invisible hit counter

Mengetahui Bagaimana Perkembangan Janin 32 Minggu di Dalam Kandungan

Previous 1 2

Perkembangan Janin Anda Sampai Minggu ke-32

Selain ibu yang mengalami perubahan secara fisik ataupun secara emosional, janin pun pasti akan mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat. Seolah sudah mempersiapkan dirinya untuk segera keluar dari perut sang ibu, dalam usia 8 bulan ini janin sudah berada pada posisi di jalur lahir dengan kepala yang berada di bawah. Mulai dari minggu awal di usia kandungan 8 bulan, janin sudah berukuran panjang kurang lebih 37 cm dan berat 1,25 kg. Pada perkembangan janin 32 minggu, janin masih akan terus mengalami perkembangan. Maka dari itu jagalah selalu kondisi kesehatan Anda dan janin supaya tidak terjadi kelahiran prematur. Pasalnya lahir secara prematur bisa saja meningkatkan risiko perkembangan mental dan fisik yang lambat. Bahkan jika lahir prematur pada usia 8 bulan, bayi akan sulit untuk bernapas.

Kemudian di minggu kedua pada bulan ke-8 kehamilan, berat bayi semakin bertambah. Panjangnya pun bertambah kurang lebih 1 cm. Puncak rahim pun berpindah ke bagian atas pusar, sehingga akan membuat sang ibu kurang nyaman karena akan merasa nyeri atau sakit pada daerah panggul. Pada minggu-minggu ini, tetaplah ajak komunikasi janin yang ada di dalam kandungan Anda dengan cara mengusap-usap perut Anda dan mengajaknya bicara. Gerakan-gerakan pun akan diperlihatkannya dengan gerakan tendangan-tendangan kecil, gerakan yang cepat, bahkan bisa sampai membuat Anda merasa nyeri. Otak pun akan mulai berkembang dengan sangat pesat pada minggu-minggu ini.

Semakin mendekati bulan ke-9, berat bayi terus bertambah setiap minggunya. Panjangnya pun sudah mencapai 40 cm. Naah, pertambahan berat dan juga panjang janin ini juga akan memberikan dampak yang cukup menyulitkan sang ibu. Karena menjelang perkembangan janin 32 minggu, biasanya akan mulai muncul gejala-gejala seperti rasa nyeri yang Anda rasakan pada bagian bawah tulang iga kanan Anda. Anda terkadang akan merasa pusing dan juga penglihatan yang berkunang-kunang. Untuk posisi janinnya, gerakan janin akan sedikit berkurang karena posisinya yang melengkungkan badannya dengan tangan dan kaki yang bersilangan.

Nah, pada usia 32 minggu inilah janin akan menunjukkan aktivitas yang sangat sering. Bahkan jika Anda bisa menghitungnya, dalam sehari Anda bisa merasakan lebih dari 350 kali gerakan dari sang bayi. Meskipun tidak semua gerakan akan Anda sadari, namun aktivitas tersebut dilakukan oleh bayi Anda. Panjangnya sudah mencapai 42 cm dan beratnya pun berkisar antara 1,8 kg – 2 kg, karena setiap bayi tidak memiliki berat yang sama. Semakin mendekati masa persalinan, Anda harus lebih sering melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan Anda minimal 2 minggu sekali.

Seperti itulah kira-kira perkembangan janin pada usia 8 bulan di dalam kandungan. Nah, bagi Anda para ibu hamil usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara memperbanyak konsumsi air putih. Untuk mengurangi gejala yang tidak Anda inginkan, hindari juga konsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein, latihlah pernapasan Anda supaya Anda tidak terkejut saat terjadi kontraksi. Dan semakin dekat dengan hari kelahiran tiba, Anda juga disarankan untuk menjaga kandung kemih supaya tetap dalam kondisi yang kosong. Demikian informasi tentang perkembangan janin 32 minggu di dalam kandungan. Semoga bermanfaat.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *