invisible hit counter

Segudang Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh Kita

Segudang Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh KitaRasanya sudah cukup banyak iklan yang memberitakan apa saja bahaya merokok bagi kesehatan tubuh perokoknya. Namun, meski dengan iklan dan segala pemberitahuan public, banyak masyarakat yang masih belum paham benar mengenai apa saja bahaya merokok bagi kesehatan. Yang jelas, rokok akan mempengaruhi saluran pernapasan baik itu radang, melumpuhkan pertahanan tenggorokan serta memicu munculnya sel kanker. Bahkan selain pernapasan, asap rokok tak jarang menyerang dan melumpuhkan fungsi organ lainnya, seperti pembuluh darah, lambung dan kehamilan.

Inilah Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Waspadai

Sebelum membaca tulisan ini lebih lanjut, Anda sebaiknya mengetahui bahwa zat kimia yang terkandung di dalam asap rokok tidak sebatas masuk ke dalam paru-paru saja, namun juga ikut terbawa ke dalam tubuh. Jadi tidaklah mengherankan bila bahaya merokok tidak hanya melibatkan kerusakan saluran pernapasan, namun juga dapat melibatkan organ tubuh lainnya. Sayangnya banyak zat kimia dalam rokok yang mempunyai efek seragam terhadap semua jaringan yaitu merusak, merusak dan merusak. Lalu apa saja bahaya merokok bagi kesehatan yang sering terjadi?

  • Darah Tinggi dan Penyakit Jantung

Banyak sekali kasus darah tinggi dan penyakit jantung yang diakibatkan oleh bahaya merokok. Asap rokok mengandung radikal bebas yang dapat merusak fungsi pembuluh darah pada tubuh, salah satunya adalah menimbulkan radang kronis, penyempitan pada pembuluh darah serta lebih banyaknya penimbunan lemak pada lubang pembuluh darah. Semua hal ini dapat menimbulkan meningkatnya tekanan darah hingga mencapai penyakit darah tinggi. Bila berlanjut dan banyak mengenai pembuluh darah yang menyalurkan nutrisi ke jantung, maka dapat timbul penyakit serangan jantung. Bahkan selain serangan jantung, bahaya merokok lainnya adalah menyebabkan gagal jantung serta kelainan irama jantung.

  • Penyakit Paru-Paru Obstruksi Kronis

Tahukah Anda bahwa ada satu macam penyakit paru yang hampir ekslusif menyerang perokok berat? Ya, penyakit paru obstruksi kronis adalah bahaya merokok yang ditimbulkan karena rokok yang dihisap oleh penderitanya. Kasus penyakit ini biasanya menimpa seseorang dengan kebiasaan merokok sejak muda yang berlanjut hingga menginjak usia 40-50 an. Penyakit ini mulai menimbulkan gejaa biasanya pada usia 50 tahun ke atas. Gejalanya ialah sesak nafas, batuk kronis dan produksi dahak terus-menerus. Penderita pun rentan terkena infeksi virus dan bakteri ke paru karena fungsi organ parunya yang sudah banyak berubah. Celakanya, penyakit ini tidak dapat disembuhkan.

  • Risiko Kanker Paru

Tahukah Anda bahwa penyakit kanker paru-paru banyak sekali yang memiliki asap rokok sebagai penyebab utamanya? Asap rokok yang dihirup ke saluran pernapasan akan juga menyentuh paru-paru. Celakanya, terdapat radikal bebas berbahaya di dalam asap rokok tersebut, sehingga paparan asap rokok ke paru-paru yang berlangsung lama dapat mengubah jaringan dan sel paru-paru secara permanen. Perubahan inilah yang akan menimbulkan kondisi kanker paru.. Bahaya merokok yang satu ini jelas sangat merugikan karena kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling berbahaya dan mempunya potensi menyebar ke organ lain dengan cepat.

  • Risiko Stroke

Zat yang terkandung di dalam rokok, terutama radikal bebasnya dapat memicu kerusakan pada pembuluh darah. Salah satunya dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah otak. Hal ini yang menjadi alasan perokok dapat terserang stroke 50% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok. Apalagi, merokok juga dapat mempengaruhi kondisi tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi. Rokok pun dapat meningkatkan aneurisma otak, yaitu suatu kondisi dimana pembuluh darah otak menipis dan melebar. Aneurisma otak membuat pembuluh darah otak rentan pecah sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan kematian.

  • Risiko Kanker Mulut, Lidah dan Tenggorokan

Asap rokok yang langsung mengiritasi mulut dan saluran napas lainnya dapat menimbulkan kanker pada daerah tersebut. Bahaya merokok yang satu ini tidak dapat diesepelekan, karena kebanyakan kanker lidah, mulut dan tenggorokan merupakan kanker yang yang sangat sering ditimbulkan karena rokok. Dan sudah rahasia umum bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan.

  • Radang Tenggorokan Kronis

Banyak perokok yang mengeluhkan ia mengeluarkan dahak hampir setiap hari, entah dahak kental atau pun cair. Ya, bahaya merokok kali ini adalah asap rokok yang menyerang tenggorokan, yaitu menimbulkan radang kronis. Salah satu gejala radang yang timbul adalah keluarnya dahak meski tidak batuk. Gejala lain adalah nyeri tenggorokan yang berulang, penyakit pembesaran amandel yang berulang serta infeksi tenggorokan yang berulang. Hal ini lumrah karena rokok mempunyai efek merusak pertahanan saluran pernapasan.

  • Asam Lambung Naik

Bahaya merokok lainnya selain menyerang paru-paru adalah juga menyerang organ lambung, yaitu rokok dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan hingga ke tenggorokan. Naiknya asam lambung merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi dan erat kaitannya dengan asap rokok. Gejalanya ialah kerongkongan terasa panas, kadang dada terasa sesak dan tercekik. Selain naiknya asam lambung, bahaya merokok lainnya adalah timbulnya luka atau perdarahan pada lambung.

  • Efek Buruk Pada Kehamilan

Merokok pada saat hamil, atau ibu hamil yang menghirup asap rokok saat hamil mempunyai risiko tinggi melahirkan anak yang kurang sehat sempurna. Bahaya merokok kali ini dapat menyerang kondisi kehamilan ibu serta janin di dalamnya. Merokok dapat menyebabkan kelahiran premature (sebelum waktunya), kematian bayi di dalam kandungan, bayi lahir dengan berat badan rendah, kematian mendadak pada bayi serta dapat menyebabkan kerusakan struktur tubuh yang permanen, seperti bibir sumbing.

  • Kencing Manis atau Diabetes

Meski bila dipandang sekilas mata penyakit kencing manis dengan merokok tidak memiliki hubungan, ternyata merokok aktif yang dilakukan secara rutin dapat menimbulkan penyakit kencing manis atau diabetes. Ya, perokok aktif memiliki risiko terkena diabetes sebanyak 30-40% lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selain itu, penderita kencing manis yang aktif merokok pun ternyata akan lebih sulit menurunkan dan mengatur kadar gula darah di kadar normal.

  • Gangguan Seksual

Ternyata, bahaya merokok tidak hanya didapatkan pada organ-organ vital di tubuh saja, namun juga dapat menyerang kehidupan seksual Anda. Hal ini terutama berlaku bagi kaum pria. Bahaya merokok pada pria adalah dapat menimbulkan impotensi yang sulit disembuhkan. Belum lagi asap rokok pun turut mempengaruhi sperma yang dihasilkan oleh pria, yaitu akan memiliki jumlah sel yang lebih sedikit, pergerakan yang kurang aktif dan bentuk yang tidak normal. Semua ini akan berdampak terjadinya infertilitas atau tidak suburnya seorang pria.

Selain penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas, masih banyak bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang belum disebutkan; seperti dapat merusak tulang dan gigi, menyebabkan radang pada sendi, memperparah kondisi asma, serta dapat pula menimbulkan keadaan penuaan dini. Dan selain kanker yang telah disebutkan di atas, asap rokok sebenarnya dapat menyebabkan kanker pada organ manapun karena adanya radikal bebas yang merusak sel serta jaringan di dalam tubuh bagian manapun. Bagaimana, apakah Anda masih mau mengorbankan sedikit uang saku Anda untuk membeli rokok yang memiliki segudang bahaya yang mematikan? Ambillah dan beranilah mengambil keputusan untuk berhenti merokok dan raih kembali masa depan yang sehat. Semoga artikel ini membuka wawasan serta menginspirasi Anda untuk menggapai kualitas kesehatan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *