invisible hit counter

Mengetahui Bagaimana Perkembangan Janin 32 Minggu di Dalam Kandungan

Mengetahui Bagaimana Perkembangan Janin 32 Minggu di Dalam KandunganPerkembangan janin 32 minggu sudah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat, karena semua indra yang mulai tumbuh pada janin sudah mulai bisa berfungsi. Bahkan para ibu hamil pun pasti akan lebih sering merasakan gerakan-gerakan dari sang janin berupa tendangan atau gerakan-gerakan lain. Janin pun mulai terbentuk secara sempurna dan posisinya pun sudah mulai sesuai dengan posisi normal untuk melakukan persalinan. Untuk posisi yang normal, seharusnya posisi kepala bayi berada di bagian bawah (gambar hanya sebagai ilustrasi perkembangannya saja, tidak termasuk ilustrasi posisinya di dalam kandungan). Nah, di bulan ke delapan ini ada banyak perkembangan yang tentunya harus diketahui sang ibu. Anda pun harus sering melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan supaya Anda bisa lebih jelas dan bisa memantau kondisi kandungan Anda. Ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan sebagai seorang ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin dan juga perkembangan janin Anda. Salah satunya adalah, apabila ternyata terdeteksi suatu kelainan atau gangguan kecil, maka Anda bisa segera mengatasinya sebelum gangguan-gangguan tersebut menjadi lebih besar dan lebih mengganggu. Jadi, apa saja perkembangan yang sudah dialami janin pada usia kandungan 8 bulan? Dan apa perubahan yang dialami oleh sang ibu? Ini penjelasannya.

Pengaruh Perkembangan Janin 32 Minggu untuk Sang Ibu

Bagi seorang ibu hamil, sejak kehamilan di miggu-minggu pertama pun Anda pasti akan mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan fisik sampai dengan perubahan emosional. Perubahan tersebut pun bisa Anda deteksi dari luar atau terkadang tidak terlihat atau terdeteksi oleh siapapun kecuali melalui pemeriksaan medis. Pada usia kandungan 8 bulan, kondisi perut ibu tentu akan semakin membesar. Apalagi Anda sudah memasuki trimester kehamilan terakhir dan sudah sangat dekat dengan hari H persalinan. Pada perkembangan janin 32 minggu, biasanya yang akan terjadi adalah munculnya rasa nyeri pada bagian pinggang yang sering dialami oleh para ibu hamil.

Penyebabnya adalah karena otot perut yang sudah mulai melemah karena ukuran kehamilan yang semakin lama semakin besar. Hal tersebut akan mendorong bahu Anda untuk mendukung semakin besarnya rahim Anda. Untuk itu para ibu hamil saat memasuki usia kandungan 8 bulan Anda disarankan untuk lebih banyak beristirahat dan menjaga kondisi tubuh. Jika Anda seorang pekerja kantoran, lebih baik Anda ambil cuti untuk beristirahat sampai masa persalinan selesai. Selain beristirahat, untuk menjaga kondisi tubuh Anda juga bisa melakukan beberapa hal atau aktivitas sederhana seperti dipijat, relaksasi, senam ibu hamil, diet sehat, dan melakukan peregangan. Jika Anda merasa sakit, pastikan Anda sama sekali tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit jenis apapun. Justru sebaiknya Anda lebih sering mengontrol kondisi Anda ke dokter kandungan Anda.

Perubahan secara fisik yang dialami oleh sang ibu saat perkembangan janin 32 minggu yang selanjutnya adalah produksi hormon relaksin. Hormon inilah yang akan membantu otot panggul Anda menjadi lebih longgar dan lebih fleksibel sehingga memudahkan proses melahirkan. Efek yang akan Anda rasakan tidak terlalu mengganggu, maka dari itu jangan khawatir karena efek yang terjadi pada kaki pun hanya terjadi sementara. Ketika usia kehamilan menuju usia 32 minggu, setiap 2 minggu sekali rutinlah untuk mengunjungi dokter kandungan Anda. Pada minggu-minggu tersebut akan terjadi posisi rahim berada di atas pusar dan bisa mendorong organ-organ dalam tubuh Anda sehingga bisa mengakibatkan beberapa dampak yang kurang nyaman. Misalnya sembelit, sakit perut, gangguan pencernaan, hingga sesak napas. Untuk itu, konsumsilah berbagai jenis makanan yang memang disarankan untuk para ibu hamil.

Artikel ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *