invisible hit counter

Menguak Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes, Asam Urat dan Kolesterol

Menguak Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes, Asam Urat dan KolesterolManfaat daun sirsak untuk diabetes sudah dirasakan oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Ternyata sebelum adanya berbagai obat-obatan kimia yang beredar di pasaran saat ini, masyarakat dahulu sudah memanfaatkan tanaman yang lebih alami dan lebih sehat untuk mengatai penyakit diabetes. Tak bisa dipungkiri bahwa diabetes, asam urat dan juga kolesterol tinggi adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami masyarakat pada umumnya. Penyakit-penyakit ini juga biasanya dirasakan saat seseorang mulai memasuki usia tua, karena pada saat masih muda mungkin banyak orang yang menyepelekan penyebab-penyebab penyakit tersebut. Nah, daun sirsak ternyata adalah salah satu obat atau ramuan yang dipercaya bisa mengatasi masalah diabetes, asam urat ataupun kolseterol tinggi. Bahkan untuk keehatan tubuh pun daun sirsak banyak manfaatnya. Untuk lebih memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat, bagi para penderita diabetes mungkin disarankan agar lebih banyak mengonsumsi obat-obatan herbal dan alami ketimbang obat-obatan kimia yang mungkin akan berdampak jika terlalu banyak dikonsumsi.

Apa Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes dan Kesehatan?

Diabetes atau yang juga biasa disebut dengan penyakit kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang cukup sulit diatasi saat sudah mulai parah. Apalagi saat ini diabetes dianggap sebagai salah satu penyakit berat, karena risiko terburuknya adalah kematian. Pada umumnya selain dikarenakan oleh faktor genetika, diabetes juga sangat dipengaruhi oleh pola hidup penderitanya. Misal si penderita sebelumnya terlalu sering mengonsumsi gula, hal tersebut diketahui bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya diabetes. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui gejala awal penyakit ini dan memanfaatkan obat-obatan alami seperti daun sirsak untuk mengobatinya atau mencegahnya agar tidak bertambah arah. Menurut teori yang ada, penyakit diabetes terjadi saat kadar glukosa darah melebihi batas normal, yaitu kisaran 70mg/dl sampai 120 mg/dl. Masalah tersebut akan membuat tubuh Anda mengalami kekurangan insulin sehingga metabolisme di dalam tubuh penderita tidak bisa berlangsung secara normal.

Lalu apa manfaat daun sirsak untuk diabetes? Sampai saat ini ternyata diketahui bahwa kandungan yang ada di dalam daun sirsak bisa menurukan kadar gula dalam darah sampai pada batas normal kadar gula darah menurut WHO. Para ilmuan pun masih melakukan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat daun sirsak untuk kesehatan termasuk untuk mengatasi diabetes. Pasalnya meskipun sudah banyak teruji oleh masyarakat, namun ternyata penggunaan daun sirsak untuk mengatasi diabetes ini masih belum teruji secara klinis. Namun saat dilakukan percobaan, para peneliti berhasil menemukan teori bahwa kandungan yang ada pada daun sirsak ini bisa memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang fungsinya untuk memproduksi insulin.

Beberapa zat atau senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak seperti lemak, vitamin A, vitamin B, fruktosa, protein, kalsium senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, steroid dan juga asetogenin inilah yang membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah untuk tetap berada pada batas normal.

Nah, ternyata manfaat daun sirsak untuk diabetes atau untuk penyakit lain sudah cukup teruji karena sudah banyak orang yang memanfaatkan ramuan tradisional ini, bahkan para ilmuan pun mengakuinya. Akan tetapi tidak sembarang daun sirsak yang bisa Anda manfaatkan. Anda membutuhkan jenis daun sirsak yang masih muda untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Cara pembuatan ramuannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Pertama yang perlu Anda persiapkan adalah daun sirsak muda. Kemudian rebus daun sirsak tersebut dengan air sampai airnya mendidih. Nah, setelah itu ambil airnya dan Anda bisa meminum ramuan tradisional ini setia hari agar penyakit diabetes bisa segera teratasi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari daun sirsak untuk penyakit diabetes, Anda disarankan agar meminum ramuan ini saat malam hari sebelum tidur.

Artikel mengenai manfaat daun sirsak ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *