invisible hit counter

Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh dari Bahan Alami

Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh dari Bahan AlamiAnda pasti pernah mengalami yang namanya gatal pada pada kulit, dan informasi mengenai obat gatal pada kulit berikut ini mungkin dapat menjadi solusinya. Menderita gatal-gatal tentunya sangat mengganggu apalagi jika rasa gatal itu muncul di saat Anda sedang beraktifitas kerja maupun berada pada momen-momen penting. Pastinya Anda akan merasa malu jika harus menggaruk-garuk terus bagian kulit yang merasa gatal. Selain malu, menderita gatal tentunya juga sangat menyiksa karena menyebabkan Anda menjadi kurang berkonsentrasi, istirahat terganggu, dan susah tidur. Orang yang menderita gatal biasanya selalu ingin menggaruk bagian yang gatal, padahal hal ini justru dapat mengakibatkan iritasi sehingga gatal yang diderita akan bertambah parah.

Gatal dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena bakteri, jamur, virus, alergi, gigitan serangga, karena paparan zat kimia tertentu, atau karena faktor psikologis (depresi/stres). Gatal juga dapat disebabkan karena suatu penyakit kronis yang menyebabkan zat tertentu bertumpuk di dalam tubuh sehingga menimbulkan gatal-gatal, seperti penyakit gagal ginjal, sirosis, hepatitis, diabetes, leukemia, dan limfoma. Perubahan hormon juga dapat memicu terjadinya gatal-gatal, misalnya perubahan hormon pada wanita hamil, menopause, maupun pada gangguan hormon tiroid. Pada penyakit anemia defisiensi zat besi pun juga dapat menyebabkan penderitanya mudah mengalami gatal-gatal.

Berbagai Macam Obat Gatal pada Kulit yang Alami

Gatal pada kulit dapat dimanifestasikan dalam berbagai gejala yang bervariasi, seperti ruam merah pada kulit, bintik-bintik kecil, kulit bersisik, tumbuh nanah atau bisul, dan sebagainya. Tempat tumbuhnya pun bervariasi, bisa pada area tertentu saja atau dapat menyebar di sebagian besar anggota tubuh. Untuk mengobati penyakit gatal tersebut, Anda dapat menggunakan obat-obat yang alami dan aman bagi kesehatan. Berikut ini adalah obat gatal pada kulit yang dapat Anda coba:

  1. Ramuan kunyit, temulawak, dan sambiloto

Anda dapat menggunakan ramuan yang terdiri dari kunyit, temulawak, dan daun sambiloto untuk menyembuhkan gatal-gatal. Ramuan ini sangat ampuh dijadikan sebagai obat gatal alergi. Caranya yaitu siapkan 20 gram kunyit, 30 gram temulawak, dan 10 gram daun sambiloto. Kupas kunyit dan temulawak, lalu cuci ketiga bahan tersebut sampai bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuhnya. Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya secara teratur 2 kali dalam sehari.

  1. Daun sirih dan kulit manggis

Untuk mengobati gatal pada kulit, Anda juga dapat menggunakan ramuan daun sirih dan kulit manggis. Cara membuatnya yaitu sediakan 20 lembar daun sirih, 100 gram kulit buah manggis. Cuci sampai bersih kedua bahan tersebut lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah itu gunakan airnya selagi hangat untuk membasuh bagian kulit yang gatal.

  1. Daun biduri

Cara membuat ramuan dari daun biduri untuk menyembuhkan gatal pada kulit yaitu siapkan daun biduri secukupnya lalu cuci sampai bersih dan dihaluskan/ditumbuk. Kemudian campurkan minyak kelapa secukupnya dan dioleskan pada kulit yang mengalami iritasi.

  1. Daun salam

Daun salam dapat digunakan sebagai obat gatal pada kulit karena mempunyai zat antibiotik alami. Cara memakainya yaitu cari daun salam secukupnya, cuci sampai bersih, lalu dilumatkan atau dihaluskan dan tempelkan pada kulit yang gatal.

  1. Daun mahkota dewa

Anda juga dapat menggunakan daun mahkota dewa sebagai obat gatal pada kulit yang ampuh. Cara menggunakannya yaitu siapkan daun mahkota dewa secukupnya, cuci menggunakan air bersih, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Lalu oleskan daun mahkota dewa yang telah dihaluskan tersebut pada kulit yang gatal/iritasi maka akan segera sembuh.

  1. Daun peppermint

Daun peppermint merupakan obat gatal pada kulit karena dapat menurunkan iritasi/peradangan dan pembengkakan. Selain itu daun peppermint juga dapat memberikan sensasi dingin dan rasa nyaman pada kulit. Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu Anda tinggal menggosokkan daun peppermint pada area kulit yang mengalami gatal, tunggu beberapa saat supaya meresap, kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Daun kemangi

Obat gatal pada kulit yang berikutnya yaitu daun kemangi. Daun kemangi mengandung zat yang bernama thymol sehingga efektif sembuhkan gatal-gatal. Cara memakainya, cari daun kemangi secukupnya, cuci sampai bersih, lalu gosok-gosokkan pada kulit yang mengalami gatal/iritasi.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan gatal pada kulit khususnya sebagai obat gatal alergi, sebab mengandung zat anti bakteri, anti jamur, dan antiseptik. Cara pemakaiannya yaitu teteskan cuka sari apel ke dalam kapas lalu oleskan pada kulit yang menderita gatal.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan obat gatal pada kulit yang efektif menyembuhkan kulit iritasi. Caranya yaitu cari daun lidah buaya secukupnya, lalu potong atau patahkan untuk diambil lendir/gelnya. Kemudian oleskan lendir/gel lidah buaya tersebut pada bagian kulit yang iritasi.

  1. Tanah liat

Tanah liat ternyata juga dapat mengobati gatal pada kulit, terutama yang disebabkan karena gigitan serangga. Tanah liat mempunyai kandungan zat yang dapat menarik racun dari dalam kulit sehingga dapat menyembuhkan gatal dan mengurangi rasa sakit. Cara menggunakannya yaitu cari tanah liat secukupnya, taruh di dalam suatu wadah/mangkuk, lalu campurkan air ke dalamnya. Aduk tanah liat bersama air tersebut hingga membentuk pasta, tingkat kekentalannya kira-kira seperti pada selai kacang. Setelah itu oleskan campuran tanah liat tersebut pada kulit yang gatal, biarkan beberapa saat supaya kering, lalu terakhir bilas dengan air bersih.

Selain menggunakan obat gatal pada kulit seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kesembuhan gatal/iritasi yang sedang Anda derita. Tips tersebut antara lain yaitu dengan mengompres bagian kulit yang gatal menggunakan kain flanel yang dibasahi air dingin, selalu menjaga kebersihan kuku, tidak memakai pakaian dengan pakaian yang dapat menambah rasa gatal (misalnya kain wol dan kain yang ketat), dan hindari menggaruk area kulit yang gatal karena dapat menyebabkan iritasi bertambah parah. Selain itu selalu jaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur menggunakan sabun dan air bersih, mengoleskan losion setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulit, selalu cuci tangan setelah beraktifitas, dan menggunakan sprei dari bahan yang lembut (tidak panas).

Anda juga harus berhati-hati pada makanan yang mungkin saja menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda, misalnya alergi udang, telur, kerang, jenis susu tertentu, dan sebagainya. Selain makanan, Anda juga harus mewaspadai zat atau benda yang juga dapat memicu timbulnya alergi sehingga menyebabkan gatal-gatal pada kulit, antara lain yaitu obat-obatan jenis tertentu (misalnya jenis antibiotik dan aspirin), kosmetik, sabun, biang keringat, debu, kain wool, karet, maupun jenis tanaman atau hewan tertentu. Anda sebaiknya juga mengelola psikis/pikiran dengan baik, karena timbulnya gatal juga dapat dipicu karena stres. Jika gatal-gatal pada kulit Anda susah sembuh, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis yang tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *