invisible hit counter

Pro Kontra Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Pro Kontra Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu HamilSampai saat ini pro kontra mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil masih banyak dibahas pada berbagai forum baik secara online ataupun secara offline. Pasalnya meskipun mengandung banyak nutrisi dan gizi yang bisa menyehatkan tubuh dan janin ibu hamil, banyak juga ibu hamil yang punya anggapan bahwa susu kedelai ini bisa berdampak buruk bagi kandungannya. Nah, hal inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Pasalnya di Indonesia sendiri susu kedelai bukanlah jenis minuman baru, melainkan sudah diwariskan turun temurun dari nenek moyang. Khasiatnya untuk kesehatan pun sudah tidak diragukan lagi, karena di negara lain pun soy milk atau susu kedelai ini menjadi salah satu menu favorit bagi para vegetarian ataupun orang-orang yang ingin memulai hidup sehat. Namun demikian masalah pro dan kontra tidak akan ada selesainya karena setiap pihak pasti punya alasan kuat mengapa menganggap susu kedelai aman bagi ibu hamil atau tidak aman. Dan untuk lebih jelasnya mengenai apa saja manfaat positif dan dampak buruk susu kacang kedelai untuk ibu hamil, simak informasinya berikut ini.

Berbagai Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan

Pada dasarnya susu kedelai sama halnya dengan susu sapi, karena juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi di balik semua manfaat atau khasiat yang terkandung dalam susu kedelai, muncul kekhawatiran dari para ibu hamil yang seringkali dilarang untuk mengonsumsi susu kedelai ini. Pasalnya bagi janin yang usianya masih sangat muda, ternyata susu kacang kedelai bisa sampai mengakibatkan keguguran. Benarkah demikian? Lalu jika benar ada manfaatnya, apa saja manfaat susu kacang kedelai untuk ibu hamil? Mari kita bahas satu per satu mulai dari apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

  1. Asam Folat

Seperti yang mungkin sudah diketahui oleh para ibu hamil, bahwa asam folat memang menjadi salah satu zat penting bagi ibu hamil. Manfaatnya adalah untuk membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Selain itu perkembangan sel saraf dan juga kecerdasannya pun bisa lebih maksimal apabila ibu hamil mengonsumsi asam folat. Dan ternyata susu kedelai adalah salah satu minuman sehat yang mengandung asam folat, sehingga tidak ada salahnya jika ibu hamil minum susu kedelai.

  1. Vitamin

Selain mengandung asam folat, susu kedelai ternyata diketahui juga mengandung beberapa vitamin penting untuk menjaga kondisi ibu hamil. Vitamin yang terkandung dalam susu kedelai adalah vitamin A, E dan B, di mana manfaat atau khasiat dari vitamin-vitamin tersebut adalah menjaga kondisi kesehatan ibu dan kandungannya selama masa kehamilan. Alasan ini sebenarnya cukup bisa meyakinkan para ibu hamil untuk tidak terlalu takut mengonsumsi susu kedelai.

  1. Protein

Zat selanjutnya yang terkandung pada susu kedelai adalah protein, di mana kandungan protein ini bisa turut membantu menjaga kebugaran tubuh ibu selama masa kehamilan. Salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil adalah membantu perkembangan janin dan mengontrol organ janin supaya lebih optimal. Tugas tersebut dikerjakan oleh protein, di mana dalam susu kedelai juga terdapat protein yang lengkap mulai dari glisin, arginin, treonin, dan lisin.

Susu kedelai memiliki banyak manfaat, termasuk untuk ibu hamil. Meskipun demikian ada berbagai hal yang perlu diketahui saat mengonsumsinya. Artikel mengenai pro kontra manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini bersambung ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *