invisible hit counter

Manfaat Timun untuk Wajah Lebih Segar dan Bercahaya

Manfaat Timun untuk Wajah Lebih Segar dan BercahayaJika berbicara tentang timun, barangkali pikiran Anda langsung tertuju pada lalap, namun tahukah Anda bahwa ada segudang manfaat timun untuk wajah dan rambut? Timun memang terasa segar di mulut dan memiliki efek menyejukkan bagi sistem pencernaan kita. Namun kegunaan timun tidak berhenti sampai di sana. Kandungan nutrisi dalam timun seperti vitamin C, vitamin K, mangan, dan betakaroten juga berguna untuk mewujudkan wajah dan rambut yang cantik dan sehat. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tidak salah bila para ahli menyebut timun sebagai bahan utama dari resep-resep lawas untuk menjaga kecantikan. Artikel ini membahas manfaat timun untuk wajah dan rambut yang akan mendorong Anda untuk mulai memanfaatkan timun secara teratur.

Ini Dia Manfaat Timun untuk Wajah, Sudahkah Anda Mengetahuinya?

Kaya akan air dan nutrisi yang esensial, timun banyak mengandung vitamin untuk mencerahkan dan meremajakan kulit wajah Anda. Alih-alih membeli sejumlah produk kecantikan yang belum tentu cocok di kulit wajah Anda (belum lagi harganya yang mungkin saja mahal), siapkan masker wajah dari timun dan beberapa bahan alami yang dapat Anda temukan di rumah, dan dapatkan manfaat luar biasa bagi kulit wajah Anda.

  • Menjadikan kulit wajah bercahaya

Bahkan jika Anda menggunakan hanya timun saja untuk dibubuhkan ke wajah Anda, hal itu dapat membantu mengatasi beragam masalah pada kulit wajah serta mewujudkan kulit wajah yang sehat dan tampak lebih muda. Timun yang dalam bahasa Hindi disebut dengan “kheera” atau “kakdi” dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk mengurangi jerawat dan noda pada wajah.

Timun juga bekerja sebagai penyegar alami untuk mengurangi minyak pada kulit wajah karena efeknya yang menyejukkan. Selain dapat mengangkat kelebihan produksi minyak pada kulit wajah, timun juga dapat membuat wajah tampak bercahaya, berbeda dengan produk penyegar buatan pabrik yang kadang membuat kulit kusam ketika dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan kandungan air dalam timun yang sangat tinggi, hingga mencapai 95%, yang membuat keutuhan kulit terjaga dan kelembabannya terpelihara.

Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah yang satu ini, caranya cukup mudah. Blender timun sampai halus, lalu bubuhkan ke wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit, kemudian basuh dengan air dingin. Anda akan merasakan perbedaannya. Kulit wajah akan terasa bersih bahkan hingga ke pori-pori.

Anda juga dapat mencampur timun yang telah dihaluskan dengan perasan lemon. Bubuhkan di kulit wajah sambil memijat kulit wajah dengan lembut, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Namun, jika Anda menggunakan campuran lemon, batasilah penggunaannya sebanyak 3-4 kali saja dalam seminggu agar kulit tidak justru menjadi kering.

  • Melembutkan kulit wajah

Kulit bisa menjadi lembut salah satunya karena asupan cairan yang cukup dan iklim yang tepat. Itulah sebabnya ketika Anda tidak rajin minum air putih, kulit Anda pun terasa kering, bersisik, kasar, dan pecah-pecah. Timun bekerja dengan cara merehidrasi kulit karena tingginya kandungan air di dalamnya. Kulit yang terehidrasi dengan baik akan menjadi lembut dan elastis. Hal ini membuat timun dapat dimanfaatkan sebagai pengganti produk pelembab manapun.

Manfaat timun untuk wajah lebih lembut ini dapat Anda dapatkan dengan mempraktikkan langkah yang sederhana: haluskan timun, kemudian campur dengan yogurt dengan proporsi yang sama hingga kedua bahan tersebut menyatu dengan sempurna. Seperti timun, yogurt pun memiliki efek menyejukkan dan melembutkan kulit wajah. Bubuhkan campuran ini pada kulit wajah Anda.

  • Meredakan luka bakar akibat terkena paparan matahari

Jangan anggap remeh paparan sinar matahari. Sinar matahari yang terlalu menyengat dapat menyebabkan luka bakar ringan pada kulit wajah Anda yang membuat wajah terasa panas, merah, dan nyeri. Ketiga hal tersebut dapat diredakan dengan membubuhkan timun di kulit wajah yang terkena. Selain meredakan luka bakar akibat sengatan matahari, timun juga akan mengembalikan warna kulit yang merah tersebut ke warna kulit semula yang sehat dan normal.

Di poin sebelumnya telah disebutkan cara penggunaan timun guna mendapatkan manfaat timun untuk wajah yang lebih lembut, yakni dengan cara mencampur timun dengan yogurt. Jika Anda ingin memanfaatkan timun untuk mengobati luka bakar akibat sengatan matahari, ganti yogurt dengan susu sapi segar yang belum mengalami pemrosesan. Atau, Anda juga bisa mencampur timun yang sudah dihaluskan dengan getah lidah buaya untuk proses penyembuhan yang lebih maksimal. Kombinasi timun dan lidah buaya akan meredakan inflamasi, ruam, dan rasa panas terbakar di kulit wajah.

  • Meremajakan kulit

Timun sangat bermanfaat dalam ‘mengangkat’ kulit wajah dan membuatnya lebih kencang. Penggunaan timun pada kulit wajah sedini mungkin akan membantu memperlambat tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan kulit kusam karena kandungan mangan dan potasium di dalamnya. Anda yang sudah berusia tiga puluhan pastinya tidak sabar untuk segera mendapatkan manfaat timun untuk wajah yang kencang dan tampak muda tersebut.

Caranya pun tidak sulit. Campur jadi satu bahan-bahan berikut: 1 sendok makan timun yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan sari lemon, dan 1 putih telur. Kemudian oleskan campuran ini pada kulit wajah. Jika Anda tidak tahan dengan aroma telur, diamkan masker wajah ini selama 15 menit saja sebelum membasuhnya sampai bersih. Mengapa putih telur? Putih telur mengandung protein, zinc, dan biotin yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh. Sehingga jika dicampur dengan timun, keduanya akan memberi efek yang saling menguatkan satu sama lainnya.

  • Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

“Mata panda” atau lingkaran hitam di bawah mata bukan sesuatu yang indah dipandang, apalagi jika ditambah dengan mata sembab. Timun adalah cara mudah untuk menghilangkannya dan memulihkan warna kulit seperti sebelumnya. Kandungan antioksidan dan silika dalam timun membuatnya efektif menyegarkan kulit wajah.

Cara menghilangkan mata panda dengan timun adalah dengan mengiris tipis timun (2 iris) lalu menempatkannya pada kelopak mata selama 20 menit. Pengaplikasian timun ini juga dapat membantu menarik cairan dari ruang antar sel sehingga mengurangi mata sembab.

Manfaat Timun untuk Wajah Telah Anda Ketahui, Namun Bagaimana dengan Manfaat Timun untuk Rambut?

Timun selain dapat membuat kulit wajah lebih sehat dan bercahaya, ternyata juga dapat membuat rambut lebih sehat, berkilau, gampang diatur, dan tidak mudah patah. Beberapa produk sampo bahkan memasukkan ekstrak timun dalam produknya untuk memperbaiki rambut rusak. Hal ini karena tingginya kandungan potassium, kalsium, sulfur, dan silikon dalam timun, dimana zat-zat tersebut sangat besar perannya dalam pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Anda cukup membubuhkan timun yang telah dihaluskan secara langsung pada rambut, lalu bilas sampai bersih. Anda juga dapat membuat masker rambut. Caranya adalah menggabungkan timun dengan minyak zaitun dan sebutir telur. Campur ketiga bahan tersebut hingga berpadu dengan sempurna, lalu aplikasikan ke rambut Anda mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan sampo yang lembut.

Selain digunakan secara langsung pada rambut, Anda juga dapat minum jus timun sebagai upaya menyehatkan rambut dari dalam. Demikian artikel yang dapat kami sajikan mengenai manfaat timun untuk wajah dan rambut berikut cara pemakaiannya. Selamat mempraktikkan cara-cara di atas untuk mendapatkan kulit wajah dan rambut yang sehat dan bercahaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *