invisible hit counter

Rekomendasi Buah untuk Ibu Menyusui yang Perlu Anda Tahu

Rekomendasi Buah untuk Ibu Menyusui yang Perlu Anda TahuBagi Anda para ibu yang sedang menyusui sang buah hati, mungkin bertanya-tanya apa saja jenis buah untuk ibu menyusui yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Sebagaimana kita ketahui, bahwa buah merupakan makanan bergizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, termasuk untuk ibu menyusui. Buah-buahan adalah sumber utama mineral dan vitamin yang sangat penting untuk memperlancar metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan perkembangan otak, meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesegaran kulit, menangkal radikal bebas, dan sebagainya.

Sedangkan untuk ibu yang sedang menyusui, buah berperan penting untuk meningkatkan produksi ASI, menjaga kesehatan dan kebugaran ibu, serta meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan dalam organ-organ penting pada tubuh bayi. Buah tentunya mudah ditemukan di sekitar kita dengan harga yang relatif terjangkau, yang Anda butuhkan adalah niat dan kemauan untuk menyediakan buah untuk ibu menyusui agar dapat mencukupi nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi.

Aneka Macam Buah Untuk Ibu Menyusui yang Dianjurkan

Semua buah pada umumnya mempunyai kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh manusia. Namun yang disajikan di sini adalah jenis buah yang diprioritaskan untuk ibu menyusui karena berbagai keutamaannya yang sangat baik untuk ibu dan sang buah hati. Aneka macam buah untuk ibu menyusui antara lain sebagai berikut:

  1. Apel

Apel merupakan buah untuk ibu menyusui yang sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi penting, antara lain vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, kalium, omega 3, dan zat antioksidan. Dengan konsumsi buah apel dapat memberikan manfaat meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan bayi agar terhindar dari penyakit, menjaga kestabilan berat badan ibu menyusui, menangkal radikal bebas, dan mempercantik kulit.

  1. Mangga

Mangga merupakan buah yang mengandung banyak fiber/serat. Buah mangga enak dikonsumsi baik sebagai jus maupun dikonsumsi secara langsung. Kandungan yang tersimpan di dalam mangga antara lain asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K, dan berbagai mineral penting seperti zat besi, magnesium, kalsium, tembaga, mangan, dan seng. Semua unsur vitamin dan mineral dalam buah mangga berperan dalam memperlancar metabolisme tubuh ibu dan bayi, melancarkan pencernaan, dan berperan dalam pembentukan serta penyerapan sel darah merah pada jaringan tubuh sehingga merupakan buah untuk ibu menyusui yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

  1. Pepaya

Buah pepaya dikenal memiliki kandungan vitamin A dan kaya akan serat. Pepaya sangat baik untuk sistem pencernaan ibu dan bayi serta menjaga kesehatan mata. Selain itu pepaya juga banyak mengandung vitamin C, vitamin B, omega 3, betakaroten, dan antioksidan. Dengan mengkonsumsi buah pepaya juga dapat menunjang perkembangan otak bayi serta dapat menangkal radikal bebas.

  1. Jeruk

Buah jeruk merupakan buah untuk ibu menyusui karena mengandung nutrisi penting seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan tentunya dikenal sebagai penghasil vitamin C dosis tinggi. Buah jeruk juga dikenal sebagai buah yang mengandung zat antioksidan. Dengan mengkonsumsi buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, menjaga kesegaran dan mempercantik kulit, serta terhindar dari anemia.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya energi sehingga sangat cocok sebagai buah untuk ibu menyusui. Alpukat memiliki rasa yang lezat dan sangat cocok untuk dibuat juss. Buah alpukat kaya akan asam lemak baik yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sang buah hati. Alpukat juga banyak mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, dan protein. Dengan mengkonsumsi buah ini badan ibu tidak mudah capek dan selalu segar.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *