invisible hit counter

Manfaat Brokoli Hijau bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Brokoli Hijau bagi Kesehatan Tubuh AndaTentu masih segar dalam ingatan kita tentang bagaimana semasa kecil orangtua sering menyuruh agar kita menghabiskan brokoli hijau yang tersaji di piring, bahkan sebelum kita benar-benar memahami apa manfaat brokoli hijau bagi tubuh kita. Seiring dengan pertambahan usia dan semakin meningkatnya kesadaran akan gaya hidup dan pola makan yang sehat, kita akhirnya tergerak untuk mencari tahu tentang sayuran satu ini. Dan ternyata memang brokoli hijau adalah jenis sayuran yang sangat kaya akan nutrisi. Brokoli hijau terkenal akan manfaatnya bagi sistem pencernaan, kardiovaskuler, dan daya tahan tubuh kita. Brokoli hijau juga berperan penting dalam mencegah proses inflamasi dan kanker. Lebih jauh lagi, brokoli hanya mengandung 31 kalori per penyajian, yang membuatnya cocok untuk diet Anda.

Manfaat Brokoli Hijau, Sayuran Kaya Nutrisi Rendah Kalori

Mengkonsumsi berbagai macam sayur dan buah telah lama dihubungkan dengan penurunan resiko berbagai penyakit yang ada kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan brokoli dapat menurunkan resiko mengalami obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan menurunkan angka kematian secara keseluruhan. Selain itu, seseorang yang mengkonsumsi brokoli hijau secara rutin dapat memiliki postur yang lebih sehat, tingkat energi yang lebih baik, dan berat badan yang relatif terjaga. Berikut ini manfaat brokoli hijau yang lainnya.

  • Melawan kanker

Brokoli hijau adalah jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis, kol, Brussel sprout, dan bok coy. Mengkonsumsi sayur-sayuran jenis ini telah terbukti mampu menurunkan resiko terserang kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker kolon. Penelitian menunjukkan bahwa brokoli hijau mengandung zat yang disebut dengan sulforaphane, yang memberi sedikit rasa pahit pada brokoli hijau, namun zat ini juga berperan penting dalam melawan kanker.

Para peneliti menemukan bahwa sulforaphane dapat mencegah enzim histone deacetylase (HDAC), yang dikenal terlibat dalam pertumbuhan sel-sel kanker. Kemampuan sulforaphane untuk mencegah enzim HDAC membuat jenis makanan apapun yang mengandung zat tersebut berpotensi menjadi obat kanker di masa yang akan datang. Saat ini, sulforaphane sedang diteliti akan khasiatnya untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada kanker kulit, esofagus, prostat, dan pankreas.

Brokoli hijau juga mengandung asam folat, yang terbukti menurunkan resiko kanker payudara pada wanita. Selain itu, asupan makanan yang memenuhi kebutuhan asam folat tiap harinya dapat memberikan perlindungan terhadap kanker kolon, lambung, pankreas, dan kanker serviks. Meskipun mekanisme yang spesifik belum diketahui, para peneliti meyakini bahwa efek perlindungan dari asam folat melibatkan DNA untuk mencegah mutasi genetik yang tidak diinginkan.

  • Memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis

Manfaat brokoli hijau yang selanjutnya adalah mencegah timbulnya penyakit kronis degeneratif. Seperti yang dikutip dari Department of Internal Medicine and Nutritional Sciences Program di University of Kentucky, asupan tinggi serat akan secara signifikan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, obesitas, dan penyakit tertentu pada sistem pencernaan.

Brokoli hijau, seperti jenis sayuran lainnya, kaya akan serat. Menambah porsi makanan yang mengandung serat dalam diet kita akan membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin (sehingga mencegah berkembangnya penyakit diabetes), dan membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas.

Brokoli hijau dapat membantu menurunkan kolesterol karena serat yang terkandung di dalamnya dapat mengikat kolesterol dalam darah. Ikatan tersebut membuat kolesterol lebih mudah untuk diekskresikan tubuh, dan pada akhirnya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain menurunkan kolesterol, kandungan sulforaphane pada brokoli hijau dapat mencegah kerusakan dinding pembuluh darah akibat masalah gula darah yang kronis. Dengan dinding pembuluh darah yang tetap terjaga keutuhannya, resiko seseorang terkena penyakit jantung pun secara signifikan berkurang.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat brokoli hijau yang selanjutnya mungkin terdengar hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah menginjak paruh baya, dimana resiko pengeroposan tulang lebih tinggi dibandingkan dengan usia muda. Akan tetapi, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati bukan? Itulah sebabnya brokoli hijau harus kita konsumsi bahkan sejak kita masih kanak-kanak.

Apabila tubuh kekurangan vitamin K, resiko untuk mengalami patah tulang akan jauh lebih besar. Segelas brokoli mengandung 92 mikrogram vitamin K, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian Anda. Mengkonsumsi cukup vitamin K tiap harinya akan membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan cara mengoptimalkan penyerapan kalsium dan mengurangi kalsium terbuang melalui air seni. Brokoli hijau juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda, yaitu sekitar 43 miligram dalam satu gelasnya.

  • Melancarkan pencernaan dan metode detoksifikasi alami

Kandungan serat alami yang tinggi membuat manfaat brokoli hijau sangat besar dalam mencegah konstipasi dan menjaga kondisi kesehatan saluran cerna secara umum. Serat alami akan mendorong saluran pencernaan untuk mengekskresikan tinja secara teratur, sehingga limbah tubuh dan sisa-sisa makanan yang tidak tercerna tidak mengendap di tubuh. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa asupan serat yang cukup tiap harinya juga memainkan peranan penting dalam memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

  • Mempertahankan keremajaan kulit

Salah satu manfaat brokoli hijau yang lainnya adalah menjaga kulit agar tetap muda. Vitamin C adalah salah satu antioksidan, yang apabila dikonsumsi dalam keadaan segar (langsung dalam bentuk bahan makanan dan bukan dalam bentuk suplemen) dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi, mengurangi kerutan dan menjaga tekstur kulit secara keseluruhan.

Biasanya, pikiran seseorang langsung tertuju pada buah jeruk, ketika membicarakan tentang vitamin C. Namun tahukah Anda, bahwa dalam segelas brokoli hijau terdapat 81 miligram vitamin C? Kandungan vitamin C dalam brokoli hijau sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C memegang peranan penting dalam pembentukan kolagen, penyusun jaringan kulit yang utama. Vitamin A dan E juga sangat penting bagi kulit agar tampak sehat dan bercahaya, dimana brokoli hijau juga mengandung kedua jenis vitamin ini.

  • Mempertahankan kesehatan mata

Wortel ternyata bukan satu-satunya sayuran yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Seperti halnya wortel yang mengandung lutein, brokoli hijau mengandung zat yang disebut zeaxanthin. Zeaxanthin, yang merupakan antioksidan, membawa khasiat yang sama sehingga manfaat brokoli hijau salah satunya juga mencegah katarak dan kekaburan pada mata.

Dalam mengolah brokoli hijau, jangan memasaknya terlalu lama agar asam folat dan kandungan gizi dalam brokoli hijau yang lain tidak rusak. Secara umum, tidak ada efek samping yang merugikan dari mengkonsumsi brokoli hijau. Satu-satunya efek samping yang sangat umum timbul adalah meningkatnya kandungan gas dalam sistem pencernaan sehingga seseorang bisa jadi merasa kembung usai mengkonsumsinya. Akan tetapi, manfaat brokoli hijau jauh melebihi ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera sajikan brokoli hijau dalam hidangan sehari-hari Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *