invisible hit counter

Muncul Benjolan di Leher Kiri? Inilah Berbagai Penyebabnya

Siapa saja tentu akan sangat terkejut jika menemukan benjolan di leher kiri maupun kanan tanpa alasan yang jelas. Timbul benjolan ini memang sering kali dikaitkan dengan adanya masalah kesehatan pada kelenjar getah bening di leher kita. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, kelenjar getah bening merupakan salah satu organ berukuran kecil seperti kacang yang memegang peranan penting dalam sistem pertahanan tubuh kita.

Kelenjar getah bening tersebar di seluruh tubuh kita termasuk di leher dan merupakan tempat sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari infeksi dan proses imun lainnya. Lalu apakah semua benjolan yang timbul di leher selalu berasal dari Kelenjar Getah Bening? Hal ini tentu tidak benar, berbagai penyakit bisa menimbulkan benjolan pada leher anda. Untuk itu mari kita sama-sama menyimak apa saja kemungkinan penyebab benjolan di leher kiri dan sedikit pembahasan mengenai cara mengobatinya.

Apa Saja Penyebab Benjolan di Leher Kiri yang Sering Ditemui?

Alasan pembesaran Kelenjar Getah Bening (KGB) sebagian besar disebabkan oleh respon tubuh kita terhadap infeksi maupun masalah lain di dalam tubuh. Apapun  kondisi tersebut jika membutuhkan sel-sel darah putih maka kerja KGB anda akan berkali-kali lipat sehingga ukurannya ikut membesar. Akan tetapi ini bukanlah satu-satunya alasan timbul benjolan di leher kiri anda, mari kita simak apa saja penyebab timbul benjolan ini dilihat dari organ yang terlibat.

  • Kelenjar Getah Bening (KGB)

Jika dilihat dari lokasi timbulnya benjolan di leher kiri maka KGB merupakan organ yang paling sering dicurigai mengalami masalah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembesaran KGB terjadi disebabkan oleh respon tubuh kita sendiri terhadap proses infeksi atau masalah lain seperti keganasan. Infeksi dan proses keganasan yang terjadi pada kepala, rongga sinus (rongga pada tulang wajah yang normal berisi udara), tenggorokan, amandel, gigi ataupun kelenjar ludah bisa menyebabkan pembesaran KGB di leher.

Pertama kita akan membahas infeksi pada KGB sendiri, dalam dunia medis kondisi ini disebut dengan istilah limfadenitis. Limfadenitis ini sering disebabkan oleh infeksi bakteri terutama kuman TBC yakni Mycobacterium tuberculosis dan penyakitnya dikenal dengan istilah skrofuloderma.

Infeksi pada KGB atau kelenjar limfe ini akan menimbulkan benjolan di leher kiri atau kanan yang berwarna merah dan nyeri. Kadang infeksi pada KGB ini bisa menyebabkan ulkus atau luka borok pada leher penderitanya jika tidak segera diobati. Luka borok ini banyak terjadi pada kasus limfadenitis TB, infeksi kuman TBC biasanya merupakan penyebaran dari infeksi TBC di tempat lain seperti pada TBC paru.

Kedua, kita akan membahas mengenai infeksi yang terjadi pada organ lain namun menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di leher anda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, infeksi pada rongga sinus, gigi, tenggorokan dan juga amandel akan menyebabkan KGB di leher anda membesar. Hal ini disebabkan pada kasus infeksi di daerah kepala dan leher akan merekrut sel darah putih untuk pertahanan diri dari KGB di daerah leher. Tentu tidak heran jika anda pernah mengalami sakit tenggorokan dan menemukan benjolan di leher kiri dan kanan anda. Infeksi di dalam kasus ini bisa disebabkan oleh apa saja, baik virus maupun bakteri.

Berikutnya penyebab timbulnya benjolan di leher kiri atau kanan anda adalah dari proses keganasan atau kanker. Seperti yang kita ketahui pada kasus kanker terdapat perkembangan sel dan jaringan yang tidak normal di dalam tubuh, dan merusak sistem pertahanan tubuh secara umum sehingga perkembangan sel tersebut tidak dapat ditekan. Pembesaran KGB di leher paling sering disebabkan oleh keganasan yang menyerang bagian kepala dan leher. Keganasan pada daerah kepala dan leher seperti kanker mulut, tenggorokan, kanker pita suara dan juga kanker lidah merupakan efek jangka panjang yang disebabkan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

  • Kelenjar tiroid

Penyebab benjolan di leher kiri ataupun kanan berikutnya berasal dari kelenjar tiroid atau yang sering disebut kelenjar gondok. Kelenjar ini berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak pada leher bagian depan setiap manusia dan mengatur banyak fungsi metabolisme tubuh. Pembesaran kelenjar tiroid bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti pada nodul tiroid khususnya penyakit gondok.

Pada kasus gondok penyebab pembesaran kelenjar tiroid disebabkan oleh kurangnya iodium dari asupan makanan penderitanya. Keluhan yang dirasakan oleh penderita gondok biasanya minimal dan hanya berupa pembesaran kelenjar yang muncul tiba-tiba. Kelenjar tiroid yang membesar biasanya tidak simetris sehingga mungkin saja hanya terlihat pada leher kiri atau kanan.

  • Kelenjar ludah

Penyebab timbulnya benjolan di leher kiri ataupun kanan berikutnya berasal dari kelenjar ludah (kelenjar parotis). Seperti pada 2 kelenjar sebelumnya, beberapa penyakit dapat menyebabkan pembesaran pada kelenjar ini dan berujung pada perasaan timbulnya benjolan pada leher anda. Kelenjar ludah ini sendiri secara normal berada di leher tepat di bawah rahang, di daerah pangkal rahang bawah dan juga di bawah lidah. Penyebab pertama dan paling sering adalah infeksi Virus mumps atau yang lebih dikenal dengan istilah gondongan. Selain gondongan, pembesaran kelenjar air ludah ini juga dapat disebabkan oleh kanker kelenjar parotis.

Lalu, Bagaimana dengan Cara Mengobati Benjolan di Leher Ini?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, penyebab timbulnya benjolan di leher kiri atau kanan ini beragam. Untuk pembesaran KGB yang disebabkan oleh infeksi dari organ lain pada daerah kepala dan leher maka fokus infeksi yang utama harus diobati terlebih dahulu. Jika anda mengalami flu atau radang tenggorokan misalnya, pengobatan radang tenggorokan dan flu tersebut menjadi pilihan utama untuk mengatasi pembesaran KGB di leher.

Berbeda dengan kasus infeksi di atas, pada kasus pembesaran KGB yang disebabkan oleh infeksi kuman TBC maka anda harus mengikuti terapi TBC selama 6 bulan atau lebih secara teratur guna mendapatkan penyembuhan. Jika pada kasus infeksi KGB yang telah menjadi borok maka tindakan pembersihan luka penting dilakukan untuk mengurangi infeksinya.

Selanjutnya, jika timbulnya benjolan disebabkan oleh proses keganasan maka anda harus mendiskusikan jenis terapi yang tepat guna meredam pertumbuhan sel kanker tersebut dengan dokter. Pada kasus kelenjar tiroid pemberian iodium tambahan dan beberapa jenis obat bisa mengurangi keluhan benjolan yang ada, begitu pula pada kasus kelenjar air ludah pemeriksaan dari dokter dapat memberikan pertolongan yang tepat dan aman bagi keluhan anda tersebut.

Untuk itu setelah mengetahui apa saja kemungkinan penyebab timbulnya  benjolan di leher kiri ataupun kanan, anda memang membutuhkan pemeriksaan dan juga saran dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semakin cepat anda mengetahui jenis penyakit yang anda derita, maka akan semakin besar kemungkinan keberhasilan terapi yang anda jalani. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *