invisible hit counter

Obat Infeksi Saluran Kencing dan Tips-Tips Penyembuhannya

Obat Infeksi Saluran Kencing dan Tips-Tips PenyembuhannyaInfeksi saluran kencing merupakan salah satu penyakit infeksi yang sering ditemui sehingga tidak heran banyak artikel yang membahas mengenai obat infeksi saluran kencing ini. Secara anatomis saluran kencing seorang manusia dari bawah ke atas terdiri dari uretra, kandung kemih, ureter dan ginjal. Oleh karena itu dalam dunia kedokteran infeksi saluran kemih/kencing ini dapat dibagi berdasarkan lokasi dimana infeksi terjadi, terkadang infeksi saluran kencing ini juga dibagi menjadi infeksi saluran kemih atas dan bawah.

Infeksi saluran kencing bisa menyerang siapa saja mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, pria maupun wanita bisa mengalaminya. Penyakit yang erat hubungannya dengan higiene atau kebersihan seseorang ini juga bisa sangat membahayakan jika tidak ditangani dengan baik karena timbul berbagai komplikasi berbahaya. Untuk itulah mengapa penting bagi kita untuk mengetahui informasi mengenai obat infeksi saluran kencing ini, karena dengan penanganan yang tepat maka infeksi saluran kemih dapat disembuhkan secepatnya.

Sejumlah Obat Infeksi Saluran Kencing yang Diberikan Dokter

Seperti subjudul dari artikel ini, sekarang kita akan membahas mengenai sejumlah obat-obatan yang biasanya diresepkan dokter sebagai obat infeksi saluran kencing. Poin penting yang harus anda perhatikan adalah semua obat-obatan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi atas petunjuk dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap anda. Sekarang mari kita simak apa saja obat-obatan infeksi saluran kencing tersebut!

1. Antibiotik

Obat infeksi saluran kencing yang utama dan paling mungkin diresepkan oleh dokter yang memeriksa anda adalah antibiotik. Mengapa demikian? Infeksi saluran kencing merupakan sebuah penyakit dimana terjadi infeksi oleh mikroorganisme (biasanya berupa bakteri) pada saluran kemih anda (uretra hingga ginjal). Infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada saluran kencing ini harus mendapatkan terapi antibiotik guna menghancurkan mikroorganisme penyebabnya.

Selanjutnya penggunaan antibiotik sebagai obat infeksi saluran kencing ini juga harus diresepkan oleh dokter yang melakukan pemeriksaan. Mengapa harus seperti itu? Saat ini dengan berbagai kemajuan dibidang kesehatan telah hadir cukup banyak antibiotik, setiap antibiotik ini memiliki mekanisme kerjanya masing-masing untuk membunuh bakteri tertentu. Jadi tidak semua antibiotik itu sama dan boleh digunakan dengan bebas, walaupun kegunaan mereka untuk membasmi bakteri terlihat sama saja. Penggunaan antibiotik juga perlu memperhitungkan jenis bakteri yang menginfeksi penderitanya, untuk itulah antibiotik sebagai obat infeksi saluran kencing lebih baik anda konsumsi atas anjuran dokter.

Pada kasus infeksi saluran kencing, bakteri penyebab yang paling sering ditemukan adalah Eschericia coli. Eschericia coli sendiri adalah bakteri yang lebih banyak ditemukan di dalam saluran pencernaan manusia, yang selanjutnya karena kebersihan yang kurang oleh penderitanya saat Buang Air Besar (BAB) ikut masuk ke dalam saluran kencing dan menimbulkan infeksi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang dapat terinfeksi jenis bakteri lain terutama pada penderita infeksi saluran kemih di usia tua, mereka yang sedang dirawat di rumah sakit atau karena penggunaan selang kencing (kateter).

Pilihan terapi antibiotik yang biasa digunakan adalah ciprofloxacin, levofloxacin, amoxicilin kotrimoksazol dan nitrofurantoin. Penggunaan antibiotik-antibiotik diatas sebagai obat infeksi saluran kencing dipilih seorang dokter berdasarkan pada berat ringannya infeksi yang anda alami. Satu informasi terakhir dan penting untuk anda ketahui mengenai pengobatan dengan menggunakan antibiotik adalah konsumsi antibiotik ini harus dihabiskan dan digunakan sesuai anjuran dokter yang memberikannya. Hal ini penting anda ketahui mengingat saat ini sangat banyak penggunaan antibiotik yang tidak tepat dan menimbulkan banyak kasus resistensi terhadap pengobatan dengan antibiotik.

2. analgetik-antipiretik

Obat infeksi saluran kencing yang juga sering diresepkan oleh dokter adalah golongan obat-obatan analgetik-antipiretik. Penggunaan analgetik-antipiretik ini biasanya diresepkan jika terdapat gejala penyerta yang dirasakan oleh penderita infeksi saluran kencing. Gejala penyerta yang sering dikeluhkan berupa demam (pada anak-anak sering berupa demam yang sangat tinggi) dan juga nyeri pada daerah pinggang atau pada perut bagian bawah. Obat analgetik-antipiretik sendiri berarti obat-obatan yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan juga menurunkan panas badan bagi mereka yang mengkonsumsinya.

Pilihan analgetik-antipiretik yang digunakan sebagai obat infeksi saluran kencing adalah parasetamol, ibuprofen dan na-diklofenak, akan tetapi pada beberapa kasus seperti pada infeksi saluran kencing bagian atas terutama pada ginjal maka penggunaan analgetik dari golongan Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS) seperti ibuprofen perlu dihindari. Untuk itu anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengkonsumsi jenis obat-obatan ini.

Tips Mempercepat Penyembuhan setelah Mengonsumsi Obat Infeksi Saluran Kencing

Setelah mengetahui sejumlah obat infeksi saluran kencing yang biasa diberikan oleh dokter untuk menyembuhkan infeksi yang sedang diderita, penderita infeksi saluran kencing juga bisa melakukan sejumlah tips sederhana di bawah ini untuk mempercepat penyembuhan penyakit yang sedang dideritanya. Selain untuk mempercepat penyembuhan, dengan melakukan tips-tips berikut anda juga bisa menurunkan kemungkinan kambuhnya penyakit infeksi saluran kencing ini loh! Apa saja tips tersebut? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!

1. Jangan tunggu bila ingin Buang Air Kecil (BAK)

Hal ini merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi saluran kemih atau membuat infeksi ini tak kunjung sembuh bahkan terjadi berulang-ulang. Dengan tidak menahan BAK anda akan mencegah bakteri berkembang biak di dalam saluran kencing sehingga tidak terjadi infeksi.

2. Banyak minum air

Selanjutnya jika anda ingin mempercepat penyembuhan setelah mengkonsumsi obat infeksi saluran kencing dari dokter, perbanyaklah konsumsi air putih setiap harinya. Hal sederhana ini bisa melancarkan kerja saluran kencing anda loh!

3. Jaga kebersihan setiap buang air

Higiene atau kebersihan saat buang air besar maupun kecil memang sangat erat hubungannya dengan infeksi saluran kencing. Hal ini disebabkan oleh kuman yang berasal dari saluran pencernaan kita bisa saja masuk ke dalam saluran kencing akibat cara membersihkan organ kelamin yang salah. Cara membersihkannya setelah selesai buang air yang benar adalah dengan menggunakan air bersih atau tisu dari depan ke belakang, lakukan kebiaasaan benar ini setiap kali anda buang air.

Hal ini juga berlaku bagi pasangan suami isteri setelah selesai melakukan hubungan, segeralah bersihkan organ intim dan usahakan untuk buang air kecil setelah selesai berhubungan dengan pasangan anda.

Demikianlah sejumlah informasi mengenai obat infeksi saluran kencing yang biasa diresepkan dokter dan juga beberapa tips sederhana untuk mempercepat penyembuhan dan menghindari kambuhnya infeksi saluran  kencing. Perhatikanlah gejala-gejala infeksi saluran kencing, seperti rasa perih dan panas saat BAK, air seni yang keruh, berbau menyengat dan air seni yang keluar sedikit-sedikit setiap BAK dan disertai demam. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk mendapat obat infeksi saluran kencing yang tepat. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *