invisible hit counter

Mencari Obat Alami Asam Lambung? Inilah Berbagai Pilihannya

Mencari Obat Alami Asam Lambung? Inilah Berbagai PilihannyaBanyak kalangan masyarakat yang mencari obat alami asam lambung dikarenakan naiknya asam lambung yang mengganggu aktivitas keseharian mereka. Asam lambung merupakan salah satu komponen yang penting di dalam tubuh untuk membantu proses pencernaan, namun terlalu banyak asam lambung dapat menimbulkan gejala penyakit yang tidak mengenakan. Untuk mengatasi asam lambung ini, banyak orang yang pergi ke tenaga kesehatan untuk mencari obat yang tepat bagi kondisi mereka. Namun, sebelum mencoba obat apotik, tentu saja mencoba mengatasi asam lambung dengan obat alami asam lambung bukanlah pilihan yang buruk.

Delapan Obat Alami Asam Lambung yang Bisa Anda Coba

Bosan minum tablet, pil atau kapsul dari apotik? Bila ya, Anda dapat mencoba obat alami asam lambung yang dapat meredakan gejala dan menyembuhkan penyakit Anda. Apalagi, obat alami asam lambung tidak memiliki banyak komplikasi dan efek samping, sehingga aman bagi Anda untuk mencoba obat alami tersebut tanpa harus takut menghadapi komplikasi yang membayangi. Cobalah obat-obat alami di bawah ini mulai dari mengonsumsi ramuan tradisional, bahan makanan tertentu hingga mengubah pola hidup yang menghindarkan Anda dari penyakit asam lambung. Inilah beberapa obat alami asam lambung yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda:

1. Cuka Apel

Meski rasanya asam, penelitian membuktikkan bahwa cuka apel dapat menjadi obat alami asam lambung yang naik. Cuka apel yang memiliki pH atau keasaman yang tidak serendah asam lambung dikatakan dapat menetralkan pH dalam lambung. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu fungsi otot di kerongkongan agar mencegah naiknya asam lambung ke mulut dan kerongkongan. Cara memanfaatkan asam cuka apel sebagai obat asam lambung naik sangatlah mudah, cukup larutkan 2 sampai 3 sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air matang. Minumlah cuka apel sebelum makan, atau saat asam lambung terasa naik ke kerongkongan Anda.

2. Baking Soda

Obat tradisional asam lambung lainnya adalah dengan memanfaatkan baking soda yang sering dipakai sebagai bahan pelengkap makanan. Baking soda mengandung natrium bikarbonat yang bersifat sedikit asam, namun memiliki kemampuan untuk menteralkan asam dalam lambung, yang disebut sebagai buffer. Bahkan, organ pankreas, suatu kelenjar besar yang terletak di belakang lambung, akan memproduksi natrium bikarbonat saat makanan masuk ke lambung untuk membantu tubuh menetralkan asam. Minumlah 1 sendok teh bubuk baking soda yang telah dilarutkan di dalam 1 gelas air matang ketika Anda merasakan asam lambung Anda naik dan menyebabkan sakit yang amat sangat. Namun, gunakan baking soda sebagai obat pilihan hanya bila Anda merasa sangat sakit saja.

3. Jus Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman dengan banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah digunakan sebagai obat alami asam lambung. Jus lidah buaya memiliki sifat anti radang sehingga dapat mentralisis radang yang disebabkan oleh asam lambung naik yang iritatif. Minumlah setengah gelas jus lidah buaya sebelum makan berat dan rasakan manfaatnya yang dapat meminimalisir rasa nyeri.

4. Jahe

Obat alami asam lambung lainnya adalah jahe yang ternyata memiliki banyak manfaat. Jahe dapat membantu mengatur penegluaran asam lambung dan enzim lainnya di saluran pencernaan agar kerja pencernaan makin maksimal. jahe pun memiliki sifat anti radang untuk mengurangi efek iritatif dari asam lambung yang berlebih dan naiknya asam lambung. Selain itu, jahe pun mengandung shagoals dan gingerols yang baik untuk fungsi otot perut dan kerongkongan, sehingga mencegah naiknya asam lambung ke saluran pencernaan yang lebih atas. Jahe pun dapat meredakan sensasi mual yang disebabkan oleh asma lambung yang berlebih. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk, seperti wedang jahe, teh jahe, bahkan jahe yang diolah di dalam makanan.

5. Peterseli

Salah satu obat alami asam lambung ternyata sering kita temukan sebagai bahan yang mempercantik makanan, yaitu daun peterseli. Jenis makanan ini memiliki efek anti radang yang baik untuk asam lambung naik. Peterseli pun mengandung glutamine yang mampu mengurangi radang pada saluran pencernaan dan naiknya asam lambung ke saluran pencernaan yang lebih atas. Peterseli juga dapat menetralisir asam lambung  berlebih yang dapat menyebabkan nyeri ulu hati. Cara memanfaatkan peterseli untuk mengobati asam lambung cukup mudah, Anda cukup mengonsumsi daun ini setiap hari dengan rutin sampai gejala asam lambung Anda menghilang.

6. Vitamin D

Tahukan Anda bahwa asam lambung yang berlebihan dapat disebabkan oleh adanya infeksi kuman di dalam lambung? Terlebih lagi bila tubuh kekurangan Vitamin D, karena kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terkena infeksi dan membuat tubuh kesulitan melawan infeksi tersebut. Cara paling mudah mendapatkan Vitamin D adalah berjemur di sinar matahari. Namun, perlu diketahui, berjemurlah pada pukul 8 sampai 9.30 pagi hari saja. Karena sinar matahari pada jam tersebut mempunyai kualitas yang baik dan bebas dari sinar UV yang dapat merusak kulit Anda. Anda pun dapat mendapat asupan Vitamin D dari berbagai macam produk susu.

7. Perubahan Gaya Hidup

Naiknya asam lambung ke dalam kerongkongan ternyata sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Pertama, milikilah berat badan yang ideal. Berat badan berlebih hingga obesitas ternyata dapat menyebabkan terjadinya naiknya asam lambung yang cukup signifikan dibandingkan mereka dengan berat badan ideal. Kedua, jangan makan berat minimal 3 jam sebelum Anda tidur-baik tidur malam maupun tidur siang. Porsi makan juga sebaiknya tidak terlalu banyak untuk sekali makan, lebih baik sering makan dengan porsi sedikit.

Penderita asam lambung juga sebaiknya berpantang terhadap makanan tertentu. Makanan pedas, asam, berlemak, ataupun makanan yang sulit dicerna merupakan pantangan bagi penderita asam lambung. Jenis makanan ini akan dapat membuat maag Anda kambuh dengan cepat. Jika penderita asam lambung tetap nekat sering mengonsumsi makanan-makanan ini, dalam waktu panjang bahkan dapat mengakibatkan maag kronis.

Pada posisi tidur, posisi terlentang akan membuat makanan dan asam lambung mudah naik ke dalam kerongkongan Anda dan menyebabkan rasa sakit pada kerongkongan dan mulut Anda. Salah satu trik yang dapat Anda lakukan bila sering terbangun karena mual dan nyeri pada saat tidur ialah tidur dengan banyak bantal, sehingga posisi kepala lebih atas daripada posisi perut.

8. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Di jaman fashion sekarang ini, baju yang cukup ketat dan memperindah lekuk tubuh tampaknya menjadi trend yang cukup terkenal. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memakai pakaian yang terlalu ketat, kecuali bila Anda seringkali mengalami episode asam lambung naik dan berlebihan di ulu hati hingga dada Anda. Ya, memakai pakaian yang terlalu ketat dapat meningkatkan kejadian naiknya asam lambung. Terutama bila Anda memakai celana yang ketat atau ikat pinggang terlalu ketat, karena memberikan tekanan yang cukup kuat pada otot-otot perut Anda. Maka, pilihlah baju yang lebih longgar dan nyaman dipakai untuk mencegah dan mengobati naiknya asam lambung.

Mengobati asam lambung naik tidak hanya dapat dicapai dengan mengonsumsi obat-obatan dari apotik, namun dapat pula dengan mengonsumsi obat alami asam lambung telah dijabarkan di atas. Kuncinya, selain mengobati, seseorang haruslah mengembalikan keseimbangan sistem pencernaan yang dapat dibantu dengan obat alami di atas. Namun, bila gejala yang Anda rasakan sudah sangat parah dan tidak tertahankan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Ingat, dengan memiliki gaya hidup yang lebih baik dan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, Anda dapat mendapatkan kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas.

Referensi
http://everydayroots.com/heartburn-remedies (Bahasa Inggris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *