invisible hit counter

Mengatasi Insomnia alias Sulit Tidur dengan Cara Mudah dan Sederhana

Mengatasi Insomnia alias Sulit Tidur dengan Cara Mudah dan SederhanaPengetahuan mengenai cara mengatasi insomnia sangatlah berguna bagi mereka yang sering sulit tidur. Apakah Anda merasa harus berjuang untuk tidur meskipun Anda sebenarnya merasa capai? Atau Anda sering terbangun pada malam hari, terbangun selama berjam-jam dan berpikiran menagap Anda tidak dapat tidur kembali? Apakah Anda sering merasa cemas sambil melihat jam mengenai kesulitan Anda untuk tidur? Bila ya, mungkin saja Anda mempunyai masalah tidur atau yang sering disebut insomnia. Dan mempelajari mengenai cara mengatasi insomnia yang sederhana mungkin dapat membantu hidup Anda.

Insomnia atau sulit tidur merupakan suatu kondisi medis yang sering terjadi pada manusia yang berdampak pada energi, mood, kesehatan dan kualitas hidup Anda. Insomnia yang kronis bahkan dapat menjadi penyakit medis yang serius. Sesungguhnya perubahan gaya hidup yang sederhana dan mengatur jadwal keseharian Anda dapat menjadi cara mengatasi insomnia, bahkan tanpa perlunya obat resep dari dokter.

10 Cara Mengatasi Insomnia yang Sederhana dan Patut Dicoba

Pepatah mengatakan bahwa mengatasi suatu masalah haruslah dimulai dari akarnya. Mengatasi insomnia pun harus dimulai dari mengetahui akar penyebab terjadinya insomnia. Banyak sekai hal yang dapat menyebabkan insomnia. Hal yang sering mendasari insomnia adalah faktor psikologis, alias stress, banyak pikiran, kecemasan, depresi dan sebagainya. Insomnia juga dapat disebabkan karena penyakit medis yang diderita orang tersebut. Dan banyak juga insomnia yang disebabkan oleh rutinitas yang salah.

Mengenal dan mencari akar masalah dari permasalahan sulit tidur Anda adalah kunci dari cara mengatasi insomnia. Bila masalah datang dari segi psikologis, Anda harus merngubah cara pikir Anda dan cobalah mengkonsultasikan permasalahan Anda mulai ke pasangan hidup, teman dekat sampai ke psikolog. Bila kondisi medis yang mendasarinya, Anda dapat mengkonsultasikan hal ini dengan dokter Anda. Dan bila rutinitas harian Anda yang menimbulkan insomnia, Anda dapat memperbaikinya. Jadi inilah cara mengatasi insomnia yang dapat Anda lakukan:

  • Hindari Kafein

Ini adalah cara mengatasi insomnia yang utama. Makanan yang mengandung kafein adalah kopi, teh, cokelat dan minuman soda. Kafein merupakan senyawa yang dapat memblok sensasi mengantuk di otak. Lebih jauh lagi, ternyata kafein dapat membuat jantung berdebar, yang menyerupai gejala orang cemas. Tidaklah heran bahwa kafein akan memperburuk kualitas tidur Anda. Batasi konsumsi kafein, alkohol dan rokok minimal 8 jam sebelum jam tidur Anda.

  • Hindari TV atau Internet Sebelum Tidur

Meski Anda mengklain bahwa menonton TV dan berseluncur di internet membantu Anda menikmati hari Anda, terkadang 2 hal tersebut dapat menstimulasi otak menjadi lebih aktif sehingga ujungnya akan sulit tidur. Coba refleksikan apakah Anda memiliki kebiasaan menonton TV saat tidur atau mengecek facebook, whatsapp atau instagram sebelum tidur dan sulit tidur setelahnya? Jika ya, coba ubah kebiasaan ini.

  • Olahraga

Mungkin cara mengatasi insomnia yang satu ini terdengar klise. Namun banyak penelitian yang menyatakan bahwa penderita insomnia akan mempunyai kualitas tidur yang lebih baik bila rutin melakukan aktivitas fisik dalam kesehariannya. Cobalah melakukan aktivitas fisik yang terjadwal setiap harinya dan bila memungkinkan jangan berolahraga pada malam hari, karena beberapa orang malah sulit tidur bila ia beraktivitas fisik beberapa jam sebelum tidur.

  • Pola Makan

Cara mengatasi insomnia lainnya adalah mengubah pola makan. Pertama, hindari makan berat minimal 3-4 jam sebelum tidur, karena dapat menurunkan relaksasi pikiran Anda. Kedua, cobalah mengkonsumsi ayam, pisang, ikan, tahu dan makanan lainnya yang mengandung triptofan saat makan malam. Di dalam tubuh, triptofan akan diubah menjadi senyawa serotonin yang dapat membuat relaks dan mengantuk. Ketiga, cobalah minum susu yang tidak terlalu manis sebelum tidur, karena karbohidrat dapat membantu triptofan masuk ke dalam otak.

  • Teknik Relaksasi

Relaksasi merupakan cara mengatasi insomnia yang baik bagi penderita insomnia yang didasari oleh faktor psikologis. Anda dapat mencari teknik relaksasi melalui gadget Anda atau dapat mencoba cara sederhana ini: duduklah dengan kedua kaki disilangkan. Lalu, sambil menutup mata, tariklah napas yang dalam dengan melibatkan otot perut, dada, punggung bawah dan tulang iga. Ambillah napas yang lebih dalam setiap kali penarikan napas. Tariklah napas melalui hidung dan buang udara sisa melalui mulut. Anda juga dapat duduk sambil menutup mata lalu biarkan diri Anda merasakan hal yang dirasakan saat ini, biarkan semua pikiran dan emosi melintas di benak Anda dan jangan coba mengatasinya, rasakan saja.

  • Keluar Dari Kamar

Bila Anda masih tidak bisa tidur meski kamar sudah gelap, sejuk dan posisi Anda sudah berbaring memeluk guling di bawah selimut, keluarlah dari kamar Anda. Jangan paksakan diri untuk tidur dengan pemikiran “saya harus tidur, bila tidak besok saya akan merasa lelah”. Sebaliknya, lakukanlah kegiatan santai lainnya seperti membaca buku, mandi air panas, mendengarkan musik yang menenangkan atau menulis jurnal hari ini. Bila kantuk dan lelah mulai terasa, segeralah kembali ke kamar untuk tidur. Cara mengatasi insomnia ini sangat cocok bagi mereka yang sering cemas memikirkan permasalahan insomnianya.

  • Buatlah Rutinitas Tidur

Banyak orang yang tidak suka dengan rutinitas dalam hidupnya, namun ternyata memiliki jadwal tidur yang tetap dapat membantu menyembuhkan insomnia. Usahakan selalu memulai tidur dan bangun tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Bangunlah pada waktu yang Anda tentukan tidak peduli betapa Anda merasa masih kurang tidur. Jangan langgar rutinitas ini bahkan di saat libur atau weekend. Dengan melakukan ini, tubuh Anda akan beradaptasi dengan sehingga akan memudahkan proses tidur.

  • Hindari Tidur Siang

Bila tidak sangat mengantuk, jangan tidur pada siang hari. Tidur siang yang terlalu lama akan mengganggu siklus tidur Anda sehingga akan mengganggu jam tidur malam hari Anda. Bila sangat terpaksa, usahakan tidur siang dengan durasi 40 menit samapi 1 jam saja.

  • Cahaya Matahari

Penelitian membuktikkan bahwa orang terkena sinar matahari alami setiap harinya akan mempunyai siklus tidur yang lebih baik. Cara mengatasi insomnia ini terutama baik untuk orang tua yang lebih sering tinggal di dalam rumah. Keluarlah dari rumah pada pagi hari, dan nimati cahaya matahari di halaman rumah Anda.

  • Pastikan Ranjang Hanya Sebagai Tempat Tidur

Dengan selalu menggunakan ranjang sebagai tempat tidur ternyata akan membantu otak Anda mengasosiasikan bahwa berbaring di atas ranjang adalah saatnya tidur. Hindari bekerja, mengerjakan tugas, menonton atau bermain gadget di atas tempat tidur.

Mengatur kebiasan hidup dan tidur yang baik ternyata dapat menjadi cara mengatasi insomnia yang ampuh. Penyakit sulit tidur ini dapat memberi dampak buruk pada segi kesehatan, mood, energi dan kualaitas hidup Anda. Bila insomnia yang Anda derita sudah terjadi lama, berpola dan parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *