invisible hit counter

Perkembangan Janin 36 Minggu dan Persiapan Persalinan

Perkembangan Janin 36 Minggu dan Persiapan PersalinanPada perkembangan janin 36 minggu, atau minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, sang calon bayi sudah hampir mencapai bentuk sempurna, baik dari segi berat, ukuran, maupun perkembangan organ-organ tubuhnya. Dibandingkan dengan perkembangan janin 30 minggu, pada usia 36 minggu tidak ada organ baru yang terbentuk melainkan hanya penyempurnaan organ tubuh yang telah lengkap sebelumnya. Pada usia kehamilan ini janin mengalami pertumbuhan ukuran yang cukup signifikan, selain itu posisi bayi sudah cukup turun di kandungan karena sudah menuju kesiapan untuk lahir (gambar hanya sebagai ilustrasi perkembangannya saja, tidak termasuk ilustrasi posisinya di dalam kandungan).

Pada sebagian besar, secara normal ibu hamil melahirkan antara minggu 39 dan 41. Meskipun demikian persiapan kelahiran harus dilakukan jauh hari sebelumnya, dikarenakan kondisi kelahiran yang berbeda-beda, penanganan ahli medis, atau bisa saja terjadi kelahiran prematur.

Pada usia kehamilan ini biasanya sang ibu menjadi lebih khawatir dan cemas mengenai bagaimana saat melahirkan nanti. Namun perasaan tersebut sangat wajar dirasakan ibu. Persiapan yang baik akan mempermudah proses kelahiran. Periksakan ke ahli medis atau bidan secara berkala untuk mengecek keadaan kehamilan anda. Perhatikan tanda gerakan-gerakan janin menjelang kelahiran.

Perkembangan Janin 36 Minggu dan Kondisi Sang Ibu

Selain janin yang mulai berkembang pesat di minggu-minggu terakhir kehamilan, sang ibu yang mengandung juga mengalami beberapa gejala dan keluhan yang memang pada umumnya dirasakan oleh semua ibu hamil. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebanyakan justru merasakan takut dan cemas mengenai proses kelahiran nanti. Namun sebaiknya pada saat-saat seperti itu bunda menjauhkan diri dari perasaan khawatir yang berlebihan dan juga stres.

Usahakan untuk lebih rileks, nyaman dan membayangkan hal-hal indah saat menjalani minggu-minggu terakhir kehamilan.Bayangkan saja janin yang dikandung sang ibu sudah mulai sempurna dan hampir siap keluar untuk menyapa sang ibu, betapa bahagianya saat si kecil sudah hadir dalam keluarga anda.

Lalu bagaimanakah perkembangan janin 36 minggu? Berikut ulasan selengkapnya mengenai perkembangan janin di minggu-minggu terakhir kehamilan.

  1. Setiap minggunya janin akan mengalami peningkatan berat badan. Di minggu-minggu terakhir ini biasanya bayi mengalami peningkatan sekitar ½ pon setiap minggunya. Maka dari itu tak heran jika Anda merasakan rahim menjadi semakin sempit. Sang bayi yang sudah siap untuk melihat dunia luar akan dibantu peningkatan berat badanya dengan lapisan tumpukan lemak yang memantu mengatur suhu tubuh dan mengembangkan kekebalan tubuh.
  2. Pada perkembangan janin 36 minggu juga bisa Anda rasakan juga saat posisi janin semakin rendah. Hal ini dikarenakan bayi sudah siap untuk turun ke jalan lahirnya. Panjang bayi saat minggu-minggu tersebut biasanya mencapai sekitar 47 cm dan beratnya 2,5 kilogram.
  3. Pada minggu ke-36 pastikan posisi bayi di dalam rahim tidak sungsang. Dan untuk memastikan posisinya tersebut, periksakan kandungan Anda karena masih ada kemungkinan untuk sang bayi mengubah posisinya di dalam rahim. Yang normal adalah kepala bayi berada di bawah memasuki jalan keluarnya dan bagian bokongnya berada di atas. Janin pun semakin sering bergerak.
  4. Mendekati minggu terakhir kulit janin akan semakin sempurna. Warnanya menjadi putih kemerahan atau merah agak gelap.
  5. Selain itu perkembangan janin 36 minggu ditandai dengan tumbuhnya rambut yang semakin lebat dan juga terbentuknya kuku-kuku pada ujung jari tangan dan juga pada jari-jari kaki.

Selain berbagai hal luar biasa yang dialami janin dalam perkembangannya pada minggu ke 36, sang ibu tentunya juga mengalami berbagai perubahan, gejala, dan keluhan yang dirasakan pada minggu-mingu akhir kehamilan tersebut. Simak di halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *