invisible hit counter

Manfaat Lari Sore untuk Tubuh dan Jiwa yang Sehat

Manfaat Lari Sore untuk Tubuh dan Jiwa yang SehatManfaat lari sore telah banyak disampaikan oleh para ahli kesehatan. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Pada prinsipnya, olahraga adalah obat. Kata-kata tersebut bukan sebuah isapan jempol belaka. Terdapat begitu banyak hasil penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan secara teratur (150 menit per minggu, yang dapat dipecah menjadi 5 sesi per minggu, masing-masing selama 30 menit), dan khususnya olahraga lari, memiliki manfaat bagi kesehatan jauh dibandingkan dengan suplemen vitamin manapun yang dapat ditawarkan oleh dokter Anda.

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa ada banyak manfaat lari sore bagi kesehatan, di antaranya adalah untuk mencegah obesitas, mencegah timbulnya diabetes mellitus tipe 2, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke, maupun kanker.

Lebih jauh lagi, para ahli kesehatan juga menemukan fakta yang sangat menarik bahwa olahraga lari dapat secara drastis meningkatkan kualitas emosional dan mental Anda, dan bahkan membantu Anda untuk memiliki usia yang lebih panjang. Hal ini tentunya sangat menarik dan akan dikupas satu persatu melalui penjelasan berikut.

Manfaat Lari Sore untuk Badan Lebih Sehat dan Bugar

Olahraga lari dapat dilakukan kapanpun, di manapun, dan hampir tidak membutuhkan perlengkapan penunjang yang terlalu banyak. Kecuali jika Anda ingin lebih optimal dalam melakukan olahraga ini, tentu saja Anda akan membutuhkan minimal sepasang sepatu lari yang nyaman. Tidak harus mahal, yang penting sesuai dengan ukuran kaki Anda, nyaman, dan mampu melindungi dari cidera.

Olahraga lari dapat dilakukan di pagi, sore, bahkan malam hari. Banyak orang lebih suka melakukannya di sore hari. Selain karena sinar matahari sudah tidak begitu menyengat, sore hari adalah waktunya orang-orang telah bebas dari kewajiban bekerja yang harus dilakukan pada hari itu. Lari sore adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan kondisi fisik Anda secara keseluruhan. Apa saja manfaat lari sore bagi tubuh Anda? Simak beberapa poin di bawah ini.

  • Membantu menurunkan berat badan

Tidak dipungkiri bahwa salah satu alasan seseorang memutuskan turun ke lapangan adalah untuk mengurangi satu atau dua kilogram berat tubuhnya. Ketika Anda mengayunkan tangan dan kaki untuk berlari, tubuh Anda akan membakar kalori. Berita baiknya adalah, pembakaran kalori ini ternyata juga berlangsung setelah Anda selesai berlari, hal ini disebut dengan “afterburn” (jumlah kalori yang dibakar setelah olahraga). Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu berlari dengan kecepatan maksimal, cukup sedikit lebih cepat daripada laju lari Anda yang biasa.

Manfaat lari sore jika Anda melakukannya secara teratur adalah meningkatkan laju “afterburn” tersebut. Ketika kalori dalam tubuh terbakar, apalagi jika dibarengi dengan pembatasan asupan kalori yang masuk, akan membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap konsisten.

  • Memperkuat tulang dan sendi

Manfaat lari sore yang kedua adalah membantu memperkuat tulang dan sendi, tidak hanya tulang dan sendi lutut, namun juga pada beberapa bagian tubuh yang lainnya. Anda mungkin pernah mendengar mitos yang beredar di kalangan kerabat maupun teman-teman Anda yang mengatakan bahwa “lari itu tidak baik bagi lutut”. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa hal tersebut tidak benar.

Seorang peneliti dari Boston University bernama David Felson, dalam sebuah sesi wawancara di radio nasional, mengatakan bahwa lari sore sangat baik bagi kesehatan lutut Anda. Olahraga lari dapat meningkatkan massa tulang, dan membantu menumbuhkan sel-sel tulang yang mati karena faktor penuaan. Felson mengungkap bahwa berdasarkan studi yang dilakukan dalam kurun waktu yang panjang, tidak ditemukan adanya efek destruktif dari lari terhadap tulang dan sendi lutut.

Felson, seperti yang dikutip dari sesi wawancara tersebut mengatakan, “Ketika kami mengamati orang-orang dengan radang sendi lutut, kami tidak menemukan riwayat olahraga lari sebelumnya. Di sisi lain, ketika kami mengamati orang-orang yang melakukan olahraga lari secara teratur, kemudian mengikuti mereka untuk melihat adanya perkembangan penyakit tertentu, kami tidak menemukan resiko peradangan sendi seperti yang kami harapkan”. Kalaupun setelah lari seseorang merasa nyeri di otot, tulang maupun sendinya, besar kemungkinan hal itu karena cidera akibat cara lari yang salah.

  • Baik bagi sel-sel otak

Banyak orang yang mengeluhkan kepikunan seiring usia mereka yang makin bertambah (apakah Anda salah satunya?). Manfaat lari sore apabila dilakukan secara teratur adalah membantu menurunkan resiko tersebut. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychonomic Bulletin & Review pada bulan Desember 2012 mengungkapkan bahwa aktivitas olah tubuh yang dilakukan secara rutin dapat membantu memerangi penurunan kemampuan otak yang berhubungan dengan proses penuaan.

Terdapat tiga macam kemampuan otak yang dapat dijaga kapasitasnya melalui olahraga, yakni task switching (kemampuan otak untuk beralih dari satu macam tugas ke tugas berikutnya), selective attention (kemampuan otak untuk berfokus pada satu stimulus tertentu ketika beberapa stimulus datang bersamaan), serta working memory (ingatan jangka pendek untuk memproses informasi dan mengambil satu keputusan berdasarkan informasi tersebut).

Sehingga, tidaklah mengherankan apabila ada seseorang yang mengatakan bahwa pikirannya terasa lebih ‘tajam’ begitu ia rutin lari sore. Hal itu memang benar. Dengan lari sore, kemampuan otaknya untuk memusatkan perhatian, konsentrasi, dan melakukan perencanaan mengalami peningkatan.

  • Memelihara kesehatan jantung dan paru-paru

Manfaat lari sore yang juga banyak kita dengar adalah untuk memelihara kesehatan jantung dan paru-paru, dengan cara menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, serta meningkatkan kapasitas paru-paru. Resiko seseorang yang rutin lari sore untuk terkena penyakit jantung menurun hingga separuhnya, dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan aktivitas olahraga apapun.

Dengan berlari, pembuluh darah di seluruh tubuh akan menjadi elastis, dan otot jantung juga akan menjadi lebih kuat. Lari sore, meskipun hanya dilakukan selama lima belas menit dalam sehari dan dengan kecepatan yang tidak begitu tinggi (kurang dari 10 kilometer per jam), dapat membantu menurunkan tekanan darah dan level kolesterol jahat dalam darah serta menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung.

  • Mencegah kanker

Manfaat lari sore bagi kesehatan Anda yang lainnya adalah menurunkan resiko seseorang terkena kanker. Pada wanita, lari sore dapat mencegah kanker payudara. Bagi orang yang telah menderita kanker, lari atau jalan cepat juga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka di samping terapi yang sedang mereka lakukan.

Manfaat Lari Sore yang Lainnya?

Kini Anda telah mengetahui berbagai manfaat lari sore untuk kesehatan fisik. Namun seperti yang telah disampaikan di awal, olahraga lari ini membawa manfaat bagi seluruh bagian dari tubuh kita, tak terkecuali bagi mental dan emosional. Manfaat olahraga lari sore ini bagi psikologis kita antara lain:

  • Menurunkan stres

Stres tidak hanya mengganggu suasana hati Anda, namun juga dapat menyebabkan timbulnya sejumlah masalah kesehatan seperti penurunan nafsu makan atau terganggunya pola tidur. Ketika Anda rutin lari sore, tubuh akan melepaskan sejumlah hormon yang dapat melawan stres sehingga Anda akan senantiasa memiliki suasana hati yang baik dan pikiran yang positif.

  • Memperbaiki gangguan tidur

Ketika Anda rutin melakukan lari sore, Anda akan mengalami sendiri bahwa Anda menjadi tidak mudah mengantuk di siang hari. Pikiran terasa lebih tajam sehingga konsentrasi kerja Anda menjadi lebih baik (yang berujung pada meningkatnya performa kerja Anda). Sedangkan di malam hari, Anda dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Demikian artikel yang membahas mengenai manfaat lari sore. Lari sore yang selama ini sering kita anggap remeh, ternyata membawa segudang manfaat tidak hanya bagi fisik saja, namun juga bagi mental. Jika ada cara yang lebih mudah dan murah untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, mengapa tidak? Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *