invisible hit counter

Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Bagaimana Merawatnya dengan Baik

Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Bagaimana Merawatnya dengan BaikTak bisa dipungkiri bahwa perkembangan bayi 4 bulan menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Bahkan pada usia-usia ini, Anda pasti akan semakin menyadari bahwa buah hati Anda sudah semakin besar dan mengalami tumbuh kembang. Banyak sekali perubahan yang sudah dialami si bayi, mulai dari perubahan fisik hingga perubahan emosional yang mungkin sudah semakin peka. Saat menginjak usia 4 bulan, buah hati Anda akan lebih jelas saat mengeluarkan suaranya. Terutama bayi akan lebih sering tertawa jika melihat suatu hal yang dianggapnya lucu. Banyak sekali perkembangan yang dialami oleh anak Anda ketika berusia 4 bulan. Dan sebagai orang tua sudah seharusnya Anda selalu memantau dan mengetahui bagaimana anak Anda tumbuh, dari mulai pertamakali keluar dari perut Anda sampai saat melalui hari-harinya bersama Anda dan keluarga. So, pada artikel kali ini kami akan lebih lengkap membahas tentang bagaimana perkembangan perkembangan bayi 3 bulan hingga memasuki usia 4 bulan.

Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Biasa Terlihat

Sebenarnya ada banyak sekali perkembangan buah hati Anda mulai saat ia memasuki akhir usia 3 bulannya, hingga ia menginjak ke usia 4 bulan. Salah satu perkembangan yang paling terlihat mungkin adalah kemampuan untuk tengkurap. Bayi mulai bisa tengkurap dan sedang belajar melihat ke depan sambil mengangkat kepala dan bahunya dengan tumpuan tangan. Dengan demikian ia bisa melihat lingkungan sekitarnya dan memperhatikan benda-benda yang ada di sekelilingnya. Latihan yang dilakukan oleh si bayi ini secara otomatis akan membantu bayi untuk memperkuat otot-otot di tangannya.

Selain tengkurap, perkembangan bayi 4 bulan juga mulai memperlihatkan bahwa buah hati Anda sudah isa berguling ke kanan dan ke kiri untuk memindahkan posisinya. Gerakan yang dilaukan oleh bayi ini juga bisa membantu melatih otot motorik Anda supaya semakin berkembang. Dan sebagai orang tua, ada sedikit tips yang bisa Anda lakukan. Terutama adalah dengan merangsang bayi supaya dia berguling ke kanan ataupun ke kiri. Misalnya Anda meletakkan sebuah benda yang menarik bagi si anak seperti guling, boneka, dan sebagainya. Dengan demikian si anak akan terpancing untuk bergerak dan berguling ke arah benda tersebut. Jika ia berhasil untuk mencapai benda tersebut, berilah ia pujian berupa tepuk tangan atau tanda kasih sayang Anda yang lain supaya dia terpancing untuk melakukan hal yang sama lagi.

Perkembangan bayi 3 bulan hingga 4 bulan biasanya juga memperlihatkan bahwa bayi sudah mulai suka memegang dan meraih benda-benda di seklilingnya yang dia sukai saat dilihatnya. Akan tetapi pada usia ini bayi masih belum bisa memegang benda secara sempurna sehingga benda tersebut masih rentan terlepas dari genggaman tangannya. Akan tetetapi, sebagai orang tua Anda harus selalu mengawasi benda-benda apa saja yang ada di tangan bayi Anda. Pasalnya jika benda tersebut kotor, tentu saja akan berdampak kurang baik bagi perkembangan bayi 4 bulan. Apalagi mulai usia 2 bulan bayi sudah belajar untuk memasukkan berbagai benda ke mulutnya, salah satunya adalah memasukkan tangan ke mulutnya.

Selain perkembangan fisik seperti tubuh yang bertambah tinggi dan bobotnya yang juga mulai bertambah, emosionalnya juga mengalami perubahan. Maka dari itu sebagai orang tua terutama ibu, Anda haru lebih peka dalam menanggapi keinginan emosional bayi Anda. Misalnya dengan memahami tangisannya sebagai sinyal bahwa dia sedang lapar dan ingin minum ASI. Dan pada usia 4 bulan ini, buah hati Anda sudah mulai bisa menunjukkan rasa kecewanya jika Anda tidak memenuhi keinginannya. Biasanya bayi akan menangis atau berteriak jika apa yang diinginkannya tidak bisa terpenuhi.

Demi perkembangan bayi 4 bulan yang lancar dan berkembang dengan baik, Anda juga harus mengusahakan supaya tidak mengeluarkan kata-kata keras ataupun membentak di depan anak Anda. Bayi akan mulai bisa merespon jika Anda berbicara dengan nada yang tinggi atau keras. Anak Anda biasanya akan terdiam dan terkadang memerlihatkan mimik sedih. Atau jika ia merasa senang, bayi juga sudah mulai bisa mengekspresikan perasaannya melalui mimik wajahnya.

Merawat bayi berusia 4 bulan banyak hal yang perlu diperhatikan, baca tips-tipsnya di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *