invisible hit counter

Panduan Memilih Makanan yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Panduan Memilih Makanan yang Baik Untuk Ibu MenyusuiMengetahui makanan yang baik untuk ibu menyusui merupakan hal wajib bagi para ibu yang sudah melahirkan anaknya. Kehadiran si buah hati di tengah keluarga kian menambah keceriaan dalam keluarga. Pada tahap ini, kesehatan ibu dan anak tentu menjadi prioritas utama bagi keluarga Anda. Memberikan gizi terbaik bagi ibu dan anak ialah hal wajib terutama makanan yang baik untuk ibu menyusui.

Begitu banyak arahan dan eraturan mengenai makanan yang harus dan tidak boleh dikonsumsi ketika ibu sedang menyusui. Hal ini seringkali membuat ibu bingung mengenai pilihan makanan yang dapat ia makan ketika masa – masa menyusui. Artikel ini dapat menjadi panduan bagi Anda untuk mengetahui aa saja makanan yang baik untuk ibu menyusui dan makanan apa yang sebaiknya dihindari saat sedang menyusui.

Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

Berikut akan disajikan apa saja makanan sehat untuk ibu menyusui

  • Ikan Salmon

Tidak ada makanan yang mengandung gizi yang sempurna. Namun, salmon merupakan makanan yang baik untuk ibu menyusui dengan kandungan gizi yang hampir sempurna. Kandungan DHA, semacam kolesterol yang baik bagi tubuh, di ikan ini sangatlah tinggi. DHA dibutuhkan untuk pertumbuhan saraf si kecil. Semua ASI sebenarnya mengandung DHA, namun mengkonsumsi salmon akan memberikan tambahan DHA yang cukup banyak untuk buah hati Anda. Selain untuk bayi, salmon juga baik untuk kesehatan psikologis ibu. Dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa salmon dapat mencegah ibu terkena depresi pasca melahirkan.

  • Produk Susu Rendah Lemak

Apapun bentuk produk susu yang Anda sukai, misalnya yogurt, susu atau keju, merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu menyusui. Produk susu akan memberikan tambahan Vitamin B, Vitamin D dan kalsium. Susu juga mengandung banyak protein untuk. Vitamin D dan kalsium terutama sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi Anda. Usahakan Anda mengkonsumsi produk susu minimal 3 gelas per hari.

  • Daging Sapi Tanpa Lemak

Ibu menyusui membutuhkan asupan zat besi yang tinggi, karena kekurangan zat besi dapat membuat ibu lemah dan letih. Daging sapi tanpa lemak merupakan pilihan tepat untuk menambah asupan zat besi Anda. Selain itu makanan ini juga mengandung protein dan Vitamin B-12.

  • Kacang – Kacangan

Bagi ibu vegetarian, kacang – kacangan merupakan pilihan utama sumber protein yang dapat Anda konsumsi. Pilihlah jenis kacang dengan warna gelap karena merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Protein non hewani yang dikandung di kacang – kacangan akan memberi nutrisi tambahan bagi bayi Anda.

  • Beras Merah

Kehamilan membuat berat badan Anda naik. Dan kini setelah melahirkan tentu Anda ingin mengurangi kiloan Anda hingga mencapai berat badan yang ideal. Beras merah merupakan pilihan yang tepat. Karena, ketika menyusui Anda tidak boleh mengurangi berat badan terlalu cepat karena akan membuat Anda merasa lemas. Beras merah akan membantu Anda mendapatkan konsumsi nasi yang cukup namun karena kalorinya yang lebih rendah, tidak akan membuat berat badan Anda cepat bertambah.

  • Jeruk

Selain rasanya yang enak, buah jeruk juga menjadi makanan yang baik untuk ibu menyusui. Pasalnya, buah asam ini mengandung banyak sekali Vitamin C yang dibutuhkan dalam kadar yang tinggi untuk ibu menyusui. Jeruk dapat menjadi snack yang mudah dikonsumsi dalam bentuk jus dalam jadwal keseharian Anda yang padat.

  • Telur

Makanan yang dapat diolah menjadi bentuk apapun ini menjadi makanan yang baik untuk ibu menyusui karena kandungan protein yang dimilikinya. Satu butir telur sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein dan kolesterol Anda. Anda juga dapat memilih telur yang telah diberikan DHA untuk hasil yang lebih optimal.

  • Roti Gandum

Saat hamil, asam folat menjadi salah nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan saraf bayi Anda. Kini setelah melahirkan, asam folat pun tetap dibutuhkan untuk bayi Anda dan tubuh Anda sendiri. Roti gandun, selain memberikan asupan karbohidrat kompleks juga memberikan asam folat yang ibu butuhkan.

  • Sayuran Hijau

Mengkonsumsi berbagai macam sayuran hijau merupakan kebiasaan yang baik bagi semua orang, dan sama pula halnya untuk ibu menyusui. Makanan yang baik untuk ibu menyusui ini mengandung banyak sekali Vitamin A, Vitamin C, zat besi dan kalsium. Tidak lupa, antioksidan pada sayuran juga penting untuk kesehatan Anda dan buah hati. Kombinasikan jenis sayuran hijau yang Anda konsumsi agar Anda mendapat baynak macam nutrisi yang penting.

  • Air

Meskipun ini adalah hal terakhir dari daftar makanan yang baik untuk ibu menyusui, air merupakan salah satu aspek paling penting yang konsumsinya tidak boleh kurang ketika sedang menyusui. Menyusui akan membuat ibu kehilangan banyak cairan. Sedangkan keadaan dehidrasi akan menurunkan energi Anda. Pastikan Anda minum minimal 8 gelas air setiap harinya. Air dapat diminum dalam bentuk yang variatif misalnya air susu, jus bahkan dalam bentuk kuah sop.

Hindari Makanan Ini Saat Sedang Menyusui

  • Alkohol

Jenis minuman ini sama sekali tidak boleh diminum ketika Anda sedang menyusui bayi Anda. Bila Anda terlanjur minum alkohol, maka Anda harus menunggu agar kadar alkohol dalam darah Anda telah menghilang (biasanya 2 – 3 jam tergantung berat badan dan persentase alkohol yang Anda minum).

  • Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi juga tidak disarankan diminum dalam jumlah yang banyak bagi ibu mneyusui. Batas toleransi kafein yang boleh dikonsumsi saat menyusui ialah 200 gram dalam sehari. Kadar itu sebanding dengan 2 – 3 gelas kopi instan sehari atau 4 gelas teh sehari atau juga 5 kaleng minuman soda. Kafein yang terkandung dalam ASI dapat membuat bayi gelisah, jantungnya berdebar dan sulit tidur.

  • Makanan Laut

Meski makanan laut dapat menjadi sumber omega-3 dan asam lemak yang bagus untuk bayi Anda, namun hati – hatilah dengan makanan laut yang mengandung banyak merkuri. Makanan laut yang mengandung banyak merkuri akan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan saraf bayi Anda. Jenis makanan laut yang mengandung banyak merkuri ialah ikan hiu, ikan esut dan ikan tenggiri. ikan dalam ukuran besar juga cenderung mengandung merkuri yang tinggi. Pilihlah makanan laut seperti salmon, teri dan udang karena kandungan merkurinya yang rendah.

Bagaimana? Setelah mengetahui pilihan makanan untuk ibu menyusui di atas, kini Anda pastilah dapat memutuskan makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi di periode menyusui. Konsumsi makanan sehat ini selama 6 bulan atau selama periode pemberian ASI eksklusif agar bayi Anda mendapat semua nutrisi yang ia butuhkan. Kombinasikan jenis makanan di atas agar menu makanan Anda tidak membosankan. Jangan lupa juga untuk menghindari makanan yang harus dihindari pada masa menyusui. Selamat hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *