invisible hit counter

Pilihan Obat Sakit Gigi Tradisional yang Bisa Dicoba Dirumah

Sakit gigi merupakan salah satu keluhan gigi dan mulut yang banyak ditemui di masyarakat, sehingga sejumlah obat sakit gigi tradisional menjadi alternatif pilihan yang dicari banyak orang. Mengapa obat sakit gigi tradisional yang dipilih? Penggunaan obat-obatan dan bahan tadisional ini lebih sering digunakan oleh mereka yang berada cukup jauh dari pusat pelayanan kesehatan yang menyediakan jasa dokter gigi. Penggunaan sejumlah obat sakit gigi tradisional ini juga sudah banyak dilakukan sejak beberapa puluh tahun yang lalu dan memang ampuh untuk mengurangi nyeri yang dirasakan.

Hanya tetap perlu kita ketahui bersama bahwa obat-obatan ini hanya membantu meringankan keluhan yang ada dan tetap tidak bisa menghilangkan sumber masalah penyebab sakit gigi itu seperti gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Di dalam artikel sederhana ini kami akan menyajikan 6 obat sakit gigi tradisional yang beberapa diantaranya sudah anda kenali sebagai obat untuk mengurangi sakit gigi.

6 Bahan Rumah Tangga yang Ampuh sebagai Obat Sakit Gigi Tradisional

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan bahan-bahan rumah tangga di bawah ini dapat berkhasiat mengurangi sakit gigi yang anda rasakan, akan tetapi penggunaan salah satu ataupun semua obat sakit gigi tradisional ini tetap tidak dapat menggantikan posisi dokter gigi dalam pengobatan masalah yang terjadi dalam mulut anda. Anda bisa mencoba obat-obatan di bawah ini untuk meredakan sakit gigi yang timbul kemudian segera memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat!

  1. Kumur air garam.

Obat sakit gigi tradisional pertama yang akan kita bahas adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Manfaat penggunaan air garam sebagai larutan untuk berkumur sebenarnya adalah untuk mengurangi proses radang yang terjadi pada gigi atau gusi anda dan dapat berfungsi sebagai antiseptik untuk mengurangi bakteri yang berada dalam mulut anda. Larutkan setengah sendok makan garam ke dalam 1 gelas air hangat dan gunakanlah larutan ini untuk berkumur 2-3 kali sehari.

  1. Daun jambu.

Selanjutnya obat sakit gigi tradisional yang juga bisa anda gunakan untuk mengurangi keluhan sakit gigi sebelum anda pergi ke dokter gigi adalah daun jambu, daun jambu yang digunakan adalah daun jambu biji atau jambu batu. Daun jambu ini memiliki efek untuk mengurangi proses radang yang terjadi pada gigi atau gusi, sebagai agen untuk mengurangi rasa sakit dan  penghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Cara penggunaan daun jambu sebagai obat sakit gigi tradisional juga sangat sederhana karena anda hanya perlu mengunyah 1 atau 2 lembar daun jambu ini hingga cairan dari daun jambu keluar dan tersebar pada gigi yang bermasalah. Selain itu anda juga bisa menggunakan air rebusan 4-5 lembar daun jambu sebagai larutan untuk dicampur dengan garam dan digunakan sebagai cairan untuk berkumur sebanyak 2-3 kali sehari.

  1. Es batu.

Berikutnya adalah es batu, bahan rumah tangga yang sangat mudah dan sederhana untuk dijadikan sebagai salah satu obat sakit gigi tradisional. Caranya yakni dengan menggunakan es batu yang dibungkus dengan menggunakan kain bersih dan tipis kemudian jadikan kompres pada pipi dimana gigi yang sakit berada, lakukan kompres ini selama beberapa menit. Menggunakan es batu sebagai bahan kompres ini berguna untuk mengurangi nyeri karena dapat mengurangi kerja saraf yang berada di sekitar lokasi nyeri. Hanya saja pada beberapa masalah khusus digigi, jika saraf pada gigi berlubang tersebut langsung terkena rangsangan dingin dari es batu maka nyeri justru akan bertambah hebat.

Untuk itu anda tetap perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mengetahui masalah yang menyebabkan anda mengalami sakit gigi. Jika anda sering membaca mengenai teknik akupuntur maka anda pasti pernah mendengar bahwa untuk mengurangi sakit gigi anda bisa menggosokkan es batu diantara ibu jari dan jari telunjuk anda, mekanisme berkurangnya nyeri ini dikarenakan teknik yang baru saja anda lakukan di atas dapat menghambat penyampaian rangsang nyeri ke otak.

  1. Minyak cengkeh.

Minyak cengkeh juga merupakan salah satu obat sakit gigi tradisional yang sangat banyak penggunaannya oleh masyarakat Indonesia. Jika anda tidak menemukan minyak cengkeh anda bisa menghancurkan 1 atau 2 buah cengkeh dengan cara digerus atau dikunyah sehingga nantinya akan mengeluarkan kandungan minyak di dalamnya. Minyak dari tanaman cengkeh ini memiliki kandungan allicin yang dapat mengurangi rasa nyeri dan terutama digunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi pada anak-anak.

Anda dapat menggunakan minyak cengkeh dengan cara menggosokannya langsung pada gigi atau gusi yang mengalami nyeri atau dengan menggunakan bantuan cutton bud agar bisa mengenai bagian dalam dari gigi yang berlubang.

  1. Bawang putih.

Obat sakit gigi tradisional yang kelima adalah bawang putih, dimana efek yang diberikan dari penggunaan bawang putih ini hampir serupa dengan obat-obatan lain yang sudah disebutkan sebelumnya yakni sebagai pereda rasa sakit. Selain itu bawang putih juga diketahui memiliki efek antiseptik yang bisa mengurangi infeksi yang sedang terjadi pada gigi atau gusi anda. Anda bisa langsung mengunyah 1 potong bawang putih dan potongan bawang putih tersebut anda letakkan pada gigi yang sedang bermasalah.

  1. Bawang merah.

Tidak mau kalah dengan bawang putih, bawang merah juga bisa anda gunakan sebagai obat sakit gigi tradisional karena khasiatnya sebagai salah satu antiseptik yang bisa membasmi kuman. Ketika anda merasakan sakit disekitar gigi atau gusi maka anda bisa mengunyah 1 potong bawang merah mentah untuk mengurangi sensasi nyeri yang anda alami, dan jika anda tidak dapat mengunyah bawang merah ini maka anda bisa langsung meletakkan potongan bawang merah mentah ini pada gigi atau gusi yang sakit.

Demikianlah sejumlah bahan rumah tangga yang bisa anda jadikan sebagai obat sakit gigi tradisional untuk mengatasi sakit gigi yang hebat sebelum pergi ke dokter gigi. Perlu kami tekankan kembali bahwa penggunaan obat-obatan ini sama sekali tidak dapat menggantikan pengobatan yang diberikan oleh dokter gigi karena sifat pengobatan herbal ini hanya untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul dan bukan mengatasi masalah sebenarnya seperti gigi berlubang, infeksi gusi dan sebagainya.

Jika setelah menggunakan obat sakit gigi tradisional seperti yang sudah disebutkan di atas, tetapi tidak terdapat perubahan maka anda bisa menggunakan sejumlah obat pereda nyeri seperti ibuprofen, akan tetapi untuk anak kecil akan lebih baik jika anda menggunakan parasetamol saja dan segera periksakan masalah gigi dan mulut ke dokter gigi terdekat. Akhir kata semoga artikel mengenai 6 bahan rumah tangga yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi tradisional ini berguna bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *