invisible hit counter

Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Cara Alami

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Metode TradisionalSecara umum ada banyak sekali jalan atau cara menyembuhkan radang tenggorokan, suatu penyakit yang memang sangat sering diderita oleh masyarakat. Tak bisa dipungkiri bahwa penyakit ini memang tergolong ringan. Namun apabila tidak mendapatkan pengobatan lebih lanjut, bisa saja pada kemudian hari radang tenggorokan akan semakin parah dan menjadi penyakit yang berbahaya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa biasanya radang tenggorokan ini diobati dengan antibiotik yang bisa didapatkan dari dokter atau dibeli di apotek. Akan tetapi apabila ada cara yang lebih alami dan lebih aman, mengapa tidak dicoba? Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa resep ramuan tradisional yang sejak dulu sudah dipercaya menjadi obat untuk penyakit radang tenggorokan.

Penyebab Munculnya Penyakit Radang Tenggorokan

Sebelum lebih jauh lagi membahas tentang ramuan tradisional apa saja yang bisa menjadi cara menyembuhkan radang tenggorokan, apakah Anda tahu dari mana asal penyakit ini? Secara umum radang tenggorokan ini bisa terjadi karena banyak hal, dan terkadang justru hal-hal penyebab sakit radang tenggorokan ini adalah masalah yang sepele. Misalnya karena Anda terlalu banyak makan pedas, terlalu banyak makan dingin, atau bahkan karena Anda terlalu lelah beraktivitas.

Radang tenggorokan sendiri adalah kondisi ketika dinding tenggorokan menebal atau membengkak. Atau biasanya juga bisa terjadi karena pita suara mengalami peradangan. Hal ini bisa terjadi apabila pita suara melakukan pekerjaan yang melampaui batas. Misalnya Anda terlalu banyak berteriak dan mengeluarkan suara, terlalu banyak bernyanyi dalam waktu yang lama, dan sebagainya. Penyakit ini bisa disebabkan oleh dua faktor penyebab, yaitu virus dan bakteri. Virus yang menyebabkan radang tenggorokan adalah virus coxsackie, sedangkan nama bakteri penyebab radang tenggorokan adalah bakteri streptokokus.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri streptokokus diketahui berpotensi bisa menjadi lebih berbahaya ketimbang penyakit yang diakibatkan oleh virus. Namun radang yang disebabkan oleh bakteri ini umumnya hanya berkisar 10-20 % saja dari semua kasus yang terjadi. Sedangkan sisanya didominasi oleh infeksi virus yang terkadang juga disebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab influenza. Nah, yang perlu Anda perhatikan adalah, cara menyembuhkan radang tenggorokan yang terjadi akibat virus ternyata kurang efektif apabila Anda menggunakan antibiotik. Hal ini justru isa mengakibatkan resistensi kuman terhadap antibiotik, akibatnya penyakit radang tenggorokan Anda justru tidak akan segera sembuh.

Gejala Umum Penyakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan ini biasanya ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan, bahkan bisa membuat penderita menjadi kesulitan menelan makanan atau minuman. Kelenjar pada leher biasanya juga akan membengkak, dan apabila dilihat ke dalam mulut maka akan terlihat warna merah yang disertai dengan bercak putih. Terkadang penderita juga akan mengalami demam, meskipun pada beberapa kasus terutama pada radang yang disebabkan oleh virus, penderita lebih kecil potensinya mengalami demam.

Tenggorokan biasanya juga akan merasa kering dan gatal, sehingga terkadang akan membuat penderita radang tenggorokan menjadi mudah haus. Pada awalnya radang tenggorokan bisa membuat suara menjadi serak, namun jika tidak segera diobati maka yang akan terjadi adalah suara bisa hilang untuk beberapa waktu. Penderita juga bisa mengalami batuk dan pilek, atau justru sebaliknya. Biasanya batuk dan pileklah yang juga bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Setelah membahas penyebab dan gejala umum terjadinya radang tenggorokan, di halaman 2 kita akan membahas apa saja cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan bahan herbal alami.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *