invisible hit counter

Perkembangan Janin 35 Minggu dan Kondisi Fisik Sang Ibu

Previous 1 2

Perubahan Fisik Ibu pada Saat Usia Kehamilan 35 Minggu

Selain perubahan fisik terjadi pada janin, perubahan juga pastinya akan terjadi pada sang ibu. Perubahan yang paling terlihat mungkin adalah perubahan jarak rahim dari pusar. Biasanya pada saat usia kehamilan sudah sampai di usia 35 minggu, rahim dan pusar berjarak sekitar 15 centimeter. Pada minggu-minggu terakhir kehamilan juga biasanya ibu mulai mengalami peningkatan frekuensi berkemih atau semakin sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan ukuran janin yang semakin besar membuat rahim sang ibu menekan kandung kemih sehingga akhirnya frekuensi berkemih meningkat. Nah, untuk mengatasi permsalahan ini, Anda bisa mengurangi minum air putih atau minuman apapun sebelum tidur.

Selain itu, produksi ASI sang ibu juga mulai meningkat sehingga biasanya kolostrum akan merembes. Dan menjelang masa persalinan, bagi para ibu hamil disarankan untuk lebih sering melakukan kontrol atau pemeriksaan kandungan. Mulai dari usia janin 35 minggu, janin 36 minggu, dan seterusnya sampai sebelum masa persalinan. Biasanya para pasangan suami istri juga sudah mulai membicarakan tentang rencana persalinan dan juga rencana untuk sang bayi pada usia-usia 35 minggu ini. Berbagai persiapan persalinan dan kelahiran mulai dipersiapkan dan keluarga di sekitarnya pun akan semakin waspada untuk menantikan masa kelahiran tersebut. Dan menjelang masa persalinan ini, jangan lupa juga untuk selalu makan dengan teratur supaya pada saat persalinan Anda memiliki tenaga ekstra untuk melahirkan buah hati yang Anda nantikan selama lebih kurang 9 bulan lamanya.

Menjaga Kondisi Tubuh Pada Saat Usia Kehamilan 39 Minggu

Selama minggu-minggu terakhir kehamilan, Anda pasti akan semakin sibuk menyiapkan persalinan Anda dengan berbagai hal. Mulai dari persiapan fisik, mental dan tentunya segala hal yang dibutuhkan oleh bayi Anda nantinya. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk tetap menjaga tubuh Anda dalam kondisi fit, sehat dan tetap kuat. Anda mungkin bisa melakukan olahraga lebih teratur serta mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Selain itu, frekuensi pemeriksaan kandungan ke dokter pun harus semakin sering lagi karena Anda harus benar-benar memantau kondisi kandungan Anda. Pada dasarnya pemeriksaan yang dilakukan sama saja dengan pemeriksaan di minggu-minggu biasanya, hanya saja ada beberapa pemeriksaan tambahan seperti tes GBS. Namun bakteri tersebut biasanya tidak membahayakan walaupun hidup di area kewanitaan sekitar 10-35 persen wanita sehat. Akan tetapi pemeriksaan ini perlu dilakukan karena GBS ini ternyata cukup berisiko menular ke janin Anda. Selain itu sebagai pemeriksaan tambahan ketika usia janin 35 minggu adalah pemeriksaan posisi janin, apakah sudah tepat pada jalan lahir atau belum. Dan biasanya menjelang hari persalinan dokter akan menyarankan pemeriksaan serviks Anda untuk memastikan posisi janin.

Kurang lebih seperti itulah gambaran mengenai janin Anda ketika sudah memasuki usia 35 minggu, mulai dari berat janin 35 minggu, ciri fisik sang ibu, cara menjaga kesehatan pada kehamilan minggu-minggu terakhir, dan beberapa informasi lainnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda para ibu hamil yang sudah mendekati masa persalinannya. Selamat menjaga kandungan Anda, semoga bayi Anda lahir dengan selamat, dan Anda juga bisa selamat.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *