invisible hit counter

Makanan Penurun Asam Urat yang Perlu Rutin Dikonsumsi

Makanan Penurun Asam Urat yang Perlu Rutin DikonsumsiMengonsumsi makanan penurun asam urat bagi penderita dan yang rentan menderita asam urat tinggi sangatlah penting. Dewasa ini lebih banyak artikel memberikan penjelasan mengenai makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, padahal di sekitar kita ada banyak juga makanan penurun asam urat yang bisa kita coba. Mengonsumsi makanan ini akan lebih banyak membantu mengontrol kadar asam urat supaya tetap normal daripada hanya sekedar berpantang dengan makanan penyebab asam urat tinggi.

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit asam urat. Penderitanya akan mengeluhkan keluhan nyeri sendi dan nyeri pada jempol kaki (gambaran khas kasus ini) terutama jika saat sedang dalam cuaca dingin. Penyakit ini cukup banyak angka kejadiannya di negara kita karena ketidaktahuan masyarakat akan kandungan gizi yang ada dalam makanan yang dikonsumsinya. Untuk itu dalam artikel ini selain akan membahas beberapa makanan untuk menurunkan asam urat, kita juga akan membahas apa saja makanan yang harus dihindari penderita asam urat tinggi.

Jenis makanan penurun asam urat yang sehat

Asam urat atau lebih dikenal dengan istilah medis Gout Arthritis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh terjadinya proses radang akibat penumpukan kristal asam urat di persendian. Kristal asam urat sendiri bisa terbentuk dikarenakan baik oleh intake yang berlebihan juga bisa disebabkan oleh pengeluarannya yang terganggu. Beberapa makanan berikut ini merupakan contoh makanan penurun asam urat yang akan membantu menetralisir tingginya asam urat di dalam tubuh.

  • Makanan dengan kandungan Kalium tinggi

Kandungan kalium yang tinggi pada beberapa jenis makanan seperti pisang, kentang, tomat dan juga yogurt dapat menyebabkan peningkatan pengeluaran asam urat oleh ginjal. Selain itu kalium juga merupakan ion di dalam tubuh yang memegang peran penting untuk menjaga keseimbangan pH (keasaman) di dalam darah.

Kalium yang dikonsumsi dari makanan penurun asam urat ini juga dapat mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam ginjal, sehingga selain dapat mencegah asam urat makanan-makanan ini juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

  • Pilih makanan berkarbohidrat kompleks

Contoh jenis makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks adalah beras cokelat, oats atau gandum, kentang, jagung, labu, dan beberapa jenis sayuran juga buah-buahan seperti brokoli, kol, wortel, terong, timun dan lain-lain. Pemilihan jenis karbohidrat ini dianjurkan mengingat konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah, madu, berbagai jenis kue, susu dan cokelat akan meningkatkan kadar fruktosa yang diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh kita.

  • Jeruk nipis

Buah yang satu ini merupakan bahan herbal dengan begitu banyak keuntungan positif bagi kesehatan kita. Salah satunya adalah untuk menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh kita. Kandungan asam sitrat dan juga asam askorbat yang dimiliki buah ini sangat berperan dalam menetralkan asam urat yang tinggi dalam darah.

Menurut sebuah artikel penelitian “Arthritis and Rheumatism” pada tahun 2005 melaporkan bahwa konsumsi asam askorbat atau Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis maupun jenis makanan lain seperti buah pepaya, jeruk maupun stroberi sebanyak 500 miligram per hari selama 2 bulan mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah secara signifikan.

Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi air perasan jeruk nipis sebanyak 2 gelas per hari. Selain itu untuk jenis buah-buahan kaya Vitamin C, anda dapat mengkonsumsinya setiap hari sebanyak 2 sampai 4 kali. Seperti contoh anda dapat mengkonsumsi minimal 1 mangkok buah potong atau 1 buah utuh dengan ukuran medium atau bisa diganti dengan segelas jus buah segar.

Artikel mengenai makanan penurun asam urat ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *