invisible hit counter

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil dan Cara MengatasinyaKejadian perut kembung saat hamil mungkin membuat para ibu yang baru pertama kali hamil cukup panik. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya perut kembung ini merupakan kondisi yang cukup wajar dialami oleh para wanita hamil, terutama saat sedang hamil muda. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung ketika hamil. Dan pada setiap ibu hamil penyebabnya belum tentu sama. Akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa kondisi seperti ini memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika suatu saat Anda mengalami kondisi perut kembung saat sedang hamil, Anda tidak perlu khawatir ataupun panik. Paslanya ada banyak cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk segera menuntaskan rasa tidak nyaman pada perut Anda. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai apa saja penyebab perut kembung dan bagaimana cara mengatasinya saat hamil.

Wajarkah Perut Kembung Saat Hamil? Ini Penjelasannya

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, kondisi perut kembung saat hamil merupakan kondisi yang cukup wajar dan bisa dialami oleh semua wanita yang sedang hamil. Secara umum kondisi kembung ini bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya adalah karena masalah rahim. Pada awal masa kehamilan endometrium akan lebih tebal ketimbang biasanya. Nah, pada saat endometrium menebal, darah menuju ke rahim akan semakin deras. Inilah yang membuat aliran darah menjadi lebih tinggi dan rahim pun membengkak. Ini dia yang menyebabkan tekanan di area bawah perut dan menyebabkan perut kembung saat hamil.

Selain karena masalah rahim, kondisi perut kembung ketika hamil juga bisa diakibatkan karena masalah sembelit. Saat masih hamil muda wanita sering mengalami sembelit, oleh karena itu biasanya wanita hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi serat. Hal ini diakibatkan oleh lepasnya hormon progesteron yang berlebihan saat hamil. Progesteron yang berlebihan di dalam tubuh akan membuat otot dan ligamen menjadi lebih lembut. Namun saat otot menjadi lunak, justru hal tersebut bisa mengakibatkan pencernaan yang menjadi lambat. Akhirnya timbul sembelit yang menyebabkan perut kembung saat hamil.

Permasalahan lain bisa disebabkan oleh berat badan yang bertambah. Hal ini biasanya dikarenakan ibu hamil mengonsumsi makanan secara berlebihan namun kurang beraktivitas. Hal itulah yang kemudian membuat berat badan bertambah dan akhirnya bisa mengakibatkan kembung. Selain masalah berat badan yang bertambah, perut kembung saat sedang hamil juga bisa berasal dari gas yang berlebihan di dalam tubuh. Dan penyebabnya adalah hormon progesteron di dalam tubuh yang semakin bertambah saat hamil. Namun kondisi ini bisa menyebabkan asam lambung yang akhirnya menyebabkan perut terasa kembung dan ingin buang angin. Jadi, perut kembung saat hamil wajarkah? Tentu saja sangat wajar dan bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengatasi perut kembung ketika hamil.

Tips Mudah Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Untuk mengatasi kondisi perut yang kembung saat sedang mengandung, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan. Tidak perlu membeli obat di apotek ataupun berobat ke dokter, karena bisa dibilang masalah ini hanya gangguan ringan dan bisa diatasi dengan mudah. Jika suatu saat Anda mengalami perut kembung saat sedang hamil, cobalah untuk mengonsumsi minuman jahe hangat.

Meskipun perut kembung adalah hal wajar dalam kehamilan, namun kadang mengganggu juga jika terjadi secara berlebihan. Artikel ini bersambung ke halaman 2 tentang cara mengatasi dan cara mencegahnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *