invisible hit counter

Pengetahuan Dasar Mengenai Macam-Macam Penyakit Menular

Pengetahuan Dasar Mengenai Macam-Macam Penyakit MenularHampir semua manusia rentan terkena macam-macam penyakit menular. Pengertian dari penyakit menular sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh, misalnya virus, bakteri, parasit dan jamur. Biasanya dan seringnya, penyakit menular dapat menyebar dari seseorang dengan penyakit tersebut ke orang lain yang sehat. Cara penularan ini berbeda-beda tergantung macam-macam penyakit menular yang diderita.

Macam-macam penyakit menular sangat sering menyebabkan angka kesakitan masyarakat, terutama masyarakat negara yang sedang berkembang. Ini mencerminkan bahwa macam-macam penyakit menular berkaitan dengan tingkat sosial, ekonomi dan pendidikan suatu negara. Hal ini mempunyai arti bahwa penyakit menular dapat dicegah dan diatasi dengan penanganan dan perilaku hidup yang sehat. Maka, memahami macam-macam penyakit menular merupakan kunci dari pencegahan penyakit ini.

Macam-Macam Penyakit Menular, Penyebarannya dan Pencegahannya

Penyakit menular atau nama lainnya penyakit infeksi merupakan penyakit yang tidak jarang ditemukan di masyarakat Indonesia. Macam-macam penyakit menular tidak mengenal usia, dan dapat menyerang semua umur dan jenis kelamin. Meski begitu, ada pula kelompok usia yang rentan terhadap penyakit menular, yaitu usia muda seperti anak kecil dan balita serta usia tua sekali. Macam-macam penyakit menular yang akan dibahas di bawah ini dapat mengenai siapapun, maka pengetahuan dan kewaspadaan Anda sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

  • Penyakit yang Menyerang Pernapasan

Dari macam-macam penyakit menular yang dapat terjadi, penyakit pada pernapasan merupakan yang paling umum dan lazim terjadi di Indonesia. Penyakitnya antara lain adalah ISPA (infeksi saluran napas akut), TBC dan pneumonia (radang berbahaya pada paru-paru). Penyebaran penyakit menular ini ialah melalui droplet pernapasan atau melalui percikan ludah atau dahak penderitanya yang masuk ke dalam saluran pernapasan orang yang sehat. Di antara penyakit di atas, penyakit TBC dan pneumonia membutuhkan perhatian khusus karena memiliki komplikasi yang berbahaya dan mutlak membutuhkan penanganan secara medis.

Cara Mencegah: Mencuci tangan dengan sabun sehabis bepergian, menyentuh barang dan sebelum makan mampu mencegah penyakit ini. Sarankan juga penderita penyakit pernapasan untuk menutup mulut ketika batuk dan bersin serta jangan membuang dahak sembarangan.

  • Penyakit yang Menyerang Mata

Penyakit mata merah dan belekan merupakan salah satu dari macam-macam penyakit menular. Meski lebih jarang terjadi, penyakit menular pada mata membutuhkan perhatian khusus karena tingkat penyebarannya yang mudah dan cepat. Gejalanya ialah mata merah, gatal dan belekan (meski tidak semua mata merah merupakan penyakit menular).

Cara Mencegah: Mencuci tangan dengan sabun setelah kontak dengan penderita penyakit mata. Bila sedang menderita penyakit mata menular, jangan sering menyentuh mata Anda tanpa mencuci tangan dengan sabun setelahnya. Saling melihat tidak akan menularkan penyakit menular pada mata.

  • Penyakit Menular Melalui Makanan dan Minuman

Sudah rahasia umum bahwa makanan yang tidak bersih adalah sumber penyakit bagi tubuh. Dari macam-macam penyakit menular yang dibahas, penyakit menular melalui makanan tidak dapat disepelekan. Penyakit yang dapat adalah tifoid, diare, disentri, Hepatitis A, cacingan, serta keracunan makanan. Penularan penyakit terjadi dari air dan makanan yang terkontaminasi feses dari penderita penyakit yang sama.

Cara Mencegah: Tidak kelihatan bukan berarti tidak ada. Kalimat tersebut cocok menggambarkan penularan penyakit menular melalui makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang bersih secara fisik belum tentu bebas kuman dan partikel feses. Pastikan air yang dikonsumsi merupakan air kemasan atau sudah dimasak sampai mendidih terlebih dahulu. Pilih juga makanan yang dibuat sendiri agar kebersihannya lebih terjamin. Hindari makan di daerah dengan wabah penyakit tertentu, misalnya wabah Hepatitis A.

  • Penyakit Menular Melalui Hewan

Penyakit menular yang terutama dibahas di sini adalah penularan yang diperantarai oleh nyamuk. Ada tiga macam penyakit yang perlu diwaspadai oleh masyarakat Indonesia yang terkait dengan nyamuk; yaitu demam berdarah dengue (DBD), malaria dan filariasis. DBD dan malaria sering menimbulkan kematian pada para penderitanya, sedangkan filariasis dapat menimbulkan komplikasi yang tidak dapat diobati seumur hidup. Penyebaran penyakit ini yaitu melalui cucukan nyamuk yang sebelumnya mencucuk penderita penyakit tersebut.

Cara Mencegah: Menghindari cucukan atau gigitan nyamuk adalah kunci dari pencegahan penyakit ini. Beberapa tips menghindari nyamuk ialah memakai kelambu ketika tidur, melakukan 3M (mengubur, menguras, menutup), menjaga kebersihan rumah dan membunuh jentik nyamuk.

  • Penyakit Menular Melalui Hubungan Intim dan Cairan Tubuh

Perilaku seksual yang tidak sehat dapat menjadi media penyebaran penyakit menular. Dari macam-macam penyakit menular yang ada, penyebaran melalui hubungan intim dan cairan tubuh merupakan penyakit yang berjalan lama, sulit disembuhkan dan menimbulkan komplikasi berbahaya. Penyakit menular karena hubungan intim banyak jenisnya, misalnya gonorrhea, sifilis dan virus HPV. Sedangkan penyakit menular dari hubungan intim dan cairan tubuh dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti HIV, AIDS, Hepatitis B dan Hepatitis C. Bahayanya ke empat penyakit tersebut adalah tidak menimbulkan gejala pada awal perjalanan penyakit, namun hampir mustahil untuk menyembuhkan dan mengontrol penyakit ketika menginjak fase yang lebih lanjut. Penularan dari cairan tubuh lainnya selain melalui hubungan intim adalah melalui suntikan yang dipakai bersama, terutama pada para pengguna narkoba suntik.

Cara Mencegah: Kunci utama mencegah penyakit ini ialah dengan setia pada pasangan Anda dan menghindari pemakaian jarum suntik bersama. Perlu diingat bahwa cairan tubuh yang dimaksud adalah darah, cairan kelamin, air ketuban dan ASI. Keringat, air kencing, dahak dan ludah tidak akan menularkan penyakit di atas.

  • Tetanus

Salah satu macam-macam penyakit menular yang penting juga ialah penyakit tetanus. Penyakit ini menular bukan dari penderita penyakit tetanus, melainkan dari benda kotor yang bersentuhan dengan luka terbuka, misalnya jatuh di aspal, tertusuk paku atau tergores pisau. Gejala penyakit ini ialah kaku pada perut, kejang, tidak dapat membuka mulut dan sangat sensitif terhadap sentuhan dan rangsang cahaya serta bunyi-bunyian. Jangan sepelekan penyakit ini, karena sering sekali menyerang masyarakat Indonesia.

Cara Mencegah: Memastikan anak dan calon ibu hamil mendapatkan vaksin tetanus yang lengkap dapat mencegah kejadian tetanus. Hal yang perlu diingat adalah ketika terjadi luka di bagian tubuh manapun segera bersihkan atau lebih baik dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan obat anti tetanus tambahan. Jangan biarkan luka, terutama luka tusuk yang dalam, tanpa mendapat penanganan tenaga medis.

Pembahasan mengenai macam-macam penyakit menular di atas sebenarnya hanya mencakup sebagian kecil dari seluruh penyakit menular yang ada di Indonesia. Penyakit menular merupakan penyakit yang 100% dapat dihindari dan dicegah dengan pengetahuan dan perilaku hidup yang baik. Maka, pengetahuan dasar mengenai macam-macam penyakit menular sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *