invisible hit counter

Makanan untuk Penderita Tipes yang Perlu Anda Ketahui

Tipes merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang erat kaitannya dengan makanan, sehingga penting diketahui apa saja makanan untuk penderita tipes agar mempercepat kesembuhannya. Sebab jika penderita tipes salah dalam memilih makanan maka  berpotensi mengalami kekambuhan yang dapat menyebabkan penderita dirawat kembali di rumah sakit. Penyakit tipes merupakan jenis penyakit yang angka kejadiannya masih tinggi di Indonesia. Penyakit ini termasuk penyakit menular dan dapat diderita oleh siapa saja, dari bayi sampai orang tua. Dalam bahasa medis penyakit tipes disebut sebagai demam typhoid.

Penularan penyakit tipes yaitu melalui makanan, minuman, atau air yang terkontaminasi feses penderita tipes. Kontaminasi ini dapat terjadi secara langsung maupun secara tidak langsung karena dihantarkan oleh vektor lalat. Penyakit tipes biasanya terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan personal, lingkungan, maupun kebersihan makanan/minuman. Gejala yang dirasakan oleh penderita tipes antara lain yaitu panas tinggi/demam, sakit kepala, lidah kotor/berwarna putih, sakit perut, terjadi perubahan pola BAB (dapat terjadi diare maupun konstipasi), badan lemas, tidak nafsu makan, dan denyut nadi lemah. Penderita tipes biasanya disarankan untuk menjalani rawat inap di Rumah Sakit selama beberapa hari.

Makanan untuk Penderita Tipes yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi

Penyakit tipes merupakan penyakit radang pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Karena yang diserang adalah usus halus, maka penderita tipes sangat sensitif terhadap makanan, artinya kalau tidak hati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi maka penyakitnya akan lebih lama dalam proses penyembuhannya atau dapat juga kambuh lagi. Oleh karena itu pilihlah jenis makanan yang memang dianjurkan untuk penderita tipes yang akan membantu memulihkan kondisinya dan mempercepat kesembuhannya. Beberapa jenis makanan untuk penderita tipes yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain sebagai berikut:

  1. Makanan dengan tekstur lunak

Makanan untuk penderita tipes yang paling baik yaitu makanan dengan tekstur yang lembut/lunak. Hal ini dikarenakan supaya bagian usus mudah mencerna dan tidak bekerja terlalu berat. Walaupun lunak, makanan tersebut hendaknya memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh penderita tipes agar kondisi bandannya cepat pulih. Makanan tersebut hendaknya juga mempunyai kandungan cukup kalori yang memberikan energi/tenaga pada penderita tipes. Jenis makanan lunak yang dapat diberikan kepada penderita tipes antara lain yaitu bubur yang dimasak dengan kaldu ayam, nasi tim ayam, kentang tumbuk, puding, roti bakar, dan biskuit.

  1. Makanan yang berprotein tinggi namun berserat halus

Makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi sangat baik sebagai makanan untuk penderita tipes karena merupakan zat pembangun sehingga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak terutama pada bagian usus halus yang terkena radang. Makanan berprotein tinggi ini haruslah yang berserat halus sehingga mudah dicerna. Protein dapat bersumber dari hewani maupun nabati. Makanan berprotein tinggi yang baik untuk penderita tipes antara lain yaitu daging ayam rebus, hati ayam, ikan rebus, telur rebus, kacang kedelai rebus, tempe tim, dan tahu.

  1. Sayuran yang berserat rendah

Sayuran juga sangat baik diberikan untuk penderita tipes. Namun yang harus diperhatikan adalah pilihlah jenis sayuran yang berserat rendah, bukan sayuran yang berserat tinggi. Pada orang yang sehat, kita biasanya justru disarankan untuk mengkonsumsi dengan kandungan yang serat yang tinggi agar memperlancar metabolisme sistem pencernaan.

Namun karena pada penderita tipes usus halusnya terjadi radang, maka bagian usus halus ini tidak diperkenankan bekerja terlalu berat dulu, sehingga jenis sayuran yang dianjurkan adalah yang berserat rendah. Jenis sayuran berserat rendah yang dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita tipes antara lain yaitu kacang panjang, buncis muda, labu siam, gambas, dan wortel.

  1. Tidak merangsang asam lambung dan tidak menimbulkan gas

Makanan untuk penderita tipes tidak boleh merangsang asam lambung atau yang menimbulkan gas. Hal ini tentunya akan mengakibatkan radang pada usus akan bertambah parah dan semakin menimbulkan masalah pada organ pencernaan. Makanan yang mudah merangsang asam lambung yaitu makanan yang pedas dan asam. Oleh karena itu bagi Anda yang menyukai makanan yang pedas maupun asam, tahan diri Anda untuk mengkonsumsi makanan ini sampai Anda benar-benar sembuh.

Selain makanan yang pedas dan asam, ada beberapa minuman yang juga dapat meningkatkan asam lambung, yaitu kopi, minuman bersoda, dan minuman yang mengandung alkohol. Anda sebaiknya juga menghindari makanan yang dapat menimbulkan gas di saluran pencernaan. Jenis makanan yang menimbulkan gas ini contohnya yaitu durian, nangka, kol, sawi, ubi, dan tape.

  1. Buah-buahan yang dimakan tanpa kulit

Buah-buahan juga dianjurkan sebagai makanan untuk penderita tipes. Tetapi hal yang harus diperhatikan adalah jangan memakan buah beserta kulitnya sebab akan memperberat kerja usus untuk mencernanya. Sehingga jika ingin makan buah, maka kupas dulu kulitnya sampai bersih. Selain kulitnya harus dikupas, yang harus diingat adalah jangan mengkonsumsi buah yang rasanya asam karena dapat memicu peningkatan asam lambung. Buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk penderita tipes antara lain yaitu alpukat, pisang, pepaya, melon, jeruk manis, dan apel yang telah dikupas.

  1. Makanan yang tidak berlemak tinggi

Makanan untuk penderita tipes hendaknya jangan yang mempunyai kandungan lemak tinggi. Makanan yang mengandung lemak tinggi tentunya akan susah dicerna dan memperberat kerja usus halus sehingga berpotensi memperburuk keadaan penderita. Contoh makanan yang mengandung lemak tinggi yaitu makanan cepat saji (junkfood), makanan yang bersantan, makanan yang digoreng, jerohan, eskrim, keju, dan makanan/minuman yang terlalu manis.

Selain memperhatikan jenis makanan untuk penderita tipes seperti yang telah dipaparkan di atas, hal yang tak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan bahan makanan, alat makan, maupun kebersihan diri penderita dan yang merawatnya serta kebersihan lingkungan. Hal ini dimaksudkan agar penyakit tipes yang dialami oleh penderita cepat sembuh dan rantai penularannya dapat terputus. Pengobatan tipes secara medis biasanya dokter akan memberikan antibiotik dan obat untuk mengatasi gejala/simptom yang ditimbulkan. Untuk memperbaiki keadaan umum penderita, dokter biasanya akan merekomendasikan untuk menjalani rawat inap di klinik atau Rumah Sakit.

Untuk pengobatan secara tradisional, obat tipes alami yang sering digunakan antara lain yaitu dengan ramuan cacing tanah, kunyit, daun keji beling, sawo muda, buah mentimun, dan daun sambiloto. Agar terhindar dari penyakit tipes, langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan yaitu selalu mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan peralatan makan, dan pastikan bahwa makanan atau minuman yang akan Anda makan dalam keadaan bersih atau telah dimasak sebelumnya. Selain itu hindari BAB di sungai atau di sembarang tempat dan gunakan selalu jamban/WC yang sesuai dengan standar kesehatan, gunakan air bersih untuk air minum, mandi, maupun mencuci pakaian, dan jika membeli makanan pilihlah tempat yang memproses dan menyajikan makanan/minuman yang dijualnya secara higienis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *