invisible hit counter

Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Menakjubkan

Perkembangan Bayi 3 Bulan yang MenakjubkanApakah sebagai orang tua Anda selalu memperhatikan perkembangan bayi 3 bulan setelah ia keluar dari perut Anda? Jika Anda adalah orang tua yang baik, seharusnya Anda selalu memperhatikan bagaimana tumbuh kembang buah hati Anda setelah dia keluar dari perut Anda. Tak bisa dipungkiri bahwa anak Anda adalah hadiah yang sangat indah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Sejak awal-awal kehamilan sampai saat kelahiran tiba, bayi telah mengalami banyak sekali perkembangan. Dan saat memasuki usia 3 bulan, ia pasti sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bayi sudah mulai belajar tentang banyak hal, termasuk belajar mengenali wajah orang tuanya dan juga orang-orang yang sering menemuinya. Bayi sudah mulai selalu ingin mencari tahu tentang berbagai benda di sekelilingnya yang menarik perhatiannya. Bayi juga mulai memberikan gerakan-gerakan reflek seperti gerakan menggenggam benda, menggerakan jari, melambaikan tangan, dan sebagainya. So, utnuk lebih jelasnya mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi 3 bulan, simak informasinya berikut ini.

Perkembangan Bayi 3 Bulan Secara Fisik dan Emosional

Ketika anak Anda sudah mulai tumbuh besar, sebagai orang tua Anda harus mengawasinya lebih ketat lagi. Pasalnya anak usia 2 bulan biasanya mulai bisa memasukkan berbagai benda ke mulutnya. Dimulai dari memasukkan tangannya sendiri ke dalam mulut atau memasukkan benda-benda lain seperti mainan atau benda lain ke dalam mulutnya. Meskipun sebenarnya hal ini sangat wajar dan dilakukan bayi untuk menghibur dirinya sendiri, namun tentu saja Anda harus tetap waspada. Apalagi benda-benda yang dimasukkan ke dalam mulut bayi bisa saja terdapat banyak kuman.

Dalam perkembangan bayi 3 bulan, buah hati Anda sudah bisa mengeluarkan suara-suara dan suka menyimak suara yang didengarnya. Mulai dari suara-suara yang dianggapnya baru, atau mendengarkan suaranya sendiri. Nah, untuk membuat perkembangannya lebih baik lagi, mungkin Anda perlu mencoba berbagai jenis mainan bayi yang dijual di pasaran. Pilihlah jenis mainan bayi yang terbuat dari karet namun ujungnya tumpul sehingga tidak berbahaya untuk anak Anda. Tingkah laku bayi pasti akan lebih menggemaskan dan sudah lebih aktif ketimbang saat ia berusia 2 bulan.

Di usia 3 bulan anak Anda pasti sudah mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri dengan posisi tegak ketika ia sedang tengkurap. Suaranya pun sudah mulai terdengar saat ia tertawa atau seolah sedang mengajak orang di sekitarnya untuk berbicara. Si bayi juga sudah mulai bisa tersenyum dan membalas senyuman dari orang di sekitarnya. Bahkan jangan heran jika anak Anda seolah ingin mengajak Anda berbicara dengan mengeluarkan suara-suara atau menggerakan tangannya. Terkadang Anda juga akan mendengarkan kata-kata lucu yang mungkin terdengar sangat aneh diucapkan oleh si bayi. Lalu hal apa yang harus dilakukan orang tua untuk merespon perkembangan bayi 3 bulan? Berikut penjelasannya.

Respon Orang Tua Terhadap Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Sebagai orang tua ada banyak hal yang harus Anda lakukan sebagai tindakan untuk mendidik dan merespon perkembangan anak Anda. Saat usia 3 bulan bayi pasti sedang belajar menggerakkan lehernya untuk menegakkan kepalanya saat dalam posisi tengkurap. Maka dari itu Anda bisa melatihnya dengan meletakkan anak Anda dalam posisi tengkurap dan rangsang dia untuk mengangkat kepalanya. Misalnya dengan memberinya iming-iming mainan kesukaannya atau yang lainnya. Selain itu cobalah untuk menggerakan benda atau mainan tersebut ke kanan dan ke kiri di depan matanya. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya si anak terlatih untuk melihat lingkungan sekitarnya. Anda juga haru mulai memperkenalkan buah hati Anda dengan suara-suara yang ada di sekitarnya, terutama suara kedua orang tuanya atau suara keluarganya yang lain. Caranya adalah dengan sesering mungkin mengajaknya berbicara.

Bayi berumur 3 bulan memang sangat menggemaskan, namun juga butuh perawatan khusus. Artikel ini berlanjut ke halaman 2, dan juga akan dibahas perlengkapan apa saja yang dibutuhkan oleh bayi usia 3 bulan.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *