invisible hit counter

Mengenal Berbagai Penyakit pada Peredaran Darah dan Cara Pencegahannya

Mengenal Berbagai Penyakit pada Peredaran Darah dan Cara PencegahannyaPenyakit pada peredaran darah adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang juga cukup berisiko merenggut nyawa. Pasalnya darah adalah salah satu komponen penting di dalam tubuh yang memengaruhi semua kinerja organ tubuh. Jika saluran darah mengalami gangguan, maka yang akan terjadi adalah munculnya berbagai macam gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan kesehatan yang ringan hingga yang kronis dan berbahaya. Pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenali beberapa macam penyakit terkait peredaran darah dan juga bagaimana cara pencegahannya. Mengapa harus mengetahui hal tersebut? Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara pencegahannya, Anda harus ingat bahwa semua orang berisiko mengalami penyakit peredaran darah tersebut. Apalagi di zaman modern ini masyarakat semakin mengabaikan pola hidup dan kesehatannya.

Jenis-Jenis Penyakit pada Peredaran Darah Manusia

Secara umum ada banyak jenis penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah manusia. Bahkan terkadang satu gangguan peredaran darah bisa memicu munculnya berbagai penyakit lain yang bisa menggerogoti kesehatan Anda. Maka dari itu sudah sepatutnya Anda selalu menjaga kesehatan tubuh supaya Anda tidak mengalami gangguan pada peredaran darah Anda. Nah, supaya Anda lebih mengenali berbagai jenis penyakit pada peredaran darah dan supaya Anda bisa lebih waspada terhadap penyakit-penyakit tersebut, simak informasi yang telah kami rangkum berikut ini.

  1. Varises

Varises adalah salah satu penyakit ringan yang mengganggu peredaran darah manusia. Varises terjadi ketika pembuluh vena (pembuluh darah balik) mengalami pelebaran dan berkelok-kelok. Hal tersebut diakibatkan karena adanya hambatan yang terjadi pada aliran darah di pembuluh vena. Penyebabnya adalah klep vena yang bekerja kurang maksimal dalam mengatur aliran darah. Akibatnya aliran darah yang mengarah ke jantung akan terhambat dan bisa mengakibatkan terjadinya arus balik aliran darah.

  1. Hipertensi

Penyakit pada peredaran darah selanjutnya adalah tekanan darah tinggi atau yang juga disebut dengan hipertensi. Di mana kondisi penyakit peredaran darah ini terjadi apabila sistole dan diastole melebihi batas normal. Hipertensi ditandai dengan sistole yang mencapai lebih dari 140 mmHg dan atau diastole yang lebih dari 99 mmHg. Dan penyebab penyakit peredaran darah yang satu ini cukup bervariasi, kasusnya tidak sama pada setiap orang. Hipertensi bisa disebabkan karena penyakit ginjal, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, obesitas, bahkan bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan.

  1. Hipotensi

Kebalikan dari hipertensi, hipotensi adalah penyakit tekanan darah rendah. Di mana penyakit pada peredaran darah yang satu ini justru diakibatkan karena sistole dan diastole jumlahnya di bawah normal. Tekanan darah rendah atau hipotensi ini bisa diakibatkan oleh beberapa masalah, salah satunya adalah karena terjadinya perdarahan. Contohnya wanita yang sedang menstruasi atau haid misalnya. Hipotensi juga bisa diakibatkan karena diet terlalu ketat atau karena mengonsumsi obat penurun tekanan darah secara berlebihan. Gejala yang paling umum dialami oleh penderita hipotensi adalah lemah, lesu, bahkan sewaktu-waktu bisa jatuh pingsan.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit pada peredaran darah yang sangat berbahaya. Apabila sudah kronis, risiko yang paling berbahaya adalah kematian. Ada beberapa jenis penyakit jantung, yaitu jantung koroner, gangguan jantung dan gagal jantung. Jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah pada pembuluh koroner (arteri dan vena). Sedangkan gangguan jantung bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya sama dengan penyebab jantung koroner. Dan gagal jantung adalah kondisi di mana kontraksi jantung mengalami gangguan yang mengakibatkan volume darah dalam tubuh akan menurun.

  1. Leukemia

Penyakit yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di masyarakat. Pasalnya penyakit yang satu ini juga sama mematikannya dengan penyakit jantung. Leukemia adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan leukosit yang berlebihan. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh adanya paparan sinar radioaktif, infeksi virus, mengonsumsi zat kimia yang berbahaya untuk tubuh, bahkan juga bisa diakibatkan oleh faktor keturunan. Gejala yang ditunjukkan oleh si penderita biasanya berupa kulit yang berwarna pucat, perdarahan di hidung, berat badan menyusut, lesu, lemas, dan biasanya akan mengalami demam di malam hari.

  1. Hemofilia

Hemofilia adalah sebuah penyakit pada peredaran darah yang diakibatkan oleh faktor keturunan. Gejala yang biasanya dialami oleh penderita hemofilia adalah jika terluka dan mengalami perdarahan, maka perdarahan tersebut akan sulit berhenti. Biasanya penyakit ini diturunkan secara resesif oleh kromosom wanita. Nah, Ada dua faktor yang bisa mengakibatkan seseorang terkena hemofilia, yaitu defisiensi faktor VIII dan defisiensi faktor IX, beberapa faktor utama yang menyebabkan darah sukar membeku. Dan apabila tidak ditangani secara serius, penyakit ini bisa berdampak buruk bagi penderitanya di kemudian hari.

Cara Mencegah Penyakit Peredaran Darah

Setelah Anda mengetahui beberapa macam penyakit pada peredaran darah, kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai bagaimana langkah pencegahan untuk meminimalisir berbagai kemungkinan terjangkitnya penyakit peredaran darah. Yang perlu Anda lakukan tidaklah sulit. Pertama, ketika Anda terluka usahakan untuk segera menghentikan perdarahannya supaya darah tidak terus mengalir. Hal ini berfungsi untuk mencegah kehilangan banyak darah yang bisa mengakibatkan darah rendah.

Anda juga harus mengubah kebiasaan atau pola hidup Anda menjadi lebih baik dan sehat. Mulailah kebiasaan olahraga secara teratur, karena olahraga adalah salah satu aktivitas yang bisa melancarkan peredaran darah Anda. Olahraga juga bisa mencegah beberapa jenis penyakit peredaran darah seperti hipertensi, hipotensi dan varises.

Selain olahraga pola makan sehat juga harus selalu Anda jaga. Konsumsilah lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Manfaatnya adalah untuk melancarkan buang air besar Anda, karena ternyata sulit BAB adalah pemicu munculnya wasir. Di mana wasir juga merupakan salah satu penyakit pada peredaran darah ringan. Selain itu Anda juga tidak disarankan untuk menahan buang air besar terlalu lama. Pasalnya buang air besar yang di tahan bisa membuat kotoran menjadi keras. Dan kotoran yang keras tersebut bisa memecahkan pembuluh vena. Pada akhirnya BAB Anda akan terasa sakit dan berdarah.

Sedangkan untuk menghindari berbagai jenis penyakit jantung, mulailah menghindari makanan-makanan berlemak. Ubah juga pola berpikir Anda supaya pikiran tidak mudah stres tidak mudah mengalami tekanan batin dan jangan pernah sampai depresi. Pasalnya gangguan-gangguan mental atau pikiran tersebut ternyata juga menjadi salah satu pemicu timbulnya bibit-bibit penyakit jantung.

Jadi itu tadi sedikit penjelasan dari kami mengenai berbagai macam penyakit pada peredaran darah dan juga bagaimana cara pencegahannya. Jadi mulai sekarang kami berharap Anda bisa lebih mewaspadai berbagai macam penyakit peredaran darah. Jadi sekarang mari mulai hidup baru dan ubah pola hidup untuk menjadi lebih positif dan lebih sehat. Sekian artikel kali ini, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *