invisible hit counter

Mendapatkan Obat Batuk Herbal untuk Anak Tidak Sulit Kok!

Previous 1 2
  • Madu

Tanaman herbal berikut yang bisa dipilih dan digunakan sebagai obat batuk herbal untuk anak adalah madu. Madu diduga memiliki efek guna mengurangi infeksi bakteri dan juga proses radang yang terjadi pada tenggorokan. Madu dengan konsistensi yang kental mampu melapisi saluran tenggorokan dan mengurangi rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa madu tidak dianjurkan pada bayi dengan usia di bawah satu tahun, mengingat daya tahan tubuhnya yang belum sempurna dan dapat berisiko terkena botulisme karena spora Clostridium botulinum penyebab botulisme pada anak yang banyak ditemukan di dalam beberapa produk madu.

Pengolahan madu sebagai obat batuk untuk anak juga tidak sulit, seperti sudah dijelaskan di atas anda dapat mencampurkan madu dengan berbagai jenis ramuan lainnya karena rasa madu yang manis dan disukai oleh anak-anak.

  • Minyak tradisional

Keluhan batuk yang dirasakan oleh anak biasanya disertai dengan nyeri pada tenggorokan maupun daerah dada terutama bagi mereka yang mengalami batuk kering. Ramuan minyak tadisional maupun minyak kemasan yang sudah banyak dipasarkan di sekitar anda dapat digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman di dada.

Selain itu dengan mengoleskan minyak tradisional ini ke daerah punggung dan dada sang buah hati, mereka akan merasa lebih nyaman karena rasa hangat yangdiberikan oleh penggunaan minyak tersebut. Ramuan minyak ini juga sangat aman bila ingin digunakan anak dengan usia berapapun.

Apakah Semua Jenis Obat Herbal di Atas Cocok untuk Berbagai Jenis Batuk?

Setelah membahas sejumlah hal yang berguna guna mengurangi keluhan batuk maupun gejala penyerta yang dimilikinya, akan timbul pertanyaan apakah semua ramuan di atas dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk pada anak?

Jawabannya tanaman herbal di atas telah terbukti dapat mengurangi keluhan batuk yang dirasakan sang buah hati, akan tetapi untuk mengobati penyakit yang mendasari keluhan batuk tersebut anda tetap perlu mempertimbangkan anjuran dari dokter. Seperti yang sudah sempat dibicarakan di atas batuk merupakan respon yang diberikan oleh tubuh terhadap proses radang maupun benda asing di dalam saluran nafas kita dan bukanlah sebuah penyakit yang berdiri sendiri.

Sebagian besar keluhan batuk dan flu pada anak disebabkan oleh infeksi saluran nafas bagian atas (ISPA) yang disebabkan oleh berbagai organisme penyebab. Infeksi virus merupakan infeksi yang paling banyak ditemui pada kasus ISPA dan diikuti oleh infeksi bakteri. Pada infeksi virus, asupan cairan dan nutrisi yang adekuat bagi sang buah hati sudah sangat membantu guna mempercepat proses penyembuhan. Penggunaan tanaman herbal di atas juga dapat mengurangi keluhan dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

Berbeda dengan infeksi virus, pada kasus-kasus yang disebabkan oleh infeksi bakteri beberapa intervensi medis seperti pemberian obat biasanya perlu dilakukan oleh dokter, guna menghindari penyebaran infeksi ke saluran nafas bagian bawah yang justru sangat berbahaya bagi sang buah hati. Penggunaan tanaman di atas sebagai obat batuk anak kembali lagi lebih diindikasikan untuk mengurangi gejala batuk dan nyeri tenggorokan.

Untuk itu bagi setiap orang tua dan ibu yang mengurus anak di rumah, penggunaan tanaman-tanaman herbal seperti di atas memang diperlukan guna mengurangi keluhan sang buah hati. Akan tetapi perlu diperhatikan, anda harus bijak memutuskan kapan harus membawa anak anda ke dokter terutama jika keluhannya tidak membaik. Semoga artikel tentang obat batuk herbal untuk anak ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *