invisible hit counter

Posisi Bayi 7 Bulan Dalam Kandungan dan Perkembangannya

Posisi Bayi 7 Bulan Dalam Kandungan dan PerkembangannyaUntuk mengetahui posisi bayi 7 bulan, mungkin Anda perlu melakukan pemeriksaan USG supaya bisa melihat posisinya dengan pasti dan jelas. Pasalnya posisi bayi tidak bisa diperiksa dan diperkirakan secara asal-asalan. Apalagi posisi bayi dalam kandungan tidak bisa ditandakan dengan gejala fisik seperti ciri-ciri kehamilan pada umumnya. Ketika kehamilan sudah memasuki usia trimester ketiga atau pada usia 7 bulan dan selanjutnya, bayi sudah mulai banyak perkembangannya. Posisinya pun sudah berubah-ubah sejak awal kehamilan sebelum akhirnya bayi akan memposisikan dirinya di jalur kelahiran dan siap untuk lahir di usia kehamilan kurang lebih 9 bulan. Nah, para ibu hamil terutama yang baru pertama kali hamil mungkin masih kurang mengetahui dan pengetahuannya masih cukup minim tentang perkembangan janin atau bayi di dalam kandungan. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai posisi janin 7 bulan di dalam kandungan dan perkembangannya.

Posisi Bayi 7 Bulan dan Perkembangannya

Untuk mengetahui bagaimana posisi bayi 7 bulan di dalam rahim Anda bisa melakukan pemeriksaan USG sebanyak 2 kali seminggu. Selain untuk mengetahui posisi janin dalam kandungan, USG secara rutin penting untuk mengetahui perkembangan bayi, apakah bayi tumbuh dengan sehat dan normal? apakah ada sesuatu yang tidak seharusnya sehingga perlu penanganan oleh dokter? juga apakah bayi akan lahir secara normal pada waktunya, ataukah ada kemungkinan lahir prematur.

Pada kehamilan 7 bulan, posisi bayi dalam kandungan secara normal posisi kepala ada dibawah dan kaki diatas (gambar hanya sebagai ilustrasi perkembangannya saja, tidak termasuk ilustrasi posisinya di dalam kandungan). Dengan hanya 2 bulan menuju waktu persalinan, posisi bayi telah berangsur-angsur menyesuaikan. Satu hal yang harus diwaspadai adalah jika posisi bayi terbalik (kepala di atas, kaki dibawah) atau lebih dikenal dengan istilah sungsang. Pada usia kehamilan ini cukup sulit untuk mengetahui apakah bayi sungsang atau normal kecuali dengan pemeriksaan USG. Biasanya mendeteksi bayi sungsang adalah dengan merasakan tendangan kaki bayi, jika tendangan kaki bayi berada di bawah, kemungkinan sungsang. Tapi hal ini sulit dilakukan pada saat usia janin 7 bulan, karena meskipun telah ada pergerakan pada janin, belum cukup kuat untuk dapat dirasakan secara jelas.

Pada saat usia kehamilan sudah menginjak bulan ke-7, sang Ibu akan lebih merasakan nyeri di pinggang. Ukuran janin yang semakin besar akan semakin memberikan tekanan pada organ dalam. Rasa nyeri ini akan terus semakin terasa seiring bertambahnya ukuran bayi hingga tiba waktu persalinan. Salah satu tekanan pada organ dalam terjadi pada usus dan rektum, yang akan menyebabkan sembelit. Sedangkan tekanan pada kandung kemih akan menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat.

Saat kehamilan ini, janin sudah mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berat janin 7 bulan sudah mencapai 700 gram dan panjangnya sudah mencapai 22 cm, ukuran kepala janin sudah lebih proporsional. Ada zat lemak yang disebut dengan nama verinix mulai menutupi kulit janin. Hal ini membuat janin tidak lagi basah dan akan merasa lebih hangat saat berada di dalam kandungannya. Pada minggu ke-26 atau minggu kedua pada bulan ketujuh, jaringan kulit si janin akan mulai teraliri oleh darah. Hal ini akan membuat kulit calon buah hati Anda tersebut yang tadinya keriput berangsur-angsur akan semakin halus.

Baca kelanjutan artikel tentang posisi bayi 7 bulan dan perkembangannya ini di halaman berikutnya. Jangan lewatkan juga saran-saran tentang kehamilan 7 bulan di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *