invisible hit counter

Mengetahui Berapa Kadar Gula Darah Normal dan Cara Menjaganya

Mengetahui Berapa Kadar Gula Darah Normal dan Cara Menjaganya

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai cara menghitung kadar gula darah normal. Kadar gula darah yang normal bukan dihitung, melainkan dibandingkan dengan rentang kadar gula yang telah ditetapkan oleh badan kesehatan yang diakui secara internasional. Caranya mudah, anda haruslah mengetahui terlebih dahulu berapa kadar gula darah Anda yang bisa diketahui dari berbagai macam jenis pemeriksaan darah. Setelah mengetahui kadar gula darah Anda, bandingkanlah dengan batas kadar gula darah dari WHO. Namun mendiagnosis penyakit kencing manis tidak sesederhana membandingkan kadar gula saja. Ikuti ulasan artikel ini untuk menambah pengetahuan Anda mengenai kadar gula darah normal.

Cara Mengetahui Kadar Gula Darah

Satu-satunya cara yang paling standard untuk mengetahui kadar gula darah adalah dengan memeriksakan darah Anda di laboratorium untuk melihat berapa kadar gula yang terdapat di darah Anda. Caranya mudah, laboratorium hanya memerlukan beberapa ml darah Anda sebagai sampel yang akan diteliti di laboratorium. Setelah menunggu beberapa menit atau jam, laboratorium akan mendapatkan data kadar gula darah Anda.

Berbicara mengenai tes untuk megetahui kadar gula darah, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis pemeriksaan gula darah. Terdapat empat pemeriksaan kadar gula yang dapat dilakukan. Yaitu gula darah sewaktu, gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan dan pemeriksaan kadar HbA1C.

Gula darah sewaktu. Merupakan pemeriksaan kadar gula darah yang paling mudah dan sederhana. Untuk melakukan pemeriksaan ini, Anda tidak perlu melakukan persiapan puasa. Sesuai dengan namanya, gula darah sewaktu dapat diperiksa kapanpun tanpa memandang kapan waktu makan terakhir Anda. Pemeriksaan ini dapat menjadi acuan kasar untuk mendiagnosis diabetes mellitus sekaligus menjadi alat pengontrol gula darah harian yang dapat Anda lakukan.

Gula darah puasa. Merupakan pemeriksaan kadar gula darah dengan persiapan puasa. Yang dimaksud dengan puasa adalah Anda tidak boleh makan dan minum selama waktu 8 jam sebelum memeriksa kadar gula darah. Hasil pemeriksaan kadar gula darah puasa lebih dapat diandalkan daripada gula darah sewaktu. Biasanya pemeriksaan gula darah puasa akan dilanjutkan dengan pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan.

Gula darah 2 jam setelah makan. Adalah pemeriksaan yang juga banyak digunakan untuk mendiagnosis diabetes dan juga mengecek apakah insulin atau obat-obatan yang diberikan dokter sudah dalam dosis yang tepat. Untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah 2 jam setelah makan, Anda harus puasa selama 8 jam sebelum melakukan tes ini. Biasanya darah Anda akan diambil terlebih dahulu untuk menentukan kadar gula darah puasa. Setelah itu, Anda diberi makanan atau air gula. Dua jam setelah makan, darah Anda akan diambil lagi untuk dilakukan pemeriksaan kembali. Tes ini juga berguna untuk melihat respon tubuh terhadap gula yang masuk ke dalam darah.

HbA1C. Merupakan pemeriksaan kadar gula darah yang paling modern dan dapat menjadi acuan secara objektif. Pemeriksaan ini mempunyai tujuan untuk melihat rerata kadar gula daran Anda selama 3 bulan. Yang diperiksa di sini agak sedikit berbeda dengan 3 pemeriksaan lainnya di atas. Pemeriksaan ini cukup dapat diandalkan untuk melihat keberhasilan terapi dan perubahan gaya hidup Anda selama 3 bulan ke belakang.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis penghitungan kadar gula darah, di halaman 2 Anda dapat membandingkannya dengan standar kadar gula darah normal yang telah ditetapkan oleh WHO. Jangan lewatkan juga hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap terkontrol.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *