invisible hit counter

Makanan yang Mengandung Kalsium dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Makanan yg Mengandung Kalsium dan Manfaatnya untuk KesehatanPada artikel kali ini kami akan membahas tentang berbagai jenis sumber makanan yg mengandung kalsium. Mengingat kalsium menjadi salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kalsium juga banyak berperan penting dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh. Bahkan bagi ibu hamil, kalsium ini juga sangat penting untuk dikonsumsi. Lalu dari mana kita bisa mendapatkan asupan kalsium untuk tubuh? Susu adalah salah satu sumber kalsium yang sangat tinggi. Akan tetapi bukan berarti tidak ada sumber makanan atau minuman lain yang mengandung kalsium. Oleh karena itu kali ini kami akan mengajak Anda memahami apa saja manfaat kalsium untuk kesehatan tubuh dan jenis makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan asupan kalsium.

Berbagai Sumber Makanan yg Mengandung Kalsium

Selain susu, sebenarnya masih banyak jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi. Namun demikian, keterbatasan informasi membuat masyarakat tidak mengetahui jenis-jenis makanan tersebut. Padahal kalsium bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan sehari-hari yang mudah dijumpai. Baik dari jenis sumber makanan alami ataupun makanan olahan. Dan berikut ini adalah beberapa jenis sumber makanan sehat selain susu yang sebaiknya Anda konsumsi apabila Anda ingin mendapatkan asupan kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

  1. Keju

Keju adalah salah satu sumber kalsium yang cukup tinggi, karena keju merupakan salah satu makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar susu. Keju merupakan salah satu makanan yang rasanya unik dan bisa diolah menjadi berbagai makanan lain. Nah, selain kalsium, keju juga diketahui mengandung beberapa kandungan penting lainnya seperti protein, vitamin, mineral, fosfor, lemak, dan kolesterol. Namun demikian meskipun keju adalah sumber makanan yg mengandung kalsium tinggi dan merupakan makanan yang sehat, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi keju secara berlebihan. Pasalnya keju juga mengandung lemak dan kolesterol yang kurang baik apabila dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Yogurt

Selain keju, yogurt juga merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi karena juga terbuat dari bahan dasar susu. Sama halnya seperti keju, selain mengandung kalsium tinggi yogurt juga memiliki banyak kandungan penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi, dan secara umum bahan susu yang digunakan dalam pembuatan yogurt ini adalah susu sapi. Meskipun jenis susu lain seperti susu kedelai juga bisa difermentasi dan dijadikan yogurt. Nah, kandungan kalsium yang tinggi dan juga beberapa nutrisi lain pada makanan yang satu ini juga membuat yogurt menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil serta untuk para lansia.

  1. Sayuran Hijau

Makanan yg mengandung kalsium selanjutnya adalah sayuran hijau. Di mana secara umum sayuran memang menjadi salah satu sumber vitamin dan gizi yang baik. Oleh karena itu jika Anda ingin memenuhi asupan kalsium harian Anda, usahakan selalu mengonsumsi sayuran hijau secara rutin. Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi supaya Anda tidak jenuh, misalnya seperti brokoli dan bayam. Namun demikian, ketika Anda mengolah jenis sayuran hijau, usahakan Anda bisa mengolahnya dengan baik dan benar. Pasalnya cara pengolahan sayur yang salah akan membuat gizi dan nutrisi yang terkandung pada sayuran hijau tersebut rusak.

  1. Kacang Kedelai

Siapa tak mengenal kacang kedelai? Jenis kacang-kacangan yang banyak diminati berbagai kalangan. Pasalnya selain bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan, rasa kacang kedelai cukup nikmat. Dan siapa sangka kacang kedelai menjadi salah satu jenis makanan yg mengandung kalsium tinggi. Beberapa jenis makanan hasil olahan kacang kedelai diantaranya susu kedelai, tempe dan tahu. Jumlah kalsium yang terkandung dalam kacang kedelai cukup tinggi. Faktanya dalam secangkir kacang kedelai rebus yang dicampur garam, ternyata mengandung 261 mg kalsium. Oleh karena itu makanan ini juga menjadi salah satu rekomendasi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan yang diketahui mengandung kalsium cukup tinggi. Dalam 3 ons daging ikan yang sering diolah menjadi sushi ini ternyata mengandung kalsium hingga 181 mg. Oleh karena itu tak heran jika daging salmon menjadi salah satu makanan yg mengandung kalsium tinggi. Sebenarnya bukan hanya kalsium, karena pada ikan salmon terkandung banyak sekali nutrisi dan vitamin penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk untuk ibu hamil. Akan tetapi khusus untuk para ibu hamil, usahakan mencari ikan yang benar-benar segar dan belum terkontaminasi zat-zat berbahaya.

Jumlah Kalsium yang harus Terpenuhi Setiap Hari

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium selain susu tadi, mulai sekarang kami menyarankan supaya Anda lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut termasuk susu. Mengingat kalsium adalah salah satu zat yang berperan cukup penting di dalam tubuh. Bahkan apabila tubuh Anda kekurangan asupan kalsium, justru tubuh Anda akan mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Lalu berapa jumlah kalsium yang harus terpenuhi oleh seseorang dalam sehari? Bagi orang dewasa (> 25 tahun), kalsium yang harus terpenuhi dalam seharu adalah 800 mg. Sedangkan untuk yang usianya lebih dari 50 tahun, usahakan selalu memenuhi kalsium sebanyak 1.000 mg per harinya. Makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil harus mengandung 1.200 mg kalsium per harinya. Untuk anak usia di bawah 5 tahun harus memenuhi 400 mg kalsium per hari, bayi yang lebih dari 6 bulan membutuhkan 600 mg, anak usia 1-10 tahun membutuhkan 800 mg, dan untuk remaja berusia 11-24 tahun membutuhkan asupan kalsium sejumlah 1.200 mg per hari.

Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

Itu tadi adalah jumlah kalsium yang sebaiknya terpenuhi oleh semua orang dari semua kalangan. Dan perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengonsumsi makanan yg mengandung kalsium juga bisa membantu mengaktifkan saraf Anda, melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, membantu menormalkan tekanan darah di dalam tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan bisa mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti sakit jantung dan kanker usus. Bagi para wanita, makanan yang mengandung kalsium banyak manfaatnya untuk mengatasi keluhan sakit saat haid atau saat sudah menopause. Selain itu kalsium juga bisa menghindari penyusutan tulang selama masa kehamilan dan selama menyusui.

Jadi kesimpulannya, mulai sekarang sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan yg mengandung kalsium. Mengingat kalsium (Ca) ternyata berperan cukup penting di dalam tubuh. Tanpa asupan kalsium yang cukup, tubuh bisa akan mengalami banyak gangguan kesehatan yang tentunya akan merugikan diri Anda sendiri. Maka dari itu jagalah selalu kesehatan tubuh Anda dengan mengonsumsi kalsium. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *