invisible hit counter

Muncul Flek Coklat Saat Hamil Muda, Perlukah Diwaspadai?

Muncul Flek Coklat Saat Hamil Muda, Perlukah Diwaspadai?Tidak jarang ibu hamil yang mengatakan bahwa ia mendapati flek coklat saat hamil muda. Ya, keluar flek saat hamil merupakan suatu hal yang umum terjadi, namun tetap saja membuat ibu hamil dan keluarga waswas dan bertanya-tanya mengenai keadaan ibu dan kandungannya. Sebenarnya, tidak semua penyebab flek coklat saat hamil muda merupakan hal yang berbahaya dan perlu ditakuti. Ada penyebab yang normal dan sayangnya, ada pula penyebab yang lebih berbahaya.

Flek coklat saat hamil muda haruslah diperhatikan oleh setiap ibu hamil yang sedang mengandung. Catat dan ingat seberapa banyak flek coklat yang keluar, apakah diikuti gejala lain seperti nyeri perut atau mual muntah yang berlebihan dan pada usia kehamilan yang ke berapa flek pertama kali keluar. Bila ragu dan waswas, jangan ragu untuk mengontak dokter kandungan atau bidan Anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Apa Saja Penyebab Flek Coklat Saat Hamil Muda?

Flek coklat pada masa awal kehamilan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Terkadang, flek pada kehamilan muda bukanlah sesuatu yang harus ditakuti karena bisa saja merupakan suatu fenomena yang normal dan tidak menandakan adanya bahaya. Namun, flek coklat ini juga dapat menjadi suatu pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak normal sedang terjadi pada kehamilan Anda. Terkadang juga, flek coklat saat hamil muda menggambarkan kondisi medis yang Anda derita, namun tidak membahayakan kandungan Anda.

Sebagian besar penyebab flek coklat yang terjadi pada awal kehamilan tidak membahayakan kandungan dan calon bayi Anda. Satu dari lima ibu hamil mendapati flek coklat pada trimester pertama, dan data menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil tersebut dapat melanjutkan kehamilan mereka dengan normal dan melahirkan bayi yang sehat. Flek coklat saat hamil muda yang diakibatkan oleh penyebab yang normal pada umumnya terjadi di saat Anda menginjak tanggal menstruasi Anda. Flek mungkin akan keluar selama satu atau dua hari dan jumlah yang keluar biasanya sedikit dengan warna merah tua hingga kecokelatan.

Para ahli berpendapat dan menyimpulkan bahwa ada dua mekanisme dari terjadinya flek coklat saat hamil muda yang tidak berbahaya ini. Pertama, hormon yang biasanya terlibat dalam proses menstruasi Anda lah yang mencetuskan proses perdarahan atau munculnya flek coklat dari jalan lahir Anda. Kedua, flek coklat muncul karena adanya proses implantasi atau penempelan janin ke dinding rahim. Flek yang muncul karena proses implantasi biasanya sedikit, dapat keluar selama beberapa jam sampai beberapa hari.

Kondisi medis lain yang dapat mengakibatkan munculnya flek coklat ialah adanya fibroid atau jaringan lebih yang tidak berbahaya pada dinding rahim Anda, adanya polip yang tidak berbahaya pada rahim serta kelainan darah bawaan seperti penyakit Von Willebrand. Hal lain yang dapat menyebakan keluarnya flek coklat saat hamil muda ialah adanya iritasi pada leher rahim Anda. Pada saat hamil, leher rahim akan menjadi lebih sensitif karena hormon kehamilan dan menjadi mudah berdarah bila bergesekan dengan sesuatu, misalnya ketika berhubungan. Infeksi pada organ kewanitaan Anda juga terkadang dapat menyebabkan munculnya flek coklat.

Selain kondisi di atas, flek saat hamil muda juga dapat disebabkan oleh penyebab yang lebih serius dan dapat membahayakan nyawa ibu serta janin yang sedang dikandungnya. Yang paling terkenal sebagai penyebab keluarnya flek adalah terjadinya keguguran. Lebih lengkapnya, inilah beberapa penyebab munculnya flek coklat saat hamil muda yang wajib diwaspadai:

  • Keguguran

Flek coklat saat hamil muda sayangnya dapat menandakan bahwa Anda mengalami keguguran. Abortus atau keguguran biasanya terjadi pada mereka dengan dinding rahim yang kurang kuat serta pertumbuhan janin yang tidak normal. Keguguran biasa terjadi pada usia kehamilan muda sampai 20 minggu. Gejala keguguran ialah keluarnya perdarahan yang sedikit atau banyak diikuti dengan rasa mulas atau kram perut.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *