invisible hit counter

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Aman dan Nyaman

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Aman dan NyamanBagaimana menentukan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang aman untuk ibu dan janin? Pada saat usia kehamilan ibu masih kecil (trimester pertama), biasanya ibu hamil belum begitu kerepotan dalam mengatur posisi tidurnya. Tetapi saat usia kehamilannya menginjak bulan ke-5 maka permasalahan pun mulai muncul. Perut ibu yang ukurannya cukup besar, menimbulkan beberapa masalah pada ibu hamil antara lain badan ibu mudah terasa capek, kesulitan dalam mengatur posisi tidur, pegal-pegal di sekujur badan, terdapat pembengkakan di kaki, sering pusing, dan sebagainya. Tidur merupakan aktifitas yang sangat penting bagi kesehatan ibu sekaligus janin yang dikandungnya, agar ibu dapat beristirahat dengan nyaman, rileks, badan segar, dan janin pun akan berkembang secara optimal.

Yang penting untuk diperhatikan dalam mengatur posisi tidur ibu hamil 5 bulan atau lebih adalah bahwa posisi tersebut harus aman bagi janin yang dikandung sekaligus memberikan kenyamanan pada ibu. Pada dasarnya, Tuhan telah menciptakan ruang rahim untuk tumbuh kembang janin yang telah dibuat sedemikian rupa agar janin tetap aman di dalamnya dengan dilapisi air ketuban. Tetapi pada kondisi-kondisi tertentu, ibu tetap harus memperhatikan agar jangan sampai terjadi gerakan ektrim yang dapat membahayakan janin. Selain aktifitas-aktifitas yang berat, gerakan ekstrim ini juga dapat ditimbulkan oleh posisi tidur yang salah dan berlangsung lama sehingga dapat berisiko menimbulkan gangguan bagi janin maupun ibu.

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Tidak Dianjurkan

Ada beberapa posisi tidur yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil 5 bulan. Berikut ini dimulai dulu dari posisi yang tidak dianjurkan agar Anda mengetahui posisi apa saja yang sebaiknya dihindari sebab dapat membahayakan janin di dalam rahim Anda. Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang tidak dianjurkan adalah sebagai berikut:

1. Posisi Terlentang

Posisi terlentang merupakan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan berberapa masalah kesehatan baik pada ibu maupun janin. Pada ibu, posisi tidur terlentang dapat mengakibatkan sesak nafas dikarenakan terdesaknya diafragma oleh pertumbuhan janin sehingga ruang paru-paru menjadi lebih sempit. Selain itu posisi ini juga dapat menghambat aliran darah balik (vena cava inferior) dari bagian tubuh bawah menuju jantung yang dapat mempermudah terjadinya pembengkakan pada kaki.

Posisi tidur terlentang juga dapat menyebabkan bagian punggung dan pinggang ibu mudah capek dan pegal-pegal karena menopang beban perut yang membesar. Terjadinya wasir juga dapat diperparah dengan posisi tidur terlentang sebab pembuluh darah di panggul dan anus tertekan karena menopang berat badan. Sedangkan bagi janin, posisi tidur ibu hamil terlentang dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan terhambatnya aliran darah, oksigen, dan nutrisi dari ibu ke janin sehingga dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin.

2. Posisi Tengkurap

Pada awal-awal masa kehamilan posisi tidur tengkurap justru dianjurkan karena akan memperlancar aliran darah ke rahim/uterus. Tetapi jika usia kehamilan ibu sudah mulai besar, maka tentunya posisi tidur tengkurap menjadi tidak nyaman. Tengkurap merupakan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan rahim yang berisi janin akan menekan hati/liver sang ibu. Hal ini tentunya dapat membahayakan baik untuk kesehatan ibu sekaligus janin yang dikandungnya. Selain itu pada usia kehamilan 5 bulan, payudara ibu juga bertambah besar dan menjadi sangat sensitif. Sehingga dengan posisi tidur tengkurap payudara yang tertekan oleh berat badan pastinya akan terasa mengganggu dan tidak nyaman.

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Dianjurkan

Setelah mengetahui posisi tidur yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil 5 bulan, berikut ini akan dibahas mengenai posisi tidur ibu hamil apa saja yang sebaiknya dilakukan. Posisi ini tentunya memberikan keamanan bagi janin dan kenyamanan bagi sang ibu. Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

1. Posisi Miring

Posisi miring merupakan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang dianjurkan karena pada posisi ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan yang optimal bagi ibu dan janin. Yang paling dianjurkan adalah posisi tidur miring ke kiri. Dengan posisi miring ke kiri maka aliran darah dan nutrisi dari ibu ke janin menjadi lebih lancar karena vena cava inferior yang terletak di sebelah kanan tulang punggung tidak tertekan. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan janin. Selain itu pada posisi ini ginjal ibu juga menjadi lancar dalam melakukan fungsinya untuk membuang kelebihan cairan dan zat-zat yang tidak berguna pada tubuh.

Walaupun posisi miring ke kiri adalah posisi yang paling dianjurkan, namun tidur miring ke kanan juga dapat di lakukan sebagai variasi. Sebab biasanya ibu akan merasa capek jika posisi tidurnya hanya miring ke salah satu sisi saja, maka miring ke kanan pun kadang-kadang juga dapat dilakukan agar ibu merasa lebih nyaman. Dengan posisi miring ini, tidur ibu akan terasa lebih tenang dan  nyenyak.

2. Meninggikan Posisi Kaki

Posisi tidur miring pada usia kandungan 5 bulan juga dapat dipadukan dengan meninggikan posisi kaki. Caranya yaitu dengan meletakkan sebuah bantal untuk mengganjal kaki ibu. Cara ini dapat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah balik dari area kaki menuju jantung sehingga dapat mencegah timbulnya pembengkakan pada kaki. Pada ibu hamil, kaki merupakan bagian yang mudah sekali membengkak karena posisinya yang terletak paling jauh dari jantung yang mengakibatkan aliran darahnya mudah terhambat. Apalagi seiring bertambahnya usia kehamilan, maka perut ibu yang besar akan membuat kaki menopang beban tubuh yang semakin berat. Dengan meninggikan posisi kaki, juga akan memperlancar aliran darah ke otak sehingga kepala ibu tidak mudah merasa nyeri atau pusing.

3. Bersandar

Posisi bersandar dapat dilakukan pada waktu ibu hamil ingin bersantai di tempat tidur. Posisi ini biasanya nyaman dilakukan pada saat ibu hamil tidur-tiduran untuk sekedar beristirahat dari aktifitas rutinnya. Namun posisi ini juga dapat dipilih sebagai posisi tidur untuk ibu hamil 5 bulan apabila posisi miring ternyata tidak nyaman dilakukan. Memang ada beberapa kasus keluhan ibu hamil yang justru susah tidur dengan nyenyak jika posisi tidurnya miring. Maka tidur bersandar dengan menaruh beberapa bantal yang menyangga belakang kepala, leher, punggung, dan samping pinggang juga dapat dilakukan agar ibu merasa nyaman dan pernafasan pun tidak terganggu.

Selain menerapkan posisi tidur ibu hamil 5 bulan seperti yang telah dipaparkan di atas, hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan selama kehamilan. Caranya antara lain yaitu dengan makan makanan yang mengandung nutrisi lengkap, banyak minum air putih, dan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga di sini tentunya yang cocok untuk ibu hamil 5 bulan, seperti jalan kaki atau melakukan senam hamil. Periksakan kehamilan Anda secara berkala ke bidan atau ke dokter kandungan, dan konsultasikan apabila terdapat keluhan atau gangguan selama masa kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *