invisible hit counter

Mengenali Penyebab Penyakit Tipes untuk Melakukan Pencegahan

Mengenali Penyebab Penyakit Tipes untuk Melakukan PencegahanTipes merupakan penyakit yang merepotkan sehingga mengetahui penyebab penyakit tipes dapat membantu Anda menghindari penyakit ini. Penyakit tipes merupakan suatu penyakit endemis atau yang hampir selalu ada dari waktu ke waktu di negara Indonesia. Penyakit tipes memang lebih umum terjadi di negara seperti India, negara Asia Timur, Afrika dan terutama Indonesia. Penyakit tipes pun dapat menyerang semua usia, baik anak kecil sampai orang dewasa.

Demam tinggi pada malam hari merupakan salah satu gejala penyakit tipes yang khas. Tanda-tanda penyakit tipes lainnya ialah menjadi sulit BAB atau malah diare, merasa mual, lemas dan demam yang suhunya terus meningkat selama berhari-hari. Komplikasi penyakit tipes sendiri termasuk keadaan yang membahayakan karena dapat menyebabkan penyakit di berbagai organ. Karena alasan inilah mengetahui penyebab penyakit tipes merupakan suatu hal yang harus dilakukan masyarakat Indonesia.

Penyebab Penyakit Tipes: Infeksi Kuman

Penyakit tipes merupakan suatu penyakit infeksi. Apa yang dimaksud dengan infeksi? Infeksi adalah suatu keadaan masuknya mikroorganisme ke dalam tubuh manusia. Mikroorganisme yang masuk ke delama tubuh manusia dapat menyebabkan penyakit atau bisa juga tidak menyebabkan penyakit. Pada penyakit tipes, infeksi kuman jelas akan menyebabkan penyakit yang berbahaya.

Mikroorganisme yang menyebabkan penyakit tipes adalah suatu bakteri yang dinamakan bakteri Salmonella. Ada 2 jenis bakteri yang dapat menjadi penyebab penyakit tipes; yaitu Salmonella typhi dan Salmonella paratyphi. Bakteri yang memberikan gejala yang khas untuk penyakit tipes adalah Samonella typhi.

Penularan bakteri yang menyebabkan tipes terjadi melalui makanan atau minuman. Bakteri Salmonella masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi manusia melalui saluran pencernaan, yang artinya ialah bakteri tersebut harus berada di makanan atau minuman yang kita konsumsi. Salmonella sendiri berasal dari kotoran atau feses manusia yang terinfeksi oleh bakteri ini. Berdekatan dengan penderita tipes

Jadi, mengkonsumsi air yang tidak bersih atau tidak dimasak dapat menjadi penyebab penyakit tipes karena bakteri Salmonella dapat mengkontaminasi air. Membeli minuman dengan kemasan pabrik juga merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencegah tipes karena kebersihan airnya yang pasti terjaga.

Mengkonsumsi makanan yang diolah di rumah sendiri pun merupakan salah satu usaha untuk mencegah penyakit tipes. Karena makanan yang tidak bersih juga dapat menjadi penyebab penyakit tipes. Terutama makanan yang tidak dimasak dengan matang dan mengandung banyak air, misalnya agar. Ingatlah untuk selalu memasak makanan hingga matang agar bakteri Salmonella tidak menjadi penyebab penyakit tipes bagi Anda.

Bakteri yang pernah menginfkesi manusia seringkali masih ada di tubuh dan menjadi tidak aktif. Namun bakteri ini masih dapat ditularkan ke orang lain melalui tinja. Berbeda dengan hepatitis A yang biasanya terjadi pada daerah tertentu yang sedang terjadi wabah penyakit liver tersebut, tipes dapat ditularkan bahkan di daerah yang sedang tidak ada wabah tipes. Alasannya karena bakteri tersebut dapat berada di tubuh manusia yang bahkan telah sembuh dari penyakit tipesnya dan orang tersebut sudah tidak menunjukkan tanda penyakit tipes.

Penyebab penyakit tipes tidak hanya disebabkan karena bakteri tersebut menginfeksi usus, namun karena racun atau toksin bakteri Salmonella yang beredar di seluruh tubuh. Pada awalnya, bakteri yang masuk melalui makanan atau minuman yang tertelan manusia akan memasuki lambung. Bakteri ini dapat lolos dari asam lambung dan terus masuk ke dalam usus. Di sinilah bakteri akan mulai masuk ke dalam peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Penyebaran kuman Salmonella terjadi ke seluruh organ dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan demam pada gejala penyakit tipes. Beberapa bakteri akan tetap berada di dinding usus dan berkembang biak di sana. Ini akan menyebabkan penderita tipes menjadi sulit BAB atau malah menjadi sering BAB atau diare. Bakteri ini pun senang berkumpul di kantung empedu dan inilah alasan ada orang yang sudah tidak bergejala tipes namun masih dapat menularkan penyakit ini.

Bila tidak diobati, penyakit tipes dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi para penderitanya. Mungkin komplikasi paling terkenal dari penyakit tipes ini adalah terbentuknya lubang pada usus dan perdarahan organ dalam. Namun sebenarnya masih banyak komplikasi penyakit tipes seperti dapat terjadi gangguan kesadaran, infeksi paru, infeksi jantung, infeksi liver dan infeksi ginjal. Mengetahui bahwa komplikasi tipes merupakan sesuatu yang berbahaya, maka pengobatan penyakit ini tidak dapat disepelekan.

Obat Alami Penyakit Tipes yang Dapat Anda Coba

Penyakit tipes merupakan penyakit yang berbahaya apalagi bila terjadi komplikasi. Jaman dahulu, sebelum ditemukannya obat antibiotik, penyakit tipes menyumbang angka kematian yang cukup tinggi di Indonesia dan dunia. Namun sekarang setelah antibiotik ditemukan angka kesembuhan tipes semakin bertambah dan dapat disembuhkan secara sempurna.

Pengobatan untuk melawan bakteri paling baik bila menggunakan antibiotik yang diresepkan dokter. meski artikel ini membahas obat alami penyakit tipes, namun sebaiknya obat alamai dipakai sebagai terapi tambahan saja dan tetap menggunakan obat apotek dari dokter sebagai terapi utamanya.

  • Kompres air dingin: lakukan ini ketika suhu tubuh meninggi. Air dingin yang dipakai ialah air keran, bukan air es kulkas. Kompres dapat dilakukan menggunakan kain
  • Minum air lebih banyak: keadaan demam dan diare membuat tubuh membutuhkan air lebih banyak untuk mencegah dehidrasi. Targetkan 10 gelas air putih matang sehari. Boleh juga dikombinasikan dengan juice atau air gula.
  • Oralit: lakukan ini terutama bila diare adalah tanda penyakit tipes utama Anda. Kini banyak oralit kemasan yang dijual di apotek.
  • Cuka apel: obat ini baik untuk mengurangi suhu tubuh dan memberikan mineral yang dibutuhkan tubuh. Caranya mudah, campurkan 1/2 sendok makan cuka apel dengan sedikit madu pada segelas air.
  • Bawang putih: makanan ini mempunyai efek antibakteri dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Makanlah 2 siung bawang putih saat perut kosong dalam beberapa minggu. Namun hindari pemberian bawang putih pada anak-anak.
  • Pisang: buah ini dapat menurunkan suhu tubuh dan mengurangi diare. Cukup akan 2 sampai 3 buah pisang sehari sampai gejala penyakit tipes menghilang.
  • Istirahat di tempat tidur: jangan bergerak atau beraktivitas dahulu ketika penyakit tipes menyerang. Usahakan agar Anda tetap berdiam di tempat tidur dan tidak melakukan aktivitas fisik apapun.
  • Baca selengkapnya: Berbagai Pilihan Obat Sakit Tipes dari Bahan Alami.

Mengetahui penyebab penyakit tipes dapat membantu Anda mencegah penyakit tipes. Tips ini terutama berguna bagi anak atau kerabat Anda yang masih kecil karean tipes sanagt sering menyerang anak kecil. Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih. Selalu juga jaga kebersihan tangan dan rumah Anda agar tidak terkontaminasi dengan bakteri penyebab penyakit tipes. Terakhir jangan lupa berobat ke dokter Anda untuk diobati dengan antiobiotik agar Anda terhindar dari komplikasi penyakit tipes yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *