invisible hit counter

Mengetahui Apa Manfaat Beras Merah untuk Diet Sehat dan Alami

Mengetahui Apa Manfaat Beras Merah untuk Diet Sehat dan AlamiManfaat beras merah untuk diet ternyata dinilai lebih baik ketimbang nasi atau beras putih. Meskipun secara umum nasi yang berasal dari beras putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi ternyata beras putih kurang cocok sebagai menu untuk program diet. Meskipun beras putih merupakan sumer asam amino, vitamin B, serat, dan terutama karbohidrat kompleks, namun saat berdiet biasanya seseorang disarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat terutama yang berasal dari nasi. Apalagi jika berasnya adalah beras poles putih dan bukan beras yang diproses secara tradisional. Hal ini dikarenakan beras yang diproses secara tradisional tidak akan terlalu banyak menghilangkan lapisan dedak, lapisan pada beras yang mengandung banyak serat dan juga vitamin B. Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, ternyata ada satu jenis beras yang direkomendasikan untuk Anda, yaitu jenis beras merah.

Manfaat Beras Merah untuk Diet Secara Cepat dan Sehat

Seperti yang sudah diketahui masyarakat pada umumnya, beras merah dan beras putih sebenarnya sama saja. Dan jika dilihat secara sekilas, letak perbedaannya hanya terletak dari warnanya saja. Beras putih berwarna putih, dan beras merah berwarna sedikit gelap kecoklatan. Perbedaan lain juga bisa Anda temukan saat Anda pergi ke pasar untuk membeli salah satu atau kedua jenis beras tersebut. Beras merah harganya relatif leih tinggi karena beras merah adalah jenis beras yang berasal dari padi yang cukup jarang dibudidayakan. Lalu bagaimana mengenai manfaat beras merah untuk diet dan untuk kesehatan? Apakah lebih baik dari beras putih?

Jika dibilang lebih baik atau tidak dari beras putih, beras merah memang memiliki beberapa keunggulan dari beras putih. Akan tetapi cara memasak beras merah untuk diet cukup lama, belum lagi teksturnya yang juga lebih keras dibandingkan dengan beras putih. Rasanya yang kurang enak inilah yang membuat orang ragu untuk mengonsumsi beras merah. Padahal manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Beras merah mengandung zat yang disebut dengan antosianin. Zat tersebutlah yang terdapat pada lapisan berwarna merah pada beras merah. Antosianin tersebut memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan tubuh manusia, mulai dari sebagai antioksidan, antikanker, antiglisemik dan juga antihipertensi. Selain itu kalori beras merah juga rendah sehingga aman dikonsumsi.

Jika dianalisa, biji padi terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian sekam atau bagian luarnya, kemudian selanjutnya adalah kulit ari, dan yang terakhir biji beras. Proses tradisional yang digunakan untuk memproses beras dengan ditumbuk tidak akan merusak terlalu banyak kandungan gizi pentig yang ada dalam beras merah. Kandungan penting tersebut tersebut diantaranya adalah serat, vitamin, mineral, minyak esensial, vitamin B, vitamin A, fosfor, selenium, magnesium, mangandan kalium. Sedangkan jika beras diproses dengan cara modern, lapisan yang mengandung gizi tinggi tersebut justru akan rusak. So, ternyata memilih beras merah agar manfaat beras merah untuk diet bisa maksimal harus diperhatikan.

Beras Merah untuk Diet Sehat dan Alami

Jika tadi kita sudah membahas tentang bagaimana kandungan gizi beras merah dan apa saja kelebihan beras merah dibandingkan dengan beras putih, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa orang yang sedang menjalankan program diet disarankan agar mengonsumsi beras merah meskipun rasanya yang kurang begitu enak.

  1. Bisa Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Nah, dibandingkan dengan karbohidrat yang terkandung dalam beras putih. Saat Anda melakukan diet dan ingin diet Anda lebih berhasil dengan cara yang alami, Anda disarankan agar mengonsumsi beras merah yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Apakah karbohidrat kompleks hanya ada pada beras merah? Tidak, Anda juga bisa menemukan kandungan karbohidrat kompleks pada gandum dan juga oatmeal. So, cobalah manfaat beras merah untuk diet dan beberapa jenis makanan yang juga mengandung karbohidrat kompleks.

Artikel mengenai pemanfaatan beras merah untuk diet ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *