invisible hit counter

Mendapatkan Obat Batuk Herbal untuk Anak Tidak Sulit Kok!

Mendapatkan Obat Batuk Herbal untuk Anak Tidak Sulit Kok!Obat batuk herbal untuk anak memang merupakan pilihan yang paling banyak dicari oleh orang tua guna mengurangi keluhan batuk pada sang buah hati. Sebagai negara dengan begitu banyak sumber rempah-rempah yang tersebar hampir di seluruh pelosok negeri ini, tentu saja tidak sulit untuk menemukan ramuan herbal guna mengurangi batuk pada anak.

Sesuai dengan keluhan batuk yang dirasakan oleh anak, beberapa jenis obat batuk herbal ternyata mampu mengurangi keluhan batuk yang spesifik seperti jahe yang bisa menjadi obat batuk berdahak anak. Melihat banyaknya pilihan terapi herbal yang bisa digunakan, ibu diberi kemudahan untuk bisa memilih sesuai dengan kesukaan anaknya masing-masing dan tidak perlu mencoba semua jenis tanaman herbal ini. Di dalam artikel ini kita akan membahas tanaman-tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat batuk herbal untuk anak dan juga bagaimana cara pengolahannya.

Beberapa Tanaman yang Berkhasiat sebagai Obat Batuk Herbal untuk Anak

Batuk dan flu merupakan keluhan dari sistem pernapasan yang paling banyak ditemui baik bagi orang dewasa maupun anak. Batuk sendiri merupakan salah satu respon tubuh manusia untuk menghindari maupun guna mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran nafas. Di bawah ini terdapat sejumlah tanaman herbal yang bisa anda buat sendiri di rumah guna mengurangi keluhan batuk pada anak.

  • Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal alami yang sangat mudah ditemui di negara kita. Jahe sendiri merupakan salah satu tanaman rimpang berbentuk jemari dengan ruas pada bagian tengahnya yang termasuk dalam suku Zingiberaceae. Tanaman ini sudah lama diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Pemanfaatannya sebagai obat batuk herbal untuk anak, jenis tanaman ini dapat digunakan sendiri, selain itu juga dapat  anda campurkan dengan kencur guna mendapatkankan efek maksimal. Cara membuatnya juga mudah, siapkanlah jahe dan kencur masing-masing dengan ukuran sebesar ibu jari, lalu dimemarkan dan direbus dengan menggunakan air kurang lebih sebanyak satu gelas. Setelah itu, tunggulah hingga air dari rebusan jahe dan kencur ini hanya tersisa setengahnya saja.

Setelah itu ramuan herbal jahe dan kencur sudah bisa disajikan selagi hangat dan guna menambah rasa pada ramuannya anda bisa menambahkan satu sendok madu atau  perasan jeruk nipis ke dalamnya. Baik jahe maupun kencur memiliki efek menghangatkan tenggorokan yang sedang meradang saat sang anak mengalami batuk.

  • Jeruk nipis

Siapa yang tidak mengetahui tanaman berbentuk bulat dengan warna hijau yang khas ini. Tanaman yang berasal dari genus Citrus ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain sebagai obat batuk yang aman baik bagi orang dewasa maupun anak dan sudah dikenal sejak dahulu, jeruk nipis juga diketahui memiliki efek yang baik untuk menurunkan berat badan dan kecantikan.

Cara mengolah jeruk nipis jika kita ingin menggunakannya sebagai obat batuk herbal untuk anak juga sangat mudah.  Anda cukup menyiapkan perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok makan dan dicampur dengan kecap manis kemudian dikonsumsi oleh sang buah hati. Bagi anak yang kurang menyukai kecap manis, anda bisa menggantinya dengan madu.

Selain itu anda bisa membuat minuman hangat dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis ke dalam air hangat dan tambahkan satu sendok madu ke dalamnya. Minuman ini dapat dinikmati anak guna mengurangi rasa gatal di tenggorokan yang sering menyertai keluhan batuk.

Bersambung ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *