggi seperti makanan yang digoreng dan daging yang berlemak. Ijinkan diri Anda tetap mengkonsumsi makanan ini namun batasi jumlahnya.
  • Mencapai berat badan idela. Memang kadar kolesterol tidak berkorelasi dengan berat badan. Namun kelebihan berat badan dapat membuat Anda semakin berisiko menderita komplikasi tanda-tanda kolesterol tinggi.
  • Melakukan aktivitas fisik teratur. Tidak perlu melakukan olahraga berat yang sulit. Cukup berjalan kaki cepat atau jogging santai minimal 30 menit sehari yang dilakukan setiap hari 2 hari sekali.
  • Berhenti merokok. Paru-paru bukanlah target utama keburukan rokok, namun pembuluh darah juga. Sebenarnya, rokok tidak akan menambah kadar kolesterol darah, tapi dapat menimbun lebih banyak kolesterol di dinding pembuluh darah.
  • Jangan lupa obati penyakit medis lainnya. Yang dimaksud di sini terutama adalah penyakit diabetes atau kencing manis serta darah tinggi. Dua penyakit tersebut dapat bekerja sama dengan kolesterol tinggi untuk merusak organ-organ penting di tubuh Anda.

Kolesterol tinggi memang menakutkan. Tidak merasakan gejala bukan berartikadar kolesterol Anda normal namun bisa saja sudah mencapai nilai yang tinggi. Maka memeriksakan kadar kolesterol secara teratur merupakan hal yang sebaiknya dilakukan. Tingkatkan kewaspadaan Anda terutama bila tanda-tanda kolesterol tinggi sudah nyata. Dan ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat agar kesehatan Anda tetap terjaga optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *