invisible hit counter

Menu Diet Seminggu dengan Metode Food Combining

Menu Diet Seminggu dengan Metode Food CombiningBagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, menyusun menu diet seminggu bisa jadi gampang-gampang susah. Kali ini kita akan mencoba menyusun menu diet dalam seminggu berdasarkan metode food combining. Apakah food combining itu? Andang W. Gunawan selaku praktisi sekaligus ahli food combining di Indonesia dalam bukunya yang berjudul Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi Pola Makan untuk Langsing dan Sehat menyatakan bahwa food combining adalah suatu cara pengaturan asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah dari sistem pencernaan untuk mencerna makanan tersebut.

Dalam food combining, dikenal kombinasi makanan yang serasi dan tidak serasi. Dengan food combining, kita akan berusaha untuk hanya mengkonsumsi kombinasi makanan yang serasi agar sistem pencernaan kita dapat memprosesnya dengan baik dan tercipta kondisi ideal dalam tubuh dimana seluruh proses metabolisme berjalan lancar dan normal. Dengan kata lain, dengan food combining kita tidak berfokus pada berapa kilogram berat badan yang akan kita buang.

Tujuan food combining adalah mengembalikan tubuh pada kondisi metabolisme yang baik. Apabila metabolisme tubuh baik, maka dengan sendirinya tubuh akan mengatur berat badan idealnya. Apabila metabolisme tubuh baik, tubuh akan membakar lemak dan di saat yang sama menyediakan zat gizi untuk jaringan kulit dan otot. Sehingga, setelah menerapkan food combining, kita tidak akan menjadi sekedar kurus, melainkan ramping dengan otot yang padat dan kencang.

Contoh Menu Diet Seminggu dengan Metode Food Combining

Food combining dikenal sebagai diet yang paling fleksibel karena Anda tidak perlu menghitung jumlah kalori dalam makanan, mengubah resep makanan tertentu, atau membatasi jumlah makanan yang disantap (meskipun tetap dianjurkan untuk memecah makan dalam porsi yang sedikit tapi sering daripada makan dalam satu waktu dengan porsi besar).

Prinsip mudah menyusun menu diet seminggu dengan metode food combining ini adalah dalam satu hari harus ada 1 menu buah-buahan, 1 menu pati + sayuran, dan 1 menu protein + sayuran. Konsumsi menu buah-buahan sebaiknya di pagi hari, ketika perut kosong, atau beri jarak 15-20 menit sebelum makan (sesudah makan sebaiknya tidak menyantap buah hingga 4-5 jam kemudian, hal ini berlaku juga untuk buah yang dijus).

Selain itu, bagi Anda yang mencoba menerapkan food combining, wajib hukumnya ketika bangun tidur minum segelas air hangat ditambah 1-3 sendok makan perasan jeruk nipis. Cara membuatnya adalah siapkan air hangat terlebih dahulu dalam gelas, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Cara membuat air jeruk nipis yang demikian akan menjamin keutuhan zat vitamin dalam air jeruk nipis yang kita minum. Meminumnya pun harus perlahan-lahan, untuk memberi kesempatan bercampur dengan air ludah dalam mulut kita, baru kemudian ditelan.

Berikut adalah contoh menu diet seminggu dengan metode food combining yang dapat Anda ikuti, dikutip dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi Pola Makan untuk Langsing dan Sehat. Anda tentunya tidak harus mengikuti menu di bawah ini secara mentah-mentah, modifikasilah sesuai dengan kesukaan Anda dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda.

  • Senin

Siang: Ayam panggang bumbu ketumbar, sup tahu bening, selada saus bawang.

Malam: Nasi goreng yang chow, cakue saus ayam manis, mentimun segar dan sambal.

  • Selasa

Siang: Bihun sayuran, gulai tempe, nasi, kerupuk gendar plus lalap dan sambal.

Malam: Oseng kambing ala Mongolia, lumpia kembang tahu, selada hijau dan saus oriental.

  • Rabu

Siang: Tahu telur sambal kecap, kangkung tumis bawang putih, kerupuk merah plus lalap dan sambal.

Malam: Nasi rempah, paprika saus tausi, emping dengan lalap dan sambal.

  • Kamis

Siang: Rawon buncis, perkedel cabe isi tahu, nasi, kerupuk sagu plus lalap dan sambal.

Malam: Sate udang bawang putih, asem-asem, selada.

  • Jumat

Siang: Bubur Manado, sambal dabu-dabu lilang

Malam: Kebab daging sapi, terong bumbu pedas, selada caesar istimewa

  • Sabtu

Siang: Ayam garing, tahu saus tiram, selada

Malam: Nasi goreng bumbu kari, perkedel jagung, kerupuk

  • Minggu

Siang: Tim ikan, tumis sayur saus tiram, selada jamur plus saus oriental

Malam: Spaghetti tumis pedas, selada caesar istimewa

Kombinasi Makanan Serasi dan Tidak Serasi dalam Menu Diet Seminggu Anda

Di atas telah sedikit disinggung bahwa kombinasi menu dalam sehari adalah buah-buahan, pati plus sayuran, dan protein plus sayuran. Mengapa tidak ada pati plus protein? Pati plus protein, terutama protein hewani, termasuk dalam kombinasi makanan yang tidak serasi. Berikut adalah daftar kombinasi makanan yang serasi yang harus Anda ingat ketika hendak menyusun menu diet seminggu menggunakan metode food combining, beserta rasionalnya.

Kombinasi makanan yang serasi:

  • Protein dan lemak

Kombinasi ini merupakan kombinasi alami pada setiap makanan yang unsur dominannya protein, karena unsur lemak dapat memperlambat laju pencernaan agar protein memiliki lebih banyak waktu untuk dicerna dalam lambung.

  • Pati dan lemak

Kombinasi ini serasi dengan catatan penggunaan lemak tidak berlebihan. Misalnya pada roti yang dicampur sedikit mentega, atau nasi dengan sedikit kelapa parut.

  • Lemak dan asam

Jangan menambahkan asam pada makanan yang kadar lemaknya terlalu tinggi karena dapat menghambat seluruh proses pencernaan. Contoh makanan kombinasi ini yang dapat Anda tambahkan dalam menu diet seminggu Anda misalnya kacang-kacangan ditambah buah rasa asam.

  • Gula dan asam

Semua makanan manis dianggap serasi dengan asam (kombinasi alami). Misalnya buah yang rasanya asam dimakan bersama buah yang rasanya manis, yogurt dimakan bersama madu, atau yogurt dimakan bersama buah-buahan manis.

  • Pati dan pati

Anda boleh mengkonsumsi lebih dari satu macam makanan yang mengandung pati, namun jangan berlebihan karena bagaimanapun juga kemampuan tubuh menyimpan zat pati terbatas. Nasi plus bihun goreng, nasi plus kentang bumbu balado, atau nasi plus perkedel kentang bisa Anda tambahkan dalam menu diet seminggu Anda.

  • Protein nabati dan protein nabati

Lemak pada protein nabati cenderung rendah, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk dicerna tidak selama protein hewani. Namun tetap jaga agar protein nabati tidak diolah menggunakan minyak atau lemak yang berlebihan. Kombinasi dari golongan ini yang disarankan adalah antara biji-bijian atau padi-padian dengan kacang-kacangan. Misalnya, nasi merah dengan tempe atau tahu, nasi dengan perkedel kacang merah, dan sup isi aneka biji-bijian.

Selain kombinasi yang disebutkan di atas merupakan kombinasi makanan yang tidak serasi. Protein tidak serasi bila dikombinasikan dengan pati, asam, dan gula. Mungkin di antara kita banyak yang melahap nasi dengan ayam goreng, atau mie dengan bakso daging. Ternyata itu adalah kombinasi makanan yang tidak serasi sehingga harus Anda hindari dari menu diet seminggu Anda.

Telah disebutkan bahwa protein nabati dengan protein nabati merupakan kombinasi makanan yang serasi. Sebaliknya, protein hewani dan protein hewani adalah kombinasi makanan yang tidak serasi. Protein hewani akan memberatkan kerja pencernaan apabila dikonsumsi lebih dari satu macam sekaligus. Daging, misalnya, tidak boleh secara bersamaan dimakan dengan ayam atau susu. Dadar telur, misalnya, tidak boleh dicampur dengan keju.

Demikian sekilas informasi mengenai food combining beserta contoh menu diet seminggu yang dapat Anda ikuti. Selamat mencoba, semoga berhasil dan tetap sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *